[nasional_list] [ppiindia] Re: Minta Maaflah Secara Tepat jilid II

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 28 Feb 2006 08:51:38 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris
solikhah <fm_solihah@...>
wrote:

> Dan hebatnya lagi, kalau ada yang berani menghina Al
> Quran, aris jamin orang muslim yang beriman diseluruh
> dunia akan ngrebek (bereaksi marah)dengan Orang yang
> menghina itu. Mereka bahkan rela mati untuk membela Al
> Quran. Soalnya mereka paham itu bagian dari Jihad dan
> pahalanya garansi masuk surga tanpa hisab, dapet 70
> bidadari dan 7.000 pembantu selevel bidadari.
>
> Mau Bukti? Bukti hebat lain, kalau ada yang berani
> nyerang Ka'bah, dijamin umat Islam diseluruh dunia
> bakalan bersatu.Ada ideologi lain seperti itu selain
> Islam? Islam tidak sekedar agama (seperti yang lain)
> [...]

Mbak ini ada tulisan yang mantap untuk dibaca, intinya, kaum Muslim
bukanlah monolitik, alias satu, - seperti mbak sering dengung
dengungkan - didunia ini. Syria lawan Libanon, Iran shiite lawan
Irak Sunnite, dan banyak lagi lainnya. Dalam perselisihan antara
Indonesia dan Malaysia, maka Mulsim Indonesia dibelakang pemerintah
RI, dan Muslim Malaysia dibelakang pemerintah Malaysia. Juga tentara
masing masing yang Muslim. Ratusan ribu tentara Irak Muslim gugur
menghadapi tentara Iran Muslim...

Selamat membaca:

Pendapat Yenny ttg perang ideologis islam fundamentalis yg
menyangkut Indonesia ini adalah pendapat yg penting.  Merupakan
undercurrent yg ikut menggerakkan arah mengalirnya gerakan isfun
dunia saat ini.

Indonesia memang sangat strategis dalam perebutan hegemoni ke-islam-
an dunia. Karena jumlah penduduknya, dan karena 'remoteness' nya
(dari centre arabia).
Siapa yg menguasai Indonesia bisa dikatakan akan 'mengangkangi
dunia'.

Bisa dikatakan spt pasar yg belum terbuka, dan stepping stone untuk
benar2 menjadi khalifah kelas dunia.

Hal ini sangat disadari oleh kaum sunni keras di arabia sejak
dahulu. Kaum wahabi maupun salafi secara lebih luas.  Islam bukanlah
gerakan monolitik, jadi gerakan2 ini tidaklah bisa diterjemahkan spt
suatu single movement.  Islam lebih mirip spt vassals di Cina atau
Eropa pertengahan, dimana individu2 yg kuat bisa membentuk clan dan
aliran tersendiri.  Pertentangan internal sesama sheikh
adalah keras, seperti ditunjukkan pada wangsa2 penguasa arab saat
ini (kaum saud misalnya).

Membaca politik aliran spt itu tidak mudah, karena mereka berlapis.
Pada intinya chip yg paling 'laku' adalah kekuasaan itu sendiri,
tetapi chip ini tidak bisa digelar terbuka - akan menimbulkan
antipati -- jadi semua pihak penguasa harus membungkus kerakusan
kekuasaan itu dengan 'sesuatu yg indah' spt agama.  Fenomena ini,
koalisi antara raja dan pendeta, adalah standard package di semua
budaya.  Bukan hanya arab dengan islam tetapi juga mandarin cina
dengan confucius, european vassals dengan roma dlsb.

Tidak aneh.

Hanya saja, implikasinya yg bisa sangat 'aneh'.
Karena 'orang kaya bisa bermain long term' - dan sebagian penguasa
arab itu adalah orang2 kaya.

Politik saat ini, aliran2 keras islam di Indonesia yg 'tidak tunduk
pada siapapun kecuali allah (yg di didefine oleh mereka sendiri)'
adalah indikasi jelas dari vassalism ini.  Tidak seluruhnya
benar2 'pejah gesang' wahabi atau salafi -- banyak diantara
vassalism ini adalah avonturir.  Lihat fenomena warlords Afghan dan
Chechen.  Atau zarkawi.

Salah satu kunci vassalism adalah warlord yg 'dagang manusia' - sama
spt mafia narkotik yg menjual konsesi daerah yg dikuasainya ke gang
yg lebih kuat, untuk proteksi dan franchise yg lebih luas.

Jadi banyak 'pejuang lokal' itu berjuang untuk mengangkat nama
dirinya, agar menjadi 'laku dijual ke boss'.  Spt zarkawi yg semula
beroperasi sendiri sbg 'entrepreneur terror' dan hanya
setelah 'cukup beken' apply menjadi 'qaeda prince' (bukan king!).

Kunci dalam memahami hal2 spt ini adalah pertanyaan: apakah kita2 -
individu2 - bersedia menjadi cattles untuk vassal2 spt itu?
(jawabnya bisa ya jika kita terlalu miskin untuk makan se-hari2 ..)

Dan yg kedua, semua bentuk ideologi agama spt itu adalah palsu,
tameng / topeng untuk kekuasaan.  Agama yg sesungguhnya selalu
spiritual di inti nya, bukan material keduniawian sebagai inti.

Banyak yg aku tidak setuju dengan Gusdur, tetapi untuk spiritualitas
agama jelas dia adalah salah satu contoh benar.

b@b