[nasional_list] [ppiindia] Re: MUI akan panggil Metro TV

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 18 Nov 2005 09:46:57 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Saya kira sikap MUI yang memanggil ini
memang kurang bijaksana.
Kalau diartikan "manggil" itu kayak SBY "manggil" mentrinya yang
dianggap mbandel ato polisi "manggil" si A sebagai terdakwa, saya
rasa MUI tidak mempunyai hak sejauh itu (CMIIW). Ini memang
menggambarkan tidak jelasnya kedudukan hukum MUI. Saya sih berharap
MUI itu bukan lembaga yang aktiv dalam tindakan2 hukum praktis.

Sebaiknya MUI buat saja acara tandingan atau buat acara utk
mengcounter acara tsb. Biar masyarakat yang menilai. Jadi lebih
demokratis.

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, radityo djadjoeri <radityo_dj@xxxx>
wrote:

> MUI mau panggil Metro TV? Wow, ada apa ini? Siapa sih MUI kok
berani-beraninya
> memanggil pengelola media massa? Presiden SBY saja tak bakalan
berani
> melakukan langkah itu. Tindakan MUI yang masih bergaya Orba
> ini sudah bukan masanya lagi untuk diterapkan. Kalau mau, pengurus
MUI bertandang
> ke kantor Metro TV, dan minta ke redaksi agar opininya ditayangkan
agar
> pemberitaannya berimbang. Metro TV juga musti 'lego lilo'
menayangkan
> apa kata MUI, daripada mereka mengirim massa FPI ke Kedoya.
>
> Berikut artikel dari Koran Tempo - Senin, 14 November 2005 halaman
A10:

> [...]
>
>   Pakar komunikasi, Jalaluddin Rahmat, yang menjadi salah satu
> narasumber, mengakui bahwa penayangan acara itu banyak distorsi.
> Menurut Kang Jalal - panggilan akrabnya - kepada Tempo kemarin,
ada
> beberapa bagian pokok yang hilang. Dia juga mengaku, hanya
sepertiga
> bagian yang ditayangkan dari diskusi sesungguhnya yang berlangsung
> satu setengah jam itu. "Untuk menghindari prasangka, silakan MUI,
> masyarakat, dan media melihat rekaman utuh acara itu," katanya.
>
>   Menurut produser eksekutif acara Today's Dialogue Metro TV,
Endah
> Saptorini, dialog itu bukan produksi mereka, tapi acara Pengurus
> Besar Nahdlatul Ulama, yang terbuka untuk umum. Pihak Metro TV,
kata
> Endah, "Menganggap acara tersebut menarik sehingga direkam dan
> ditayangkan," katanya kemarin.
>
>   Mengenai keseimbangan berita, Pemimpin Redaksi Metro TV Don
Bosco
> Selamun menganggap, pihaknya sudah memenuhi kaidah
jurnalisme. "Tapi,
> kalau memang ada kritik yang menganggap tidak seimbang, silakan
saja,"
> ujar Don Bosco, yang mengaku hingga kemarin belum menerima surat
> keberatan resmi MUI.
>
>   Endang Purwanti/Fanny Febiana/Raden Rachmadi
>

> Ungkapkan opini Anda di:
>
> http://mediacare.blogspot.com
>
> http://indonesiana.multiply.com

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM