[nasional_list] [ppiindia] Re: [ekonomi-nasional] Re: Kemiskinan Fantasi

  • From: A Nizami <nizaminz@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, sabili <sabili@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Mon, 4 Sep 2006 19:17:57 -0700 (PDT)

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Iya solusi penting.
Cuma kalau berbicara kriteria kemiskinan, kalau untuk
baju harus pinjam berarti dia tergolong miskin (meski
kita bisa memberikan pakaian bekas kepada yg tak
mampu(.

Saat ini sekolah SD di tempat saya gratis. Tapi ada
les bahasa Inggris, musik, dsb yang besarnya sama dgn
SPP: rp 100.000. Kemudian ada uang buku (buku
pelajaran sekarang rata2 rp 20 ribu ke atas per buku).
Solusinya pemerintah meminjamkan buku lewat
perpustakaan sekolah. Tapi ini sudah OOT...:)

Kalau kita pribadi paling banter hanya bisa membantu 5
orang di luar keluarga kita (tidak termasuk
pengemis/pengamen) per bulannya.

Salah satu solusi justru mendesak pemerintah agar
membuat kriteria kemiskinan yang masuk akal dan
manusiawi. Seperti pengangguran harusnya jangan yang
bekerja kurang dari 1 jam per minggu. Tapi kurang dari
8 jam per minggu dengan penghasilan di bawah UMR.

Untuk kriteria miskin juga bukan hanya makanan, tapi
pakaian, obat, papan diperhitungkan. Kalau tidak punya
rumah/ngontrak berarti masuk kriteria miskin.

Dengan cara ini bisa jadi jumlah orang miskin bengkak
sampai 60% lebih dan pemerintah lebih serius membantu
mereka. Ketimbang membangun rumah pejabat milyaran
rupiah, pemerintah bisa membangun perumahan rakyat @
rp 40 juta per unitnya. Kasus BLT yang katanya salah
karena dinikmati "orang kaya" menurut saya sebetulnya
"orang kaya" itu miskin. Tapi karena kriteria miskin
versi BPS adalah versi yang tidak manusiawi tapi rada
hewani (asal bisa makan tanpa perlu sekolah, dsb) maka
mereka jadi tergolong kaya....:)