[nasional_list] [ppiindia] Re: Reminder!!! silaturrahmi yuuuk!

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 11 Sep 2006 08:00:39 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Makasih bung Izam,
Dengan berusaha sekuat tenaga untuk tetap cool [artinya gak mau
memojokkan bangsa sendiri, gak juga mau menjelekkan negara lain],
saya mengatakan [sebagai pembukaan] bahwa masing-masing negara
mempunyai haknya sendiri bagian mana yang mau diberi subsidi yang
besar, karena masing-masing punya sikon dan kultur yang beda. Kalau
di India, pendidikan bisa lebih maju karena subsidi dan adanya
sistem kasta. Kalau gak ada sistem kasta, tentunya subsidi yg
dikeluarkan negara akan lebih besar lagi...:-(. Ini kalo
memandangnya dari segi subsidi semata lho ya?

Sedang di Indonesia, gak ada sistem kasta, dan subsidi besar
diberikan kepada BBM dulunya. Sekarang subsidi mulai dialihkan ke
Pendidikan dan Kesejahteraan. Gitu ya? Kalo Iya, sebetulnya kan
teorinya dah bagus toh di Indonesia? Tinggal pelaksanaannya dan
sabar menunggu hasilnya...:-). Dimana-mana yang sulit emang
melaksanakannya, teori/ngoceh mah gampang.

Makanya saya tolak menjadi anggota DPR. Saat ini, saya hanya seorang
anggota dpr (=dapur) yg lagi bingung mau dimasak apa ya itu
belimbing sayur?? ada yang kirimin belimbing sayur. Mbak Listy,
uenak diapain neh belimbing sayur sebanyak ini??

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Zamhasari Jamil <izamsh@...> wrote:

> Salam,
>
>   Mengenai pendidikan di India, alasan mengapa pendidikan di India
begitu murah tapi kualitasnya bagus adalah karena lembaga pendidikan
negeri di India mendapat subsidi yang cukup besar dari pemerintah
India itu sendiri. Mbak Lina bisa membayangkan, gaji guru setingkat
SD aja berkisar antara 2.000.000 - 2.500.000. Dan itu sudah cukup
lumayan gede untuk seorang guru SD di India, apalagi guru-gurunya
masih pada bujangan, rata-rata mereka adalah lulusan s-2 semua.

>   Kalau pada tingkat SD aja, kualitas gurunya udah mantap kemudian
disusul dengan gaji yang "kokoh" pula, maka konsentarasi mereka juga
penuh untuk dunia pendidikan itu. Sehingga nggak heran, bila lulusan
SD di India ini aja udah kelihatan pintarnya. Paling tidak udah
ngerti menjawab pertanyaan seorang wartawan. Suatu kali Presiden
India pernah nanya kepada anaka-anak sekolah dasar itu, "Siapakah
musuh kita di dunia ini?" Salah seorang anak tersebut
menjawab, "Kemiskian adalah mush kita." Nah, ini membuktikan bahwa
seorang anak SD udah ngerti dan bisa bermain dengan logika dan
analisa.

>   Seorang anak SD yang memiliki dasar pendidikan yang bagus, maka
ketika ia meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi, hasilnya juga
akan lebih bagus lagi, tentu saja apabila ia meneruskan ke lembaga
sekolah yang mutu dan kualitasnya juga bagus. Itu sekolah negeri.
Sekolah swasta lebih bagus lagi, pelayanannya lebih mantap dari
sekolah negeri. Di India, anak SD sekolah sejak jam 8.00 pagi dan
keluar jam 2.00 siang. Jadi, untuk menghasilkan sekolah yang murah,
harus ada campur tangan dari pemerintah, trus untuk menetaskan
lulusan-lulusan yang pinter, juga harus ada campur tangan
pemerintah. Anak-anak yang pintar, mereka dengan sangat mudahnya
mendaptakan beasiswa. Beasiswa tersebut tidak hanya dari pemerintah
saja, tapi JUGA DARI ORANG-ORANG KAYA di India ini. Apakah pribadi
orang-orang kaya di Indonesia peduli dengan nasib anak tetangganya
yang nggak bersekolah?

>   Yang jelas, Pemerintah India memiliki perhatian yang cukup
serius mengenai masalah pendidikan ini. Adapun alasan mengapa banyak
penduduk India yang masih buta huruf dan mati kelaparan. Ini sangat
erat sekali kaitannya dengan nasib orang India yang menganut faham
berkasta. Di India, kasta rendah memiliki akses yang sangat terbatas
untuk memperoleh pendidikan. Jadi yang buta huruf dan mati kelapan
itu adalah mereka yang berasal dari kasta rendah, dan sistem kasta
ini tak mungkin bisa dihapuskan karena itu termasuk kedalam bagian
dari ajaran agama Hindu India.

>   Sebagai contoh, masyarakat Sikh, masyarakat India yang
menggunakan sorban kayak kiyai-kiyai di Indonesia itu terkenal
dengan masyarakat Industri. Jarang ada pengemis jalanan berasal dari
kaum Sikh ini. PM India saat ini, Prof. Dr. Manmohan Sing adalah
seorang Sikh.

>   Di Indonesia, nasib keluarga yang tak mampu menyekolahkkan
anaknya itu hampir sama dengan nasib masyarakat India kasta rendah.
Bedanya, kasta di India adalah bagian dari ajaran agama sedangkan
sauadara-saudari kita yang kurang beruntung dari segi materi
itu "dikastarendahkan" oleh pemerintah kita sendiri. Kejam nian
hidup ini..... sedih.

>   Sebetulnya pejabat Indonesia sudah banyak yang datang ke India
untuk melakukan studi banding ttg pendididikan, tapi sayangnya
mayoritas mereka hanya untuk rekreasi saja. Boleh dikata nggak ada
pejabat yang nggak ke Taj Mahal, padahal kalau waktu ke Taj Mahal
itu digunakan untuk mengadakan kunjungan langsung ke sekolah-sekolah
dan melihat langsung seperti apa "anak-anak bersekolah" di India,
maka tentunya hasil yang dibawa pulang ke Indonesia lebih bagus
daripada membawa photo-photo mereka di Taj Mahal itu. Padahal,
mereka ke Taj Mahal itu adalah untuk urusan pribadi, tapi yang
mengongkosi tetap pake duit negara juga, duit raykat juga.

>   Segitu aja dulu cerita singkat ttg pendidikan di India, trus aku
jadi ngiler kalau ingat ama opor ayam buatan calon mertuaku kemaren
siang, hehehe....

>   Mbak Listy dan Ustdz i2n ada pertanyaan? Kalau nggak ada, sampai
disini dulu pengajian kita hari ini, jangan lupa PRnya dikerjakan
ya, sayang... ahahahahaha.....

>   Wassalam,
>
>   Izam -
>
> Lina Dahlan <linadahlan@...> wrote:
>           Aku sih asyik-asyik aja dapet temen baru. Wejangan mbak
Fau, yak
> soal ekonomi. Jadi, aku cuma senyum-senyum manis aja [saking gak
> ngertinya...hik..hik]. Sebetulnya sih ngerti yak ngerti, cuma gak
> punya daya tuk bertanya dan diskusi soale selain gak ada
pertanyaan
> [...]
> milis ini diskusi mengapa di India pendidikan bisa demikian murah
> tapi bagus. Namun, tidak diikuti dengan fakta bahwa masih
tingginya
> wanita yang buta huruf di India itu? dan juga persentase yang
besar
> akan kematian karena kelaparan?? Pengen tahu neh apa pendapat
> mahasiswa2 Indonesia yang belajar di India sana.
>
> wassalam,

> wejangan dari mbak Fauzi kemaren, apalagi ada hadiah dari Jepang
> segala.

> Hehe ... Oh ya, mbak Ria hadir nggak dalam pertemuan itu?

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)