[breaktime-corner] Apa Kabar Kamera Polaroid?

  • From: "gunawan prakoso" <gunawan.prakoso@xxxxxxxxx>
  • To: <tea-corner@xxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Sun, 8 Jan 2012 22:24:37 +0700

Apa Kabar Kamera Polaroid?

Baru saja anak saya meminta untuk dibelikan kamera polaroid. Itu loh, kamera
yang sekali jepret langsung bisa menghasilkan gambar yang tercetak langsung
di kertas foto. Memang sebelumnya, saya pernah bercerita kalau bapaknya ini
dulu pernah bercita-cita saat SD dulu ingin menjadi tukang foto polaroid
yang mangkal di kebun binatang dan menawarkan jasa foto. Rupanya dia ingin
memiliki kamera polaroid karena ingin mengisi album fotonya yang baru berisi
beberapa fotonya. Katanya, dia ingin kamera tersebut dan tidak mau kamera
digital, supaya tidak usah repot mencetak fotonya di studio foto.

Kamera Polaroid Klasik

Setelah saya coba googling untuk mengetahui jenis dan harga kamera polaroid,
saya menemukan jenis kamera polaroid baru. Rupanya era kamera polaroid belum
berakhir. Padahal saya pikir kamera film dan polaroid ini akan berakhir
seiring meluasnya pemakaian kamera digital. Kamera digital saat ini dipakai
dari kalangan amatir hingga profesional. Bentuknya mulai dari yang menempel
di handphone, notebook, hingga berdiri sendiri. Saking murahnya, jika Anda
beli handphone maka bisa bonus kamera digital. Sehingga saya sangat yakin
kamera polaroid sudah RIP (rest in peace) di museum Smitsonian. Namun
kenyaataannya tidak demikian. Generasi baru kamera polaroid, saat ini
diproduksi oleh Fujifilm dengan nama Fujiflm instax mini yang ditawarkan
dalam 4 seri, yaitu: 7s , 25s , 50s, dan wide 210. Perbedaan dari
masing-masing seri adalah pada ukuran gambar yang bisa dihasilkan. Contoh
seperti seri 7s, menghasilkan foto dengan ukuran kertas selebar kartu kredit
(5 cm x 8.5 cm).

Kamera Polaroid Moderen

Melihat bentuk  kamera polaroid Fujifilm instax mini di bawah ini, memang
sepertinya cocok sekali dengan anak-anak. Warna dan modelnya juga ada yang
bertemakan Hello Kitty. Saat melihat gambar di atas di internet, anak saya
langsung berteriak, "mau. mau..". Untuk menenangkannya saya bilang kalau
biaya operasionalnya mahal. Memang kameranya murah, antara 750ribu hingga 2
juta tergantung seri di atas (7s , 25s , 50s, dan wide 210).

Fujifim Instax 25 dengan tema Hello Kitty

Rupanya Fujifilm meretro teknologi kamera polaroid yang praktis dan instan
dalam mengasilkan cetakan foto. Langkah ini saya anggap berani mengingat
trend alat penangkap gambar cenderung pada pengembangan kamera digital
dengan memperbesar hasil resolusi gambar (megapixel). Bila Kodak Eastman
yang berusia 131 tahun sebagai pionir alat fotografi diambang penutupun,
justru Fujifilm terus bisa bertahan dengan inovasinya yang tidak bisa
dipandang remeh.

Namun sayang, harga kertas foto kamera polaroid ini masih tetap mahal
seperti generasi polaroid sebelumnya. Kertas foto untuk seri 7s (ukuran
kartu ATM), per box isi 10 dibandrol dengan harga 100 ribu (polos) dan 125
ribu untuk yang berwarna. Berarti perlembarnya seharga 10 ribu rupiah.
Bandingkan dengan cetak foto di studi ukuran 3r yang tidak lebih dari Rp.
1.500. Andai kertasnya berharga Rp. 3.000 per lembar, pasti akan cukup
populer di kalangan pecinta foto instant di generasi serba instant ini.

Bagaimana menurut Anda?