[list_indonesia] [ppiindia] Orang malay............... (fwd)

  • From: "antonhartomo" <antonhartomo@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 25 Mar 2005 04:27:36 -0000

salam tetap peka

--- In IA-ITB---------- Forwarded message ----------
<wahyo.itb@xxxx>
Subject: [itb-res] Orang malay...............
Saya baca berita Kompas, pagi ini kok agak kasihan juga pak
Rusdihardjo 'kena getah-nya' memburuknya hubungan Indonesia - malay
ini..... padahal kita-kita sudah janjian ketemu beliau lagi, mau
mbuat
seminar, sehingga dg seminar tsb apapun jadinya image orang2 Malay
terhadap Orang Indonesia 'would not be the same' karena selama ini
orang indonesia itu ya 'blue collar', tak bisa baca tulis, kumuh
dsb !
Setelah kami bergaul, beranak buah, sbg anak buah, bersahabat,
berhutang budi dengan orang2 Malay selama hampir 3 tahun,,,,,,,
sifat-sifat orang Malay ini mulai terkuak sedikit demi sedikit (at
least dimata saya !);
Positip
1.Orang-nya sederhana..... dalam arti tahan menderita, tidak
"kemrungsung", nrimo dalam hal 'materi'. tak ada pembantu ya tak
apa.......... mau makan dimana saja OK (wong makanan murah dan
enak-enak).

2.Anything is on a piece of paper ........dokumentasinya sangat baik,
termasuk public service-nya, mau ijasah, mau ijin semua harus hitam
diatas putih !

3. Revenue adalah diatas segala-galanya, salah satu rahasia suksesnya
Petronas adalah .... dia sangat peliiiiiiit dan accurate dalam
menilai
proyek, sangat perfectionist terutama terhadap revenue, seluruh
project kalau dirasa tak menghasilkan revenue....resultnya "NO GO",
ndak ada critanya mbangun pabrik pupuk padahal gas-nya mau habis,
mbangun pabrik Melamine tapi ndak ada market ..... sehingga merugikan
semua pihak, ini tak pernah terjadi di Malaysia.

eh ada dink ...... perwaja (bukan petronas)! pabrik baja yang
menggelapkan 2-3 milyar RM.

4. Hukum sangat dipatuh-i, dan diterapkan dengan betul. Inilah pilar
terakhir yang betul-betul dijaga oleh orang Malay ini. kalu sudah
urusan 'court' wah pelik !

Mis pensiun umur 55 ya bener2 55, professornya Didien (TI 75) saja
bisa dipecat ! ndak tahu kenapa .....denda traffic offence juga
betul-2 dibayar dsb dsb....
===============================

Negatip-nya;

1. Orang Malay ni "high nose"...sedikit lagi jadi sombong.... biasa
OKB.
    Sifat ini terbawa karena mudahnya mencari tenaga kerja (blue
collar)
    yang mau dibayar murah ! termasuk TKI, yang dengan teganya
mereka rampok !
    masuk ke Malay=bayar Rp 1,5 juta, di Malaysia dirampok (levy -
untuk blue collar) RM 1200 per tahun, dsb sehingga TKI bayar +/- RM
2500 saat masuk malay...

Note : kalau gaji TKI cumak RM 500 per bulan terus dia cuma saving
berapa ....
atau malah "minus" berapa ?

2. Orangnya LICIK .... dalam arti tricky !!!
saya ingat sebelah rumahnya kakek saya dulu di Pare (17 km dari
Kediri) tetangganya selalu pakai pagar (fence) dari beluntas...
setiap
minggu, patok pembatas ditambah 5 cm keluar....dst dst lha saat 5
tahun kemudian patok telah bergeser 1 meter............ lha ribut,
tapi karena tanaman beluntas tsb hidup, ya tetangga yang berbatasan
tak bisa apa-apa ..... ndak ada bukti ! tahun 1963/4 di Sambirejo
mana
ada pathok ??

Inilah kisah AMBALAT !
Inilah kisah Sipadan dan Ligitan...................

Note; tapi tetangga tsb saat meninggal (ini percaya tak percaya
......) mayat-nya sampai dipatah-in agar bisa masuk ke lubang kubur
.... habis mayat-nya memanjang .....(katanya orang yang
senang "makan"
tanah, akan ditolak oleh tanah juga)........padahal saya pikir yang
ngukur panjang mayat aja yang geblek ! dulu ngukur mayat kan pakai
'galah bambu'.

Jangan salah ya Malaysia mendapat juluk-an baru 'KUBURAN-NYA'
kontraktor .... banyak international contractor yang rugi dalam
mengerjakan proyek di Malysia ini.

3. HYPOCRITE....... apa yang kelihatan didepan sangaaaaaaaaaat
berbeda
dengan yang dibelakang. Istilah bahasa Yogya 'enggih..enggih tapi
nggak kepanggih", .......

dua tahun terakhir saya ditugas-i sebagai RA (Regulatory Approval
untuk Project kami), sebagai RA ya berhubungan langsung dengan 21
Department di Malay nih .... tentang kebobrok-an di-dalam ....ndak
kalah dengan Jakarta ..... cumak kalau di Indonesia lebiiiiiiiiih
mudah, artinya dengan uang semua beres ........(dulu...ya) di
KL........ dokumen iya, yang "itu" iya............... wah ini sangat
menyakitkan, tapi untuk saya ...... sekalian aja saya
tularkan "virus"
tsb ke kl............biar lebih rusak!

contoh lain; 400,000 tki diusir pulang .......... 500,000 rela
(hansip) direkrut guna 'nggebuk-i' tki yang ndak mau pulang.........
eh baru sebulan, semua pembangunan berhenti ! 'Rela'-nya
mengkerettttttt, 3 minggu cumak nangkep 1000 orang, malah tk sate
pada
pulang, tukang rawon pulang, tukang pijet pulang .... wah sudah ndak
ada enak-nya lagi di KL.

4.Orang Malay ni dasarnya PEMALAS ..........dan Ngeboss.
ndak ada orang malay yang mau kerja sebagai pembantu rt, tukang batu
dsb dsb ..
karena nilai mata uang RM tsb tinggi, makanan murah, public service
bagus, jadi hal ini membuat mereka lupa diri, padahal dari segi
kepandaian, kawan2 dari Indonesia ini jjauuuuuuuuh lebih memuaskan.

Anyway, demikian kira-kira kondisi dan kehidupan kami di kl ini
........ suka-dukanya, dan sekelumit cerita untuk kita

Kaitan berita di Kompas, ya saya tak tahu pak Rusdihardjo mau diapa-
in
sama DPR.... saya nunggu saja ....

yang jelas kami melakukan kehidupan sehari-hari sebagaimana biasa
saja ...

ww-kl
--- End forwarded message ---

'Thanks & Giving.'