[nasional_list] [ppiindia] Re: Wanita Iran Dilarang Menyaksikan Piala Dunia!

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 16 May 2006 09:36:53 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM
Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@...> wrote:

> [...]
> terlarang kemudian mereka menjadi terlihat auratnya dan buru2
> mencari daun-daunan untuk menutupi kembali auratnya. [Makanya saya
> jadi bingung kalau kebudayaan koteka di Irja harus dipertahankan].
>
> Jadi fungsi utama pakaian adalah menutup aurat. Sedang fungsi-
fungsi
> lainnya adalah sebagai perhiasan, perlindungan (dari panas or
> dingin), dan penunjuk identitas/kepribadian

> DH: pencerahan yang menarik,mbak. Tetapi ini kan cerita yang
> bersangkutan dengan Adam dan Eva, yang adalah kisah kisah suku
Semit.

> Bagaimana mbak, dengan wilayah budaya yang tak mengenal dongeng
suku
> Semit itu, tapi punya dongeng sendiri. Ceritakan dong mbak.
>
> Jepang, Korea, Mandschuria, Mongolia luar, Tibet, Nepal, India,
> Tiongkok, Bali, Jawa. Ini kan manusianya lebih banyak..
>
> Manusia Indonesia kan gak semua baca Kuran,mbak. Jadi sebagai
> wanita, kisahkan dong bagaimana ethika busana pada umumnya.
>
> Lalu di Eropa bagaimana mbak? dizaman Biedermeier, Rennaisance,
> Rococo?
>
> Bagaimana wanita Israil mbak? mereka juga suku Semit..

> [...]

Budaya lainnya sama saja. Mereka boleh saja menciptakan pakaian
sesuai budaya mereka. Begitu sudah sampai kepada mereka pengetahuan
tentang anjuran pakaian yang menutup aurat, maka wajib bagi mereka
kecuali belum sampai kepada mereka pengetahuan itu.

AlQur'an itu tidak terbatas untuk budaya tertentu, tapi universal
dan untuk semua manusia. Soal mau percaya mau gak, itu lain urusan.

Jadi etika busana/pakaian yang umum adalah yang menutup aurat.  Yang
tidak menutup aurat namanya bukan pakaian. Tinggal lagi bicara soal
batasan aurat itu yang mana. Ahli tafsirpun beda pendapat soal ini.

Buat saya pribadi (sampai saat ini) masih berpendapat bahwa batasan
aurat itu tergantung budaya bangsa itu. Budaya itu kan bergantung
sama akal budi bangsa itu ya?

gitu aja, mbah.

Protect your PC from spy ware with award winning anti spy technology. It's free.
http://us.click.yahoo.com/97bhrC/LGxNAA/yQLSAA/BRUplB/TM