[nasional_list] Re: [ppiindia] mengapa khilafah runtuh? (buat mbak aris)

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 03 Feb 2006 15:51:02 +0700

At 06:44 PM 2/2/06 -0800, you wrote:
>Assalamu'alaikum Mas Nugroho,
>Mas Nugroho jika mas ingin tahu tentang HT kenapa mas
>tak konfirmasi langsung aja ke sekretariatannya di
>Jaksel, saya kira dengan Tempo nggak terlalu jauh kan
>ya mas. Alamat tepatnya mas bisa cari di Google. Mas
>tampaknya sangat tertarik dengan ide khilafah ini,
>semoga ini merupakan hal yang positif bukan rasa
>curios mas sebagai wartawan semata.
==========

mbak aris,

beberapa kali saya pernah jumpa dengan petinggi ht.

saya sama sekali tak tertarik dengan ide khilafah.

kalau saya bertanya tentang khilafah, itu cuma untuk
cek, ricek dan cek silang.

> [...]
>Secara garis besar khilafah Islam bisa dikelompokkan 4
>masa. 1) Khilafah Islam yang dipegang Khulafaur
>Rasyidin (4 sahabat Rasul,Abu Bakar, Umar bin Khattab,
>Usman Bin Affan dan Ali bin Abi Thalib) 2) Khilafah
>Islam yang dipegang oleh bani Umayyah (disebut dalam
>sejarah Kekhilafah Bani Umayyah), 3) Khilafah Islam
>yang dipegang bani Abbasiyah (Khilafah Bani
>Abbasiyah), pada masa ini kekhilafahan sempat terpecah
>sehingga muncul juga Kekhilafahan Bani Fatimiyyah, 4)
>Khilafah Islam yang dipegang bangsa Saljuk (turki)
>yang kemudian disebut Kekhilafahan Bani/dinasti
==========

tahukah anda apa yang terjadi di setiap pergantian dinasti
kekalifahan yang anda sebut itu? peperangan dan pembunuhan!

rezim dinasti baru memburu rezim dinasti sebelumnya.

pengecualian cuma terjadi pada masa khulafaur rasyidin (artinya
para pemimpin yang cerdas dan bijaksana). ketika pemimpin
"dipilih oleh orang lain." bukan dengan mengangkat dirinya
sendiri atau diangkat oleh orangtua/keluarganya.

dalam bahasa modern proses itu disebut "dipilih secara
demokratis." baik dipilih secara langsung maupun lewat perwakilan
(zaman dulu oleh dewan yang disebut ahlul-hali wal aqdi).

setelah lewat masa khulafaur rasyidin, kepemimpinan yang
demokratis itu tak pernah terjadi lagi. pemimpin/kalifah diangkat
oleh orangtua/keluarganya. atau mengangkat dirinya sendiri
dengan cara menggulingkan dinasti sebelumnya lewat peperangan
dan pembunuhan.

tak cuma itu. ketika berkuasa, dinasti-dinasti itu juga kerap
memburu kelompok-kelompok lain yang berbeda pendapat
dengan mereka. tak terkecuali para ulama terkenal yang
independen dan tak mau didikte istana.

gejala serupa terjadi pada dinasti-dinasti di cina. di setiap
pergantian dinasti selalu terjadi peperangan dan pembunuhan.

sederhana saja karena ini sesungguhnya adalah urusan politik
dan kekuasaan. sama sekali bukan urusan agama. kendati
agama kerap diseret-seret untuk mengabsahkan.

memang pada beberapa dinasti muncul satu-dua pemimpin/
kalifah yang bagus dan berbobot. tapi itu sebetulnya pengecualian.

karena pemimpin tak dipilih dari yang tercerdas, terbijaksana,
dan terbaik, melainkan karena dia anak/keluarga pemimpin
sebelumnya.

atau karena dia punya banyak tentara dan senjata sehingga
bisa menggulingkan dinasti sebelumnya.

> [...]
>banyak faktor. Baik internal maupun Ekternal (ada
>konspirasi apik dari Inggris, Yahudi dan Perancis
>didalamnya). Faktor internal, beberapa diantaranya
>ditinggalkannya bahasa arab sebagai bahasa untuk
>memahami Al Quran, pintu ijtihad ditutup, umat Islam
>tidak yakin terhadap agama Islamnya sendiri seperti
>masa sekarang, sehingga mereka kurang pada memeluk dan
>menyiarkan ISlam  serta masih banyak lagi.
>Jika umat Islam dipisahkan dari bahasa arab, bagaimana
>umat islam bisa memahami Al Quran dan Hadis layaknya
>para Sahabat dulu yang dia langsung menangis mendengar
===========

penyebab utama runtuhnya dinasti usmaniyah (seperti juga
dinasti-dinasti sebelumnya) adalah karena mabuk kekuasaan.

kekuasaan di tangan kalifah begitu absolut. tak ada lagi
kekuatan pengimbang (oposisi) yang mampu memberikan
kontrol. karena setiap suara yang berbeda pasti akan ditindas
habis.

akibatnya korupsi, kolusi dan nepotisme merajalela.

hedonisme menggeser nilai-nilai agama yang luhur.
para pemimpin asyik masyuk dengan para harem yang
ratusan jumlahnya.

kekuatan militer lama kelamaan melemah. daerah-daerah
menuntut merdeka karena tetap terkebelakang dan tak
pernah diperhatikan oleh pemerintahan pusat.

kerajaan usmaniyah tertinggal ketimbang negara-negara
eropa yang sudah lebih dulu meninggalkan monarki absolut
dan mengubah sistem pemerintahan menjadi republik
yang demokratis atau setidaknya monarki konstitusional
(punya undang-undang dasar, bukan menjadikan titah
raja sebagai undang-undang).

>  Faktor ekternal pun banyak, masuknya ide kebangsaan
>yang mengalahkan ikatan aqidah sehingga
>mengkotak-kotakkan khilafah Usmaniyah yang satu
>menjadi 50 negri kecil (Arab Saudi, Yaman, Oman, Irak,
>Iran, Al Jazair, Etiopia, Sudan, Palestina,Yordania,
>Indonesia (khusus Aceh dan Malaka)  ect.)

===========

saya baru dengar bahwa aceh dan melaka merupakan
bagian dari kerajaan usmaniyah. adakah buktinya?

setahu saya kesultanan iskandar muda di aceh
menjalin traktat kerjasama militer dengan kerajaan
usmaniyah untuk menghadapi spanyol dan portugis.

mereka dalam posisi yang setara.

kesultanan iskandar muda tak pernah menjadi
kerajaan vasal dibawah usmaniyah.

> [...]
>menjadi superpower lagi seperti dahulu layaknya AS
>sekarang, Turki harus mengemis dan menyepakati
>berbagai kesepakatan yang kontra dengan syariat Islam
>untuk diterima Uni Eropa. Salah satunya larangan pakai
>jilbab untuk sekolah, larangan memakai bahasa arab
>(azan pun pakai bahasa Turki), syiar Islam tak boleh
>diperdengarkan. Para aktivis Islam ditangkapi dan
>disiksa. Perekonomian mereka pun kurang maju. Mas,
>apakah itu disebut maju? Kecuali mas mengganggap
>totalitas sekularisasi di Turki dianggap sebagai
>indikator kemajuan. wallahu'alam bishawab
===========

orang baru sembuh sakit tentu saja tak bisa langsung berlari.

kalau bisa cepat berjalan tegap itu sudah kemajuan
luar biasa.

setelah runtuh dan terpecah-belah, turki perlahan tapi
pasti mulai bangkit karena konsisten menjalankan
sistem pemerintahan yang rasional dan demokratis.

pemimpin yang buruk diganti melalui pemilu. tak perlu
lagi ada perebutan kekuasaan dan pertumpahan darah.

sejelek-jeleknya mustafa kemal, dia tak membuat dinasti
baru setelah runtuhnya kerajaan usmaniyah. itu sebabnya
rakyat turki menghomartinya dan memberi julukan attaturk
yang artinya bapak turki.

dia berusaha membuat turki kembali maju dengan mengadopsi
cara-cara modern sebagaimana telah terbukti membuat
negara-negara eropa maju.

keanggotaan turki dalam uni eropa memang masih
diperdebatkan tapi sebetulnya tinggal soal waktu yang tak
terlalu lama. turki sudah berjalan di jalur yang benar.

btw, jangan keterlaluan mengatakan azan di turki tak
menggunakan bahasa arab. pernahkah anda datang ke turki
dan mendengar suara azan dikumandangkan disana?

ketimbang mengasihani turki lebih baik anda mengasihani
diri anda sendiri. sistem lama sudah anda tinggalkan, tapi
sistem baru yang akan anda jalankan belum jelas bentuknya.

dalam bahasa ilmu sosial anda mengalami anomie.

salam,

nb. di masa lalu kita membungkuk kepada raja, sekarang
kita cuma membungkuk kepada kebenaran.