[list_indonesia] [ppiindia] Nyanyian Salju

  • From: "Budhisatwati KUSNI" <katingan@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: "kmnu2000" <kmnu2000@xxxxxxxxxxxxxxx>, <wanita-muslimah@xxxxxxxxxxxxxxx>, "ppiindia" <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 9 Mar 2005 03:25:54 +0100

Nyanyian  Salju

15.Hari Itu Bulan Mei Tanggal Satu Di Paris

hari itu bulan mei tanggal satu di paris sembilan tahun lalu
penduduk menentang pemerintah meriuhkan jalan-jalan kota
merontokkan salju dari dari dahan-dahan angkasa
kemudian seorang lelaki terkapar dan dia seorang menteri
barangkali pangeran kalau di jawa mataram
terkapar dan disoraki beramai-ramai
jangankan menteri
di sini raja pun pernah dipancung di lapangan
ketika raja melakukan penindasan tak lagi tertahan

hari itu di paris bulan  mei tanggal satu
dewa-dewi penjaga sorga gemetar oleh gemuruh jalan menggelora
bulu-bulu mantel putih luks mereka rontok menjadi salju
menimbun kota
lumer dan menyala  ketika keadilan diinjak
persis seperti hari-hari bulan maret ini di bawah nol
ketika lelaki dan perempuan sma di jalan-jalan jalan membela republik
hari esok dan harapan

di musim dan di padang putih seluas salju ini
aku cemas akan serbuan ancaman
republik sering jadi spanduk diktatur mengelabui hakiki
kerna sehari-hari jaraknya tak lebih dari seinci
semu pun nampak seluas salju

16. Dermaga

dengan jari kuselentik dingin salju dari mantel hitammu
aku memang tak ingin kau sakit, dik
sadar akan penghasilan bulanan amat sedikit
kita berdua pun akan sangat repot olehnya
sedangkan cinta yang mengusik tak bisa menyembuhkan
cinta tak lebih dari  anak nakal
gemar bermain tanpa waktu di padang-padang jiwa
sementara kita patut menghitung benar kenyataan

sadar mengapa dingin salju itu kukibas dari mantelmu
kau tersenyum diam hanya merapatkan syal di leher
dan memperbaiki letak topi di kepala
tak pernah kudengar kau bertanya: masih jauhkah? kita ke mana?
yang selalu kau ulang: di depan tak terbilang jumlah tikungan
"kelak masihkah kau mengibas dingin salju dari mantelku?" tanyamu
yang jelas kelak pun aku masih mencintaimu dengan diriku yang sekarang

perempuan barangkali lebih setia pada kata dari lelaki yang gemar menipu
dugaan yang tak pernah berani kuucapkan
sadar diri memang pengecut
seperti warna hitam di padang salju
karena itu aku sangat menghargaimu, dik
membayangkan kau
memang dermaga bagi pinisi jika sempat berlabuh
jika!

17. Tandatangan

menjelang salju
suhu makin mengarah ke bawah nol
dingin sampai ke sungsum
secara wajar kita pun saling merapat
apalagi memang ada yang jauh dan dalam tersirat
kita saja yang sangat mengerti

sementara itu aku juga begitu takut pada kesetiaan
menjelma bagai tali jangkar pinisi pemburu penjuru
walau benar aku sungguh mencintaimu sampai sekarang
maka aku minta kau pelihara kembang kemuning di teras

"jalani saja" kau bilang
"jalani saja"
"aku pun tak pernah bisa rampung mengisi kolom teka-teki silang kehidupan"
"kehidupan selalu menjadi teka-teki"
"aku hanya tahu ada dadagan sebagai c'est la vie"
"salju begini pun tak datang saban tahun"

lalu berdua kita tersenyum menyambut apa yang tiba
pahit dan manis, manis dan pahit sebagai keutuhan
sementara di halaman-halaman waktu yang tak kusam-kusam
tertera tandatangan bersama
tandatangan kita di satu kitab riwayat

Paris, Maret 2005
JJ.KUSNI