[nasional_list] [ppiindia] Re: Murtad Kristen & Islam

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 21 Nov 2005 15:27:14 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Kalau kita pelajari teliti, baik kata
"apostasia" dalam pemakaian
dalam Septuaginta, maupun yang dipakai oleh rasul Paulus dalam surat
pada jemaat di Thessaloniki, maka kita lihat perbedaan besar, dengan
kata "murtad" yang kita kenal dalam bahasa Indonesia, dan dalam
kontext ajaran Islam.

Apostasia bermakna "kepergian", meninggalkan ajaran Musa.

Yang pasti, kata ini, tak dikenal dalam ajaran Kristiani dalam arti
BERPINDAH agama, karena berpindah agama, kita tidak  a priori
meninggalkan Tuhan.

Mirip dengan istilah "kafir" yang tak perlu kita carikan
terjemahannya, dalam agama lain, yang selain tak exist dalam makna
aslinya, juga hanya akan menimbulkan "terjemahan miring".

Mirip kata "doshya" dalam bahada Sankrit, dengan "dosa" yang kita
pakai se-hari hari. Atau "dukkha" dalam kosnep Hinduisme
dengan "duka", dalam bahasa se-hari hari.

Dosa dalam bahasa Jerman, adalah "Sünde", yang berasal dari kata
Jerman tua (altdeutsch) "Sund", yang berarti valley, atau jurang,
jadi hal yang memisahkan. jadfi makna intinya adalah "terpisah dari
Tuhan", sedangkan tekanan kita, dalam kata dosa, adalah "melakukan
kesalahan".

Lu bikin dosa lagi nihh..

Jangan jauh jauh, kata "apik" dalam bahasa Indonesia, yang diambil
dari bahasa Jawa "apik" sudah bergeser artinya. "Apik" dalam bahasa
Indonesia, mengandung unsur "rapih", sedangkan dalam arti kata
asalnya berarti simply "beautiful".

Jadi, yang terbaik, adalah berusaha memahami arti suatu kata dalam
akidah sesuatu agama, dalam arti asalnya.

salam

danardono

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "MANG UCUP" <mangucup@xxxx> wrote:

> Jimmy nulis:
> Setelah Kosakata Kafir mendapat penjelasan dari Mang Ucup.
> Saya mohon pencerahan lagi untuk "Murtad" bagaimana dilihat dari
sisi
> Agama Samawi.
>
> Mang Ucup:
> Murtad dlm agama KRISTEN
> Dlm bhs Yunani = apostasia arti sebenarnya adalah istilah teknis
untuk
> revolusi politik
> Tetapi dlm Alkitab selalu dihubungkan dgn pemberontakan terhadap
Allah,
> iblis mendapat julukan, naga yg murtad, walaupun dalam Alkitab
Indonesia
> [...]
> apabila setelah 3 hari ia diminta kembali pada Islam gagal. Walau
mungkin
> sarjana modern mengeluarkan pendapat mereka sendiri dalam kasus
tertentu,
> kini tiada otoritas pusat yang sanggup memperkenalkan dan membawa
acara
> kerja resmi terhadap orang murtadin yang menolak atau berbicara
dengan tegas
> menantang Islam sebab tiada lagi Khilafah Islam. Tokoh kontemporer
yang
> paling menonjol yang dikutuk sebagai murtadin oleh sarjana

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM