[nasional_list] [ppiindia] Pramoedya Ananta Tour Rupanya Menulis Menggunakan 'Roso' dan 'Mbatin'?!

  • From: Vincent Liong <vincentliong@xxxxxxxxxxx>
  • To: PANatik@xxxxxxxxxxxxxxx, panggung@xxxxxxxxxxxxxxx, pantau-komunitas@xxxxxxxxxxxxxxx, paranormalindonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, paranormal-lovers@xxxxxxxxxxxxxxx, pasarbuku@xxxxxxxxxxxxxxx, PB-PMII@xxxxxxxxxxxxxxx, pecinan@xxxxxxxxxxxxxxx, pegiatpendulum@xxxxxxxxxxxxxxx, pembebasan-list@xxxxxxxxxxxxxxx, pemudasosialis@xxxxxxxxxxxxxxx, Peneliti-Indonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, penulisankreatif@xxxxxxxxxxxxxxx, penulislepas@xxxxxxxxxxxxxxx, penyair@xxxxxxxxxxxxxxx, peradaban@xxxxxxxxxxxxxxx, pergerakan-pemuda-sosialis@xxxxxxxxxxxxxxx, pers-mahasiswa-l@xxxxxxxxxxxxxxx, pkdi@xxxxxxxxxxxxxxx, politik-indonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, PPDI@xxxxxxxxxxxxxxx, ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, PRIME_REIKI@xxxxxxxxxxxxxxx, prodem@xxxxxxxxxxxxxxx, proletar@xxxxxxxxxxxxxxx, psiindonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, psikis_i3ti@xxxxxxxxxxxxxxx, psikologi-indonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, psikologi_net@xxxxxxxxxxxxxxx, psikologi_transformatif@xxxxxxxxxxxxxxx, psikologi_untar@xxxxxxxxxxxxxxx, psikologiuii@xxxxxxxxxxxxxxx, puisi-indonesia@xxxxxxxxxxxxxxx, punt_spunk@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 8 Feb 2005 03:39:34 +1300 (NZDT)

Pramoedya Ananta Tour ; Rupanya Menulis Menggunakan
'Roso' dan 'Mbatin'?!
oleh: Vincent Liong

Tulisan di LAMPIRAN di bawah ini saya tulis pada
Minggu Pagi Subuh Pk: 04.30WIB tanggal: 6 Februari
2005.

Acara Ultah bung Pramoedya dilangsungkan pada hari
yang sama
- Pk.11.00 (Tempat di Pakubuono Residence)
dan
- Pk.20.00 (Tempat di TIM)

Sebelum hari tersebut saya tidak pernah membaca serius
buku-buku Pramoedya (Karena dasar saya malas membaca)
dan tidak pernah bertemu dengan Pramoedya kecuali
lihat Photonya. Tetapi sudah membuat dua tulisan
serius mengenai Minke tokoh karya Pram di bukunya Bumi
Manusia. Tetapi tulisan tersebut dibukukan oleh
Pramoedya Institute.

Saya sekali berkesempatan membaca buku Pramoedya
yaitu; Bumi Manusia setelah saya selesai menulis
tulisan saya berjudul Tentang Manusia dalam Bumi
Manusia untuk menemukan halaman sumber data saja. Saat
menulisnya saya tidak mikir tetapi ?ndawuh?.

"ndawuh" itu istilah Kejawen. Dalam Perjanjian Baru,
istilahnya adalah "Karunia
Pengetahuan" (the gift of knowledge) dan "Karunia
Nubuat" (the gift of prophecy).

BOCORAN: Sebenarnya saya tidak tujukan tulisan-tulisan
itu ke Minke melainkan ke Pramoedya, penulisnya. Hanya
saya masih takut salah karena belum pernah ketemu Pram
yang benerannya. Saya melihat Pramoedya beneran (bukan
foto) dengan mata telanjang pertama kali pada acara
ultah ke 80 Pramoedya di TIM ; 6 Februari 2005
Pk:20.00 maka dari itu saya berani menulis email ini
setelah saya crosscheck dengan melihat dan mendengar
sendiri pembicaraan tanya jawab, pidato bung
Pramoedya.

Tulisan tsb yang saya tulis tentang Minke berjudul:
* Tentang Manusia dalam Bumi Manusia
ditulis pada tanggal: Jakarta 2 oktober 2003
http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/1777
* Proses Keluar dari Kekejaman di ?Bumi Manusia?
ditulis pada tanggal: Jakarta, 6 Fabruari 2005
Pk:04.30WIB
http://groups.yahoo.com/group/vincentliong/message/6320

Saya hanya hadir pada pesta ultahnya yang Pk.20.00WIB
di TIM. Tidak dalam acara di Pakubuono Residence.

Bagi anda yang hadir di acara ultahnya Pramoedya di
Galeri Cipta II, TIM ;silahkan bandingkan antara isi
tulisan versi sayadi LAMPIRAN di bawah ini dengan
pidato/tanya-jawab Pramoedya saat acara berlangsung.

Cara membaca tulisan saya tentang Minke: Nama Minke
diganti dengan nama Pramoedya. Nama tokoh yang lain
saya tidak tahu harus diapakan.

Saya tidak menulis nama Pramoedya di tulisan saya yang
dapat anda lihat di LAMPIRAN, tetapi saya menggunakan
nama Minke. Karena lebih tidak beresiko buat saya
untuk menulis nama tokoh yang tidak nyata sebelum
ramalan saya di cross check.

Rupanya Bung Pram ini tidak menulis diutamakan sumber
bahan tertulis. Saya melihat ?mbatin? lebih banyak ke
'Roso' (mbatin) seperti saya ramalkan dengan metode
'ndawuh' (nulis sambil kesurupan) di subuh di hari
yang sama.

Bung Pramoedya rupanya menyadari bahwa akan agak repot
kalau bilang bahwa ia pakai ?roso? dan ?spiritnya?
untuk nulis karena akan ada pertentangan dan
pertanyaan dari yang merasa beragama. Atau malahan
bung Pram sendiri nga sadar pakai roso dalam nulis
semua tulisannya.

Silahkan didebatkan kecocokan ?ndawuh? saya di bawah
dengan fakta lapangan.

Sepengetahuan saya sampai hari ini belum ada yang
membahas soal ?roso? yang digunakan untuk nulis dalam
diri Pramoedya  saat menulis. Coba anda analisa
tulisan saya yang saya letakkan di LAMPIRAN di bawah
ini.

Sayang sekali khan kalau jumlah penulis semacam Pram
di masa mendatang jarang karena jarang yang seperti
Pram menggunakan Roso dengan sangat baik.

Mohon didebatkan secara bebas saja dan di forward
tanggapannya ke <vincentliong@xxxxxxxxxxx> dan
vincentLiong@xxxxxxxxxxxxxxx

Untuk mengenal lebih jauh Bung Pram kita ini,

Vincent Liong

LAMPIRAN

Tulisan di bawah ini diposting di lebih dari 250
maillist berbeda oleh saya Vincent Liong pada:
Jakarta, 6 Februari 2005 ; Pk:04.30WIB
6 ½ jam sebelum acara ultah bung Pramoedya Ananta Tour
di Pakubuono Residence berlangsung.. 15 ½ jam sebelum
acara ultah bung Pramoedya Ananta Tour di Galeri Cipta
II , Taman Ismail Marzuki berlangsung.
Acara ultah di dua tempat berbeda ini dilangsungkan
pada hari yang sama yaitu tanggal 6 Fabruari 2005

Di Pakubuono Residence dilangsungkan pada Pk.11.00WIB
- selesai.
Di Galeri Cipta II , Taman Ismail Marzuki
dilangsungkan pada Pk.20.00WIB ? selesai.

Untuk mengecek kebenaran ini silahkan anda klik link
postingan email yang menampilkan tanggal dan waktu
tulisan di posting:

Kado Ultah ke 80 ?Pramoedya Ananta Toer? ;dari Vincent
Liong

Proses Keluar dari Kekejaman di ?Bumi Manusia?
oleh: Vincent Liong

--------------------

Pengantar

Tulisan ini sengaja saya tulis pada hari Minggu 6
Februari 2005 sebagai sebuah kado ulang tahun ke 80
saudara kita ?Pramoedya Ananta Toer?.

Karena saudara Pramoedya Ananta Toer adalah seorang
yang sempat dibredel kebebasannya dengan alasan
?Komunisme?; Maka, secara sengaja pula, saya menulis
sebuah kritik sastra terhadap tulisan bung Pramoedya
yang dikaitkan dengan tujuan dasar; ?Mengapa seorang
manusia perlu berAgama?!? Menjelaskan bahwa point ini
sebenarnya sudah dijelaskan secara tidak langsung oleh
bung Pramoedya tanpa menggunakan kata-kata yang berbau
religious dalam bukunya ?Bumi Manusia?.

Sudah dua kali sebenarnya hal ini saya lakukan. Satu;
dengan tulisan di bawah ini dan yang satu lagi dengan
tulisan saya yang lain yang berjudul;?Tentang Manusia
dalam Bumi Manusia? yang telah diletakkan di halaman
pertama pada buku ?Pramoedya Ananta Toer dan
Manifestasi Karya Sastra? yang telah diterbitkan pada
tahun 2004 oleh penerbit Malka. Terimakasih bung
?Daniel Mahendra? atas nomor halaman ?1? yang cantik.

Khusus dalam tulisan ini saya menambahkan sedikit
bonus. Kebetulan saya sendiri saat ini membuka
praktek; merangkap sebagai seorang psikolog non
sekolahan dan praktisi Yoga (memperjualbelikan ilmu,
diantaranya: Reiki, Tummo, Prana, kundalini,, dsb) ;
maka khusus di tulisan ini saya menyambungkan secara
paksa isi buku ?Bumi Manusia? dengan sistim aliran
energi dalam Yoga.

Point dalam Yoga yang saya sambungkan::
?Telapak tangan kiri selalu lebih aktif daripada
telapak tangan kanan maka dalam tulisan saya kali ini,
saya bilang bahwa telapak tangan kiri itu sombong.
Telapak tangan kanan berhubungan lebih kuat dengan
atas. Telapak tangan kiri berhubungan lebih kuat
dengan bawah.? Maka sengaja kebetulan-kebetulan ini
saya sambungkan satu sama lain dengan isi buku ?Bumi
Manusia?.

Saya memilih buku ?Bumi Manusia? diantara sekian
banyak karya Pramoedya untuk dikomentari, karena
judul; ?Bumi Manusia? mudah disambungkan dengan banyak
kebetulan-kebetulan yang tidak disengaja.

Sekian saja, Selamat membaca? Semoga anda dapat
mengambil makna yang berguna, untuk pengembangan Tuhan
di dalam diri?

LINK ke tulisan ? Tentang Manusia dalam Bumi Manusia?
::

Isi

Kritik Sastra;?Tentang Manusia dalam Bumi Manusia?
;yang saya tulis; Jakarta, 2 Oktober 2003 ; dalam
perjalanan ke-Imanan saya dari saat saya menulisnya
hingga hari ini, membawa saya pada makna yang lebih
jauh.

Ketika seorang muda, yang di buku Bumi Manusia
digambarkan dengan sosok Minke; manusia muda yang
dianggap mulai merangkak dari nol? Seperti kita
berbicara tentang seorang anak kecil yang lebih muda
dari diri kita ;yang merasa sudah dewasa. Anak kecil ;
[Dengan memberika pesan simbolis telapak tangan kiri
kita yang sombong menghadap ke bawah. Menggambarkan
betapa pendeknya anak kecil itu dibandingkan kita.]

Situasi demikian membuat Minke si anak monyet kecil
itu memandang ke atas, ingin tahu, berusaha belajar
dari yang memproklamirkan diri lebih dewasa. Anak
kecil [Seperti dengan telapak tangan kanan kita yang
sopan, merendah, menghadap ke atas. Mengintip,
meminta, mengemis, menadahi apa saja yang jatuh dari
atas.]

Hingga suatu ketika si anak kecil; Minke, sadar bahwa
ia tidak lagi mendapat toleransi dari dunia seperti
seorang anak kecil. Ia sadar dan merasa sudah cukup
dewasa untuk bertarung, bertahan hidup di dunia yang
kejam sendiri. Seorang merasa Dewasa, dengan ;
[Sisa-sisa kerendah-hatian seperti telapak tangan
kanan anak kecil dari Minke yang sopan, meminta dengan
menghadap ke atas ; Beradu dengan kesombongannya
sendiri, karena merasa dewasa menghadapi dunia, dengan
banyak anak kecil yang lebih pendek, seperti gambaran
telapak tangan kiri yang menghadap ke bawah.] Di dalam
pergulatan manusia di sebuah dunia kecil ?Bumi
Manusia? ; sebuah buku yang besarnya bahkan tidak
sampai seukuran bola basket.

Sampai tahap ini kedewasaan yang sesungguhnya belum
dialami oleh si individu ; Minke. Selama ia masih
dibatasi oleh batasan-batasan buatan dunia yang
sifatnya dualisme, yaitu; ?Kesombongan yang merasa
tinggi,, maupun Kerendah-hatian yang cenderung ke arah
direndahkan? ;hingga pada proses selanjutnya, kembali
seperti seorang anak kecil yang polos yang belum
sekalipun direndahkan oleh telapak tangan kiri dunia
yang sombong (menghadap ke bawah).

Minke sebagai perlambang seorang manusia, mencapai
tingkat kepasrahan untuk meminta dalam diri, dengan
keyakinan untuk menerima ; [telapak tangan menghadap
ke atas.] Untuk mensyukuri apa kebaikan yang telah
diperoleh dan belum diperoleh, tanpa bertanya ini-itu.

Menjalani masa depan di jalan cerita kehidupan dengan
lebih bebas dan optimis.

Proses Keluar dari Kekejaman di ?Bumi Manusia?.

Amin?

Vincent Liong
Jakarta, 6 Februari 2005 ; Pk:04.30WIB

From:  "Daniel Mahendra" <bukanpasarmalam@xxxxxxxxx>
Date:  Fri Feb 4, 2005  11:08 pm
Subject:  80 TAHUN PRAMOEDYA

"Bencana Aceh dan Indonesia Masa Depan di Mata Seorang
Pram"

Kami mengundang Anda pada Ultah 80 tahun Pramoedya
Ananta Toer,
Minggu, 6 Februari 2005
Galeri Cipta 2, TIM Cikini,
20.00 wib

Salam hangat,

Daniel Mahendra

------------------------------

::::Costumer Service Representative Vincent Liong::::

Phone&Fax: +62-21-5482193, 5348567, 5348567
Mobile: +62-81316795160
Address: Jl. Ametis IV Blok:G No:22 Permata Hijau,
Jakarta Selatan 12210 ? INDONESIA.

VincentLiong@xxxxxxxxxxxxxxx

Members: 594 Members
Mail: 200 Mail / Week
40% of Our Members Choose Individual Email
(This information last updated 5 January 2005)

Find local movie times and trailers on Yahoo! Movies.
http://au.movies.yahoo.com

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM