[nasional_list] [ppiindia] OOT - Mengajar Anak Batita Membaca

  • From: A Nizami <nizaminz@xxxxxxxxx>
  • To: sabili <sabili@xxxxxxxxxxxxxxx>, media-dakwah@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 7 Feb 2005 21:36:33 -0800 (PST)

Assalamu'alaikum wr wb,

"Iqra!" (Bacalah!), begitu firman Allah yang pertama
diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah, meski sambil bermain, saya "berhasil"
mengajar anak saya, Hana Hanifah, yang lahir 29 Maret
2002 lalu (jadi sekarang usianya 2 tahun 10 bulan)
membaca. Belum banyak memang, tapi dia sudah bisa
membaca huruf Arab dari "a" (alif) sampai tsa
(sekarang 'Ja').

Buku patokannya adalah "Iqra". Terkadang dia justru
berlagak mengajar dengan menunjuk huruf yang ada di
buku. "Ini apa?" katanya menirukan gaya saya ketika
mengajar. Ketika ibunya menjawab dengan salah
(sengaja), anak saya segera mengoreksinya. "Bukan, ini
'tsa'", katanya.

Lucunya, ketika dia menunjuk, ini huruf apa? Dan saya
jawab "Shod". Dia segera melanjutkan dengan menunjuk
huruf di sampingnya (huruf Dhod), "Ini 'nDot Empeng'"
katanya.

Dari pengamatan saya, anak saya lebih cepat membaca
huruf Arab ketimbang huruf latin.

Memang mengajar anak di bawah 3 tahun tidak bisa
lama2. Dalam waktu 10 menit, konsentrasinya biasanya
sudah buyar, sehingga pelajaran harus dihentikan.

Tapi kalau soal buku cerita, niscaya anak saya yang
justru meminta. "Pa, bacain buku Nisa, pa" (Buku Seri
Annisa dan Mio), begitu rengeknya.

Wassalam

=====
Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

Meet the all-new My Yahoo! - Try it today!
http://my.yahoo.com

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM