[list_indonesia] Re: [ppiindia] Malaysia HARUS minta maaf, mensos RI diterlantarkan di Aceh.

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 17 Mar 2005 20:37:54 +0100

Sebetulnya bukan ditipu IMF & CGI, karena mereka ini bisness,  meminjam uang
dengan bunga. Kita saja, yaitu petinggi-petinggi negara disemua tingkat dan
bidang menyalahgunakan pinjaman-pinjaman dari luar negeri sehingga menjadi
beban tujuh turunan.Mereka tahu bahwa pinjaman bukan sedekah, pinjaman
mempunyai bunga berbunga dan harus dikembalikan sebagaimana tercantuntum
dalam perjanjian pinjaman.

Selain menyalahgunakan mereka tidak mempunyai visi jelas dalam menginvestisi
pinjaman dalam sektor yang bisa mengangkat kepentingan rakyat banyak untuk
kehidupan yang memada sebagai manusia terhormat. Akibat dari salah atur dan
dibiarkan untuk catut-catutan akibatnya hutang bertambah dan harus dibayar,
kalau tak salah sebahagian dari pendapatan negara dipakai untuk membayar
hutang. Untuk APPN duit tak cukup, harus jongkok minta pinjam lagi. Terus
begitu tiap tahun.

Kalau pinjaman-pinjaman yang sekian banyak itu diperuntukan dengan baik,
keadaan tidak akan seperti sekarang ini, dimana orang kampung terpaksa harus
merantau menjadi TKI tanpa perlindungan hukum dan penuh penghinaan dan
cucuran air mata kepedihan hati untuk membantu keluarga di tanah air. Harga
BBM naik, di Nusatenggara Timur kesusahan, di Puwerkerto puluhan ribu.

Mungkin saja kekuatan masyarakat untuk merubah keadaan menjadi baik masih
terlalu lemah dan masih mendapat tantangan yang kuat, makanya keadaan tak
menentu, tetapi bila  kekuatan  masyarakat teroganisasi berazaskan visi dan
strategi yang jelas pasti bisa diadakan perubahan yang memahkotakan
perbaikan kehidupan  yang memada  bagi kita semua tanpa pandang etnik, asal
keturunan, warna kulit  maupun agama.