[list_indonesia] [ppiindia] Komitmen terhadap Goal

  • From: "Temie Iswanto" <tiswanto@xxxxxxxxxx>
  • To: <smanda83@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Thu, 24 Mar 2005 16:16:38 +0700

Komitmen terhadap Goal

Tahun 1986 di New York diadakan lomba marathon internasional=20
yang diikuti oleh ribuan pelari dari seluruh dunia.=20
Lomba ini mengambil jarak 42 kilometer mengelilingi kota New York.=20
Jutaan orang dari seluruh dunia ikut menonton acara tersebut melalui puluha=
n=20
televisi yang merelainya secara langsung.=20

Ada satu orang yang menjadi pusat perhatian di lomba tersebut, yaitu Bob Wi=
llen. Bob adalah seorang veteran perang Amerika, dan dia kehilangan kedua k=
akinya karena terkena ranjau saat perang di Vietnam. Untuk berlari, Bob men=
ggunakan kedua tangannya untuk melemparkan badannya ke depan.

Dan lomba pun dimulailah. Ribuan orang mulai berlari secepat mungkin ke gar=
is finish. Wajah-wajah mereka menunjukkan semangat yang kuat. Para penonton=
 tak henti-hentinya bertepuk tangan untuk terus mendukung para pelari terse=
but.=20

5 kilometer telah berlalu. Beberapa peserta nampak mulai kelelahan dan mula=
i berjalan kaki. 10 kilometer telah berlalu. Di sini mulai nampak siapa yan=
g mempersiapkan diri dengan baik, dan siapa yang hanya sekedar ikut untuk i=
seng-2. Beberapa peserta yang nampak kelelahan memutuskan untuk berhenti da=
n naik ke bis panitia.=20

Sementara hampir seluruh peserta telah berada di kilometer ke-5 hingga ke-1=
0, Bob Willen yang berada di urutan paling belakang baru saja menyelesaikan=
 kilometernya yang pertama.=20

Bob berhenti sejenak, membuka kedua sarung tangannya yang sudah koyak,=20
menggantinya dengan yang baru, dan kemudian kembali berlari dengan=20
melempar-lemparkan tubuhnya kedepan dengan kedua tangannya. Ayah Bob yang b=
erada bersama ribuan penonton lainnya tak henti-hentinya berseru "Ayo Bob..=
. Ayo Bob... berlarilah terus".=20

Karena keterbatasan fisiknya, Bob hanya mampu berlari sejauh 10 kilometer s=
elama satu hari. Di malam hari, Bob tidur di dalam sleeping bag yang telah =
disiapkan oleh panitia yang mengikutinya.=20

Akhirnya empat hari telah berlalu, dan kini adalah hari kelima bagi Bob Wil=
len. Tinggal dua kilometer lagi yang harus ditempuh.=20

Hingga suatu saat, hanya tinggal 100 meter lagi dari garis finish, Bob jatu=
h terguling. Fisik Bob benar-2 telah habis saat itu. Bob perlahan-2 bangkit=
 dan membuka kedua sarung tangannya. Nampak disana tangan Bob sudah berdara=
h-darah. Dokter yang mendampinginya sejenak memeriksanya, dan mengatakan ba=
hwa kondisi Bob sudah parah, bukan karena luka di tangannya saja, namun leb=
ih ke arah kondisi jantung dan pernafasannya.=20

Sejenak Bob memejamkan mata. Dan di tengah-tengah gemuruh suara penonton ya=
ng mendukungnya, samar-samar Bob dapat mendengar suara ayahnya yang berteri=
ak "Ayo Bob, bangkit! Selesaikan apa yang telah kamu mulai. Buka matamu, da=
n tegakkan badanmu. Lihatlah ke depan, garis finish telah di depan mata. Ce=
pat bangun ! Tunjukkan ke semua orang siapa dirimu, jangan menyerah! Cepat =
bangkit!!!"

Pelan-pelan Bob mulai membuka matanya kembali. Saat itulah matanya melihat =
garis finish yang sudah dekat. Semangat mulai membara kembali di dalam diri=
nya, dan tanpa sarung tangan, Bob melompat-lompat ke depan.=20

"Ya, ayo Bob... satu lompatan lagi, Bob... Capailah apa yang kamu inginkan,=
 Bob!" teriak ayahnya yang terus berlari mendampinginya. =A0=20

Dan satu lompatan terakhir dari Bob membuat tubuhnya melampaui garis finish=
.=20
Saat itu meledaklah gemuruh dari para penonton yang berada di tempat itu.=20
Bob bukan saja telah menyelesaikan perlombaan itu, Bob bahkan tercatat di G=
uiness Book of Record sebagai satu-satunya orang cacat yang berhasil menyel=
esaikan lari marathon.

Beberapa saat kemudian, ketika ada puluhan wartawan yang menemuinya, Bob be=
rkata,

"SAYA BUKAN ORANG HEBAT. ANDA TAHU SAYA TIDAK PUNYA KAKI LAGI.=20
SAYA HANYA MENYELESAIKAN APA YANG TELAH SAYA MULAI.=20
SAYA HANYA MENCAPAI APA YANG TELAH SAYA INGINKAN.=20
DAN KEBAHAGIAAN SAYA DAPATKAN BUKAN DARI APA YANG SAYA DAPATKAN,=20
TAPI DARI PROSES UNTUK MENDAPATKANNYA. SELAMA LOMBA,=20
FISIK SAYA MENURUN DRASTIS. TANGAN SAYA SUDAH HANCUR BERDARAH-DARAH.=20
TAPI RASA SAKIT DI HATI SAYA TERJADI BUKAN KARENA LUKA ITU,=20
TAPI KETIKA SAYA MEMALINGKAN WAJAH SAYA DARI GARIS FINISH.=20
JADI SAYA KEMBALI FOKUS UNTUK MENATAP GOAL SAYA.=20
SAYA RASA TIDAK ADA ORANG YANG AKAN GAGAL DALAM LARI MARATHON INI.=20
TIDAK MASALAH ANDA AKAN MENCAPAINYA DALAM BERAPA LAMA,=20
ASAL ANDA TERUS BERLARI. ANDA DISEBUT GAGAL BILA ANDA BERHENTI.=20
JADI, JANGANLAH BERHENTI SEBELUM TUJUAN ANDA TELAH TERCAPAI."
*
Diadaptasi dari Tayangan Guiness Book of World Records - TV7=20

DonorsChoose. A simple way to provide underprivileged children resources=20

Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia yg=

3. Lihat arsip sebelumnya, www.ppi-india.da.ru;=20
=20

=20