[fogri] Re: permeabilitas dari data seismik

  • From: Bahal R T <Bahal@xxxxxxxxxx>
  • To: "'fogri@xxxxxxxxxxxxx'" <fogri@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 8 Aug 2001 14:46:35 +0700

Untuk carbonat yg biasa dilakukan analisa unisotropic dari data seismic 3D
bisa two tapi dengan spacing seismic line yang rapat.
Dari pengalaman saya. Saya pernah memetakan permeability dan porosity dari
data 3D seismic untuk reservoir sand.
Permeability sebaiknya tidak di turunkan dari porosity karena masing-masing
independent. Tetapi porosity dan permeability mempunyai correlation,
correlation inilah yg di pakai sebagai bahan acuan.

Pertama memetakan distribusi dari sandnya dari data seismic 3D.
Kedua saya memetakan porosity dari seismic data (seismic attribute dan
dikontrol oleh 2D geostatistic).
Ketiga saya memetakan permeability dengan mengunkan pendekatan Seismic
Facies (Stratimagic).
Dari seismic facies map kemudian kita ubah menjadi geologic model dari
sandnya. Masing masing geologic model ini yg berupa sand body mempunyai
harga permeability yg di dapat dari data well yg kemudian di map dengan
teknik khusus beda dengan mapping biasa (mapping biasa hanya 2D, ini dengan
konsep series of 2D map dari masing-masing sand body yang di gabungin
menjadi satu final 2D map).
Kemudian kedua hasilnya (porosity dan permeability map) di crossplot, kalau
keduanya sudah benar hasinya akan kelihatan dari crossplot. Aturan mainya
adalah permeability akan bertambah besar dengan bertambahnya porosity
(correlation). Kalau crossplotnya ngak karuan berarti ada yg kurang benar,
bias porosity mapnya, bias permeability mapnya bias juga keduanya.
Saya lampirkan contoh dari saya punya (Saya lagi buat  papernya..:))
  <<Cross Plot porosity and permeability map.GIF>>
hasil ini sangat make sense dan sangat cocok dengan konsep sedimentologi.

Geoscience is beautiful.
Salam
bahal@xxxxxxxxxx
Mutiara Field Team