[nasional_list] [ppiindia] Re: Kitab Aspal-->Deretan Nabi menurut agama-agama langit (samawi)

  • From: "Arriko Indrawan" <arriko.indrawan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 23 Feb 2005 12:09:50 +0700

Kalo kita perhatikan dan pelajari dari kitab-kitab suci Agama yg ada,
pastilah Gaya bahasa dan tata bahasanya sangat dipengaruhi oleh kebudayaan
tempat asal Agama tsb lahir....

Dengan demikian, bisa diduga bahwa Kitab suci, walaupun berisi wahyu Allah,
tetaplah ditulis oleh manusia dalam suatu masa, ruang, dan waktu...
Sebagai contoh, Alquran sangat kental dg gaya bahasa Arab abad ke 7.

Penyelidikan Ilmiah yg meliputi sejarah, Asal usul naskah, Gaya bahasa, ltr
belakang sosial dlsb thdp Alkitab, Taurat, dan Tripitaka sudah pernah
dilakukan...

Penyelidikan Ilmiah thdp Alquran selalu terbentur dengan sikap tertutup
banyak pemikir agama Islam yg menggunakan "kata kunci sebagai dalih bahwa
Alquran itu
dari Allah".

=============
  Date: Wed, 23 Feb 2005 03:56:36 -0000
   From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
Subject: Re: Kitab Aspal-->Deretan Nabi menurut agama-agama langit (samawi)

Oooh gitu maksud mbah. Makasih mbah.
Emang repot ya mbah kalo dalam masalah Kitab. Nah kita persempit aja
deh mbah tentang kalau menelaah dari sisi sejarah, yang bukan
merujuk kepada kisah tapi pada sejarah penulisan Kitab itu sendiri,
gimana mbah? Maksudku apa bisa diselidiki dan akhirnya disimpulkan
oh inilah yang bener-bener merupakan perkataan asli dari Gusti Allah
yang ditulis manusia kemudian? Jadi bisa diselidiki dari metode
penulisan, riwayat dan latar belakang penulis, redaksi
penulisan...etc...

Jadi, andai dari sini kita bisa mendapat keyakinan mana yang asli,
otomatis kita akan meyakini kisah2 dalam Kitab asli ini saja dan
yang lain sebagai rujukan saja. Toh Kitab itu bukanlah kitab tentang
kisah seseorang dari A s/d Znya. Gusti Allah keisengan amat ya
bicara soal A s/d Znya seseorang dlm KitabNya.

aah..saya jadi ingat sesuatu. Oke deh saya mau ngomentarin soal
komen DVCnya mbak Muna Panggabean itu...

wassalam,

---In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM Danardono HADINOTO"

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM