[nasional_list] [ppiindia] SURAT KEPADA SAHABAT: APA YANG KONGKRET KITA LAKUKAN?

  • From: "Budhisatwati KUSNI" <katingan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: "kmnu2000" <kmnu2000@xxxxxxxxxxxxxxx>, <wanita-muslimah@xxxxxxxxxxxxxxx>, "ppiindia" <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 22 Feb 2005 02:29:30 +0100

SURAT KEPADA SAHABAT:

APA YANG KONGKRET KITA LAKUKAN?

Melanjutkan harapan dan ajakan Manik Praba agar kita mengutamakan
masalah-masalah besar pembangunan sastra-budaya Indonesia yang berkeindonesiaan
dan republiken, kepada semua pihak, lebih-lebih kepada yang merasa diri sebagai
sastrawan-seniman handal, saya pertanyakan: Apa sekarang yang kongkret kita
lakukan bersama atau secara individual untuk mewujudkan tujuan agung ini?
Seperti apa gerangan kebudayaan Indonesia yang berkeindonesiaan dan republiken
itu menurut konsep para orang-orang handal itu? Ataukah orang-orang handal itu
hanya bisa mencaci kiri-kanan tapi tidak tahu apa yang mereka ingini sendiri?
Jika dmikian maka para orang orang-orang handal itu hanya omong asal omong
tanpa tahu apa isi omongannya sendiri.

Dalam soal ini apa yang dilakukan oleh komunitas-komunitas seperti Rumah Dunia
di Banten, Lingkom di Batu, Sanggar Sastra Tasikmalaya, Sanggar Sastra dan
Musik Tegal, dan sanggar-sanggar sastra-seni di Palangka Raya menjadi lebih
kongkret dan nyata sekalipun tidak atau kurang diiindahkan, terutama oleh yang
merasa "penguasa" sastra-seni di Jakarta. Dalam soal ini, juga menjadi lebih
nyata apa yang dilakukan oleh Manik Praba dengan menerbitkan antologi Indra
Tjahyadi "Ekspedisi Waktu" dan Majalah sastra-budaya Aksara-nya, sama nyatanya
dengan penerbitan Beni Luar Biasa di Yogyakarta, betapa pun sederhananya.

Dengan pertanyaan: Apa yang kongkret kita lakukan untuk pengembangan
sastra-seni Indonesia yang republiken dan berkeindonesiaan ini, saya hanya
bermaksud mendorong lebih lanjut kerjasama antar komunitas sastra-seni yang
sekarang ada dan tersebar di berbagai daerah dan pulau. Dorongan sekaligus
harapan karena melihat dari sini bisa muncul sesuatu yang alternatif bagi
sastra-budaya Indonesia sementara pertikaian yang dicari-cari hanyalah tanda
dari ketidakmampuan belaka. Jika ingin bersaing, saya kira bersainglah dalam
memanusiawikan manusia melalui bidang masing-masing secara sehat, dan bagi para
sastrawan-seniman "bersainglah" melalui kreatifitas bersastra dan berkesenian
dan bukan mengumbar tenaga dan waktu dengan hal-hal yang kekanakan serta tidak
perlu. Bersastra dan berkesenian itu sendiri sudah memerlukan curahan
tenaga,pikiran, perasaan dan waktu yang tidak kepalang.Jika benar demikian, apa
perlunya menghambur dan menguarkan tenaga, pikiran, perasaan dan waktu untuk hal
 -hal yang tidak produktif dan tidak kreatif? Tidakkah lebih berarti jika kita
berkarya, mencipta dan bekerja secara nyata? Sastrawan dan seniman menjadi
sastrawan dan seniman tidakkah karena karya dan bukan karena resolusi, minta
pengakuan dan caci-maki apalagi gunjingan? Kalau seseorang mempunyai pendapat
terhadap suatu karya, barangkali lebih baik pendapat itu ditulis dalam bentuk
kritik yang nalar. Berkelebihankah pendapat begini dalam sastra-seni? Ataukah
saya yang ketinggalan perkembangan sehingga tidak bisa dan tidak lagi  memahami
bahwa pada masa sekarang caci-maki itu adalah kritik sastra dan kritik seni?!
Bahwa menjadi sastrawan dan seniman bisa diperoleh dengan resolusi, intrik,
tuntutan dan caci-maki?

Sampai detik ini malangnya, saya masih memandang kerjasama antar individu dan
komunitas merupakan suatu kekuatan guna mewujudkan suatu cita-cita besar
sehingga karenanya saya sangat menghargai tindakan-tindakan nyata dan karya.
Malangnya juga saya sampai detik ini masih mlihat "banditisme" sekalipun atas
nama sastra dan seni tetap  bukan sikap berbudaya sehingga pertanyaan besar
saya masih berkisar pada masalah kongkret: Apa yang kita lakukan? Kalau
penglihatan saya tidak salah, di dunia yang disebut sastra-seni di negeri ini
dan sampai dengan  hari ini, "banditisme" itu nampak melakukan penyusupan
dengan mengambil berbagai bentuk. Saya hanya mengharapkan penglihatan saya
salah, karena salah menginginkan kerjasama dan memandang penting kerjasama
antar individu , lebih-lebih antar komunitas sastra dan senin yang sekarang
sudah tersebar.Kerjasama inilah point [titik] pokok saya karena dengan
kerjasama dan tindakan kongkret kita bisa mewujudkan harapan bersama membangun
sastra s
 eni Indonsia yang republiken dan berkeindonesiaan.Salahkah? Dan di mana
salahnya?

Paris, Februari 2OO5

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM