[nasional_list] AW: [ppiindia] Jangan salahkan Nietzche! (Bag. 1/2)

  • From: "MANG UCUP" <mangucup@xxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 8 Nov 2005 12:46:54 +0100

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Salam damai untuk sdr Radityo
Djadjoeri dan para pembaca yg budiman
Pertama dgn ini saya hendak mengucapkan banyak terima kasih atas komentarnya
yg benar2 briliant dan patut diacungi jempol, pendapat ini bukan hanya dari
saya saja, bahkan juga pendapat dari seorang Pdt di USA dimana antara lain
beliau menulis: ?Bravo untuk tulisan mas Radityo yang luas dan analis ini.?
Komentar sdr Radityo telah menjadi hikmah bagi mang Ucup terutama untuk
lebih hati2 lagi dlm menulis artikel agar tidak menyinggung perasaan para
pembaca lainnya yg tdk sependapat maupun seiman dgn saya.

Walaupun demikian setiap orang entah siapapun juga orang itu dan entah
apapun juga latar belakangnya berhak dan bebas untuk mengeluarkan
pendapatnya di berbagai macam milis; selama ini diloloskan oleh para
moderator, seperti dlm soal Nietzsche mungkin saya berbeda pendapat dgn sdr
Radityo ini satu hal yg wajar, walaupun bagaimana hebatnya maupun bagaimana
pinternya Nietzsche, tidak mungkin seluruh umat manusia di kolong langit
akan bisa sepaham dan sependapat dgn dia, boro2 Nietzsche ataupun punjangga
besar lainnya, tulisan para Nabi sekalipun entah ia itu Kong Hu Chu, Buddha,
Muhamad maupun Yesus sendiri tidak bisa mendapatkan dukungan sepenuhnya dari
setiap orang, jadi menurut mang Ucup tidaklah salah apabila dlm hal ini mang
Ucup tidak sepaham dan sependapat dgn beberapa teori maupun doktrinya dari
Nietzsche yg menurut pendapat mang Ucup ngawur. Walapun saya menyadari dan
mengakui sepenuhnya dlm soal kepinteran maupun pengetahuan saya tidak ada
seujung kukunya dari Nietzsche.

Saya juga merasa senang, karena sdr Radityo bersedia membantu saya untuk
meluruskan fakta sejarah yg telah dibengkokan oleh mang Ucup dlm tulisan
sebelumnya, walaupun demikian sebelumnya saya bisa meluruskan kembali yg
bengkok saya harus mengetahui terlebih dahulu dimana letak kesalahan saya
dan sesuai dgn anjuran dari sdr Radityo sebaiknya saya menggunakan Wikipedia
maupun Google sebagi sumber informasi hal inilah yg akan saya lakukan dlm
tulisan dibawah ini. Saya mengambil sumber dari "bhs Jerman" asli, agar apa
yg saya tulis langsung dari sumber tulisan pertamanya; bukannya hasil
terjemahan dan juga bukannya sekedar ?hasil tafsirannya mang Ucup?!

Nietzche, Hitler, dan Luther
Saya tidak menentang pendapat Sdr Radityo bahwa Luther juga termasuk sebagai
salah satu inspirator yg mengilhami Hitler untuk membunuh orang2 Yahudi,
walaupun demikian tidak bisa dipungkiri, bahwa Hitler juga turut
terinspirasi berat oleh doktrinnya Nietzsche.

Dlm bukunya ?Mein Kampf? Hitler mengakui bahwa ia kagum terhadap Luther, dan
juga terhadap Richard Wagner. Orang2 Yahudi menilai Wagner sebagai salah
satu inspirator dari pembantaian orang2 Yahudi - Shoah (Holocaust), sehingga
pada saat  Zubin Metha memainkan hasil karya dari Wagner di Israel para
pengunjung disana melakukan ?walk out? sebagai tanda protest mereka terhadap
Wagner.

Nietzsche adalah pengagum Wagner, sehingga karangan buku Nietzsche yg
pertama - Die Geburt der Tragödie (Kelahiran tragedi) dipersembahkan olehnya
khusus untuk Wagner. Kebalikannya Wagner mengusulkan pada saat perang Dunia
Pertama agar setiap serdadu Jerman di dlm tasnya memiliki buku ?Demikianlah
sabda Zarathustra" (Also sprach Zarathustra). Ide yg sama di usulkan juga
oleh Hitler pada saat perang Dunia Kedua.

Bahwa Nietzsche anti-semit itu jelas tercantum hitam atas putih dlm bukunya
Zur Genealogie der Moral (Mengenai silsilah moral). Oleh sebab itulah kaum
Nazi juga mengakui sepenuhnya bahwa Nietzsche termasuk sebagai salah satu
inspirator atau tokoh pemikir awal (Vordenker) dari mereka, bahkan setelah
th 1945 Nietzsche dinobatkan sebagai filsuf Nazi (Sumber: Wikipedia bhs
Jerman).

Doktrin Nietzsche lainnya ?Kehendak berkuasa?  - Wille zur macht (Will to
Power) yg pertama kalinya diungkapkan dlm bukunya ?Demikianlah sabda
Zarathustra" yg benar2 pro diktator sehingga Benito Mussolini
memanfaatkannya doktrin ini sebagai bahan propagandanya (volontà di
potenza).

Mang Ucup menentang keras doktrin rasismus maupun diktatornya Nietzsche oleh
sebab itulah juga saya menilai doktrinnya Nietzsche tsb ngawur dgn alasan yg
sama seperti yg dianjurkan oleh sdr  Radityo dan yg saya dukung sepenuhnya
dimana saya kutip sekali lagi disini renungan yg indah dari sdr Radityo.

?agar kejadian-kejadian mengenaskan itu tak lagi terulang, kita semua perlu
menyadari akan bahayanya rasisme, termasuk bangsa Indonesia perlu belajar
keras dari sejarah peradaban bangsa-bangsa di dunia. Buka mata, buka telinga
selebar-lebarnya. Harapan saya, tak ada lagi sentimen  agama, tak ada lagi
sentimen ras, tak ada lagi sentimen kesukuan, dan  lain sebagainya. Kalau
beragam pikiran busuk itu tetap kita pendam dan kita pelihara, suatu saat
akan kembali meletup peristiwa besar yang bakal menimbulkan korban jutaan
nyawa. Kalau kita semua tak waspada,  tragedi seperti yang pernah terjadi di
era Hitler akan kembali terulang  dalam kemasan lain, entah di belahan bumi
mana, mungkin juga di negeri tercinta Indonesia (karena bibit-bibitnya terus
bersemai dan ada yang menyemai)"

Dalam tulisan berikutnya saya akan mengungkapkan mengenai kesalahan gereja
dlm soal Holocaust dan juga mengenai adiknya Nietzsche.

Bersambung

Mang Ucup
Email: mang.ucup@xxxxxxxxx
Homepage: www.mangucup.net