[nasional_list] [ppiindia] Re: mas Nugroho boleh

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 24 Feb 2006 10:51:20 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Mbak, untuk mendekatkan diri pada sang
Pencipta kita tak perlu
dicuci otak. Pendekatan terbaik, dalam semua akidah, adalah melalui
dharma bhakti. Perbuatan baik pada sesama, tapi tanpa pamrih lho.

Yang paling celaka, kalau kita sampai merasa, paling dekat dengan
Allah. Janganlah kita mengukur kedekatan kita pada Allah dengan
orang lain. Jangan pula kita merasa, hanya kita atau kelompok kita
yang dekat dengan Allah.

Kita lihat, Allah mengasihi semua, juga memakmurkan negara dan
bangsa yang tak seakidah dengan kita. Jepang, Korea, dll. India
mulai melejit maju, disegani bangsa Eropa dan Barat lainnya, dalam
bidang IT. Allah mengasihi mereka juga kan?

Sebaliknya Allah juga menghukum (kalau mau dipercaya demikian),
teman atau saudara yang seakidah, misalnya tsunami di Aceh. Walau
saya yakin, musibah bukanlah hukuman, namun dampak perilaku kita
sendiri. Membabat hutan, mendirikan pemukiman diwilayah yang
geografis rawan.

Apa yang mas Nug kisahkan mengenai kelompok yang dicuci otak, dapat
saya saksikan sendiri. Salah satu keluarga dekat saya mengalaminya.
Salah satu cucu keluarga itu tiba tiba tak mau mencucikan baju
bersama dengan anggauta keluarga lainnya, yang katanya tak murni
bersih. Ini ajaran ustadnya. Padahal ketika kecil dan bayi, anak ini
ditimang digendong dan dibiayai seluruh pendidikan sampai sarjana,
oleh sang nenek kakek.

Tentu saja sang nenek kakek tetap sayang, sebab menyayangi adalah
dharma bakti. Perilaku anak ini adalah bagian hidupnya, yang akan
membawa dampak dalam kehidupannya.

Beribu kisah sedih mengenai pencucian otak ini kita baca dalam kisah
anak anak dari camp pengungsian di Palestina, yang rela meledakkan
diri.

Bulir padi yang masih remaja masih tegak mendongak kelangit, mbak,
nanti, kalau kian penuh, akan kian runduk, kian bijak..

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>