[nasional_list] [ppiindia] Apa kalian mau membubarkan Indonesia ?? Re: to Lina : Syariat Islam? Mukelu J

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Sat, 18 Feb 2006 07:25:29 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx,
"Akusaya" <donjuanqt2002@...> wrote:

> [...]
> timur dan kekristenan barat).
> Namun setelah Nabimu mendapatkan wngsit di gua hirak, lalu melibas
> region timur-tengah, maka habislah sudah keristenan timur itu. Nah,
> karena nabi2 sesudahnya (ehh bukan nabi, tetapi khalifah2)
> kebanggaanmu itu gagal untuk merengsek ke barat, maka selamatlah
> kekeristenan barat. (Ini juga yang mejadi salah satu alasan politis
> diserukannya perang salib oleh Paus Urbanus pada waktu itu. Jadi
> bukan kekristenan terpisah dari tempat asalnya, tetapi kebetulan aja
> di bagiannya baratnya selamat dari invasi kalifah kebanggaanmu itu.

Lina:
Saya gak peduli meski dunia ini seluruhnya dulu Kristen karena memang
Islam belum lahir. Yang saya maksud dgn Kekeristenan telah terpisah
dari tanah kelahirannya adalah: kristen sekarang dah gak ada
ketimurannya. Lihat saja bagaimana Yesus digambarkan sbg orang barat,
lihat saja natal yang bersalju dan meriah serta asesoriesnya, sulitnya
atau mungkin tak ada Alkitab yang berbhs asli (bhs Timur...). Makanya
saya katakan Islam sulit dipisahkan dari Arab sedang Kristen sangat
mudah dipisah dari Timur. Ini kan fakta.

> [...]
> Mbak lina kamu itu yach, jangan mempersamakan alkitab dengan
> alquran. Posisi alkitab dalam kekristenan itu tidak sama dengan
> posisi alquran dalam islam. Artinya, keimanan orang kristen tidak
> bergantung pada alkitab, melainkan pada Yesus. Alkitab hanya
> menggambarkan sebagian dari karya serta ajaran2 Yesus, dan ditulis
> oleh para murid-Nya berdasarkan apa yang mereka terima dari Sang
> Guru. Namun, ajaran utamanya diturunkan secara lisan, dan biasa
> disebut sebagai Tradisi lisan. Nah, Tradisi lisan ini yang tidak
> pernah diketahui oleh Nabi-nabi-nabimu, sehingga lahirlah statement

Lina: Itulah point yang saya ingin kemukakan. Tidak akan bisa kan umat
Kristen menginginkan negara agama Kristen karena tak ada dasarnya.
Kecuali kalau hanya keinginan nafsu semata. Kalau Alkitabnya saja
tidak dianggap sebagai ajaran utama, ya mau berdasarkan apa membuat
negara agama kristen. Apalagi ini hanya dalam taraf wacana tulisan.
Masa tradisi lisan mau dijadikan pegangan, yang katanya katanya.

> Belum lagi ada pewahyuan bagaimana harus menegakkan
>

> Komen:
> Masalah 'penolong yang lain' sebagaimana yang ditulis dalam Alkitab
> saya rasa itu hanya interpretasi mbak dina cs aja kok. Masalah ini
> sudah banyak dibahas di milis2 lain, silahkan digogel.

Lina: dah..dah sering gogle. Tapi tak mau dibahas lah kalau cuma
berdasarkan tradisi lisan yang katanya-katanya.

> Karena kalau hanya
>

> Komen:
> Pada dasarnya, hukum itu dibuat untuk dilanggar. Kalo tidak ada
> hukum maka tidak akan ada pelanggaran. Jadi semakin banyak mbak
> meletakkan hukum, maka semakin banyak pula pelanggaran. Inilah
> falsafah dasar yang harus mbak ingat selalu sebelum berjuang untuk
> menerapkan SI. Got my point?

Lina: Jadi, kalau negara berdasarkan Alkitab gak perlu hukum yaaa...
Ya udah deh mo bilang apa dong kalo orang dah berprinsip hukum dibuat
utk dilanggar? bukan utk dipatuhi atau ditaati.

> Bagaimana mungkin mencontoh kehidupan
>

> Komen:
> Apa mbak tahu apa alasan politis Yesus dibunuh, padahal beberapa
> hari sebelumnya dia dielu-elukan sebagai raja di kota Yerusalem?
> (dengan jumlah massa sebesar itu, kalo di indonesia udah bisa buka
> preman-service ala FPI dan FBR hahahahah...)
> Alasannya simple mbak: karena Yesus menolak untuk menjadi raja
> duniawi sebagaimana yang dipikirkan oleh mainstream jews (termasuk
> para muridNya). Namun hasilnya? Kekristenan tetap kokoh berdiri
> sampai dengan saat ini. Kalau mau disebut kerajaan, maka silahkan
> [...]

Lina: Fantastik! Yesus dibunuh karena menolak menjadi raja duniawi?
Secara politis gitu ya? Yaa..pantes aja gak bisa jadi pemimpin negara.
jadi emang gak ada rujukannya kalau umat kristen menginginkan negara
agama Kristen.