[list_indonesia] [ppiindia] Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dengan Alasan Apapun Harus di Tolak

  • From: Eko Bambang Subiyantoro <eko@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: staff@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 7 Mar 2005 20:46:37 +0700

 http://www.jurnalperempuan.com/yjp.jpo/?act=3Dberita%7C-316%7CX
Senin, 07 Maret 2005
Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Dengan Alasan Apapun Harus di Tolak
Jurnalis : Eko Bambang S
Jurnalperempuan.com-Jakarta. Para artis, anggota parlemen, aktivis dan peme=
rhati masalah perempuan dan anak mengeluarkan pernyataan terbuka untuk meno=
lak tindakan kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dan anak dalam bentu=
k apapun, baik kekerasan fisik, psikis, seksual maupun ekonomi. Pernyataan =
sikap tersebut disampaikan pada konferensi pers memperingati hari perempuan=
 internasional di Jakarta, Minggu (06/03/05). Hadir dalam konferensi pers t=
ersebut Rieke Diyah Pitaloka, Abdul Azis Husein dari kementerian pemberdaya=
an perempuan, Five Vi artis sinetron, Nurul Arifin, Nia Sjarifudin, Kiki W,=
 Wanda Hamidah, Orang tua Amanda, Irianti Eningpraja dan sebagainya.=20

Sejauh ini, kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia, semakin lam=
a tidak semakin menurun jumlahnya. Kekerasan terhadap perempuan dan anak se=
olah-olah menjadi sebuah budaya yang memang berlangsung dengan sendirinya. =
Berbagai upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan memang telah dilaku=
kan. Namun demikian upaya-upaya tersebut terus menghadapi kendala utama dal=
am dua hal pertama kultur budaya patriakhi yang masih mengedepankan laki-la=
ki dibandingkan perempuan. Kultur ini tidak hanya terjadi dalam rumah tangg=
a, namun juga terjadi diruang publik termasuk berkaitan dengan kebijakan-ke=
bijakan publik. Kendala kedua adalah penegakan hukum yang masih belum sepen=
uhnya berjalan dan belum mencerminkan keadiln bagi perlindungan dan penghor=
matan terhadap hak-hak perempuan dan perlindungan anak.=20

Kedua masalah tersebut memang sangat mendukung iklim kekerasan terhadap per=
empuan. Hal ini seperti yang dialami oleh Five Vi, artis sinetron yang tela=
h menjadi sasaran kekerasan dalam rumah tangga oleh suaminya. =93Kekerasan =
yang saya alami cukup lengkap, mulai dari fisik, psikis, seksual dan ekonom=
i. Namun demikian, kenapa saya begitu sulit mendapatkan keadilan atas diri =
saya. Sampai saat ini bukannya keadilan yang saya dapat tapi saya merasakan=
 kekerasan itu dalam tiga tingkatan, pertama oleh lingkungan keluarga saya,=
 lingkungan masyarakat yang diam saja ketika saya sudah melambaikan tangan =
ketika minta tolong dan negara, yang dengan sengaja mempersulit tuntutan-tu=
ntutan saya untuk mendapatkan keadilan. Aparat justru menilai kekerasan yan=
g saya terima sangat ringan, akibatnya pelaku mendapatkan hukuman ringan, p=
adahal saya mengalami sejumlah penderitaan,=94 ujar Five Vi.=20

Selain menolak segala bentuk kekerasan, pernyataan sikap ini juga menuntut =
pemerintah berperan aktif dan serius dalam mengkampanyekan isu-isu hak-hak =
perempuan dan anak, serta mau bekerjasama dengan berbagai kalangan dan lemb=
aga untuk melakukan upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan anak=
. Kepada lembaga peradilan diharapkan mampu menerapkan hukum yang tegas dan=
 berpihak kepada korban dan tidak hanya mengacu pada KUHP, tapi juga berped=
oman pada UU No 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tan=
gga dan UU No 3 tahun 1997 tentang peradilan Anak serta UU No 23 Tahun 2002=
 tentang Perlindungan Anak. Kepada para jurnalis media cetak maupun elektro=
nik, diharapkan lebih meningkatkan kaidah-kaidah jurnalisme berperspektif g=
ender dalam mengangkat masalah-masalah perempuan dan anak. Selanjutnya kepa=
da masyarakat diminta untuk berperan aktif melawan dan menghentikan berbaga=
i tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk menuntut pemerin=
tah untuk memberikan perlindungan dan jaminan hukum dan hak-hak perempuan d=
an anak.=20

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM

Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia yg=

3. Lihat arsip sebelumnya, www.ppi-india.da.ru;=20
=20

=20