[nasional_list] [ppiindia] lagi soal khilafah (buat mbak aris)

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Mon, 06 Feb 2006 18:30:21 +0700

>Aris : Mas Nugroho,
>   Pada bagian ini aris tak memungkiri, itulah sejarah. Bila aris
> mengisahkan sejarah semata-mata untuk menggambarkan tentang khilafah yang
> raib dibenak umat. Sesungguhnya keinginan agar berdirinya khilafh itu
> bukanlah semata-mata didasari sejarah mas, namun khilafah adalah syarat
> agar syariat Islam terterapkan secara sempurna. Nggak akan klop dan
> nyambung Syariat Islam totalitas di sandingkan atau diaplikasikan  dengan
> Kerajaan, Republik atau Parlementer.
>
>    Jadi aris lebih suka mengatakan panggilan keimanan mas.
========

sejarah khilafah tak pernah raib bagi mereka yang
> [...]

>Khilafah Islam saat itu sangat disegani Negara lain. Tak ada bangsa yang
>berani mempermainkan umat Islam layaknya sekarang.  Tidak ada Negara atau
>bangsa lain yang berani menganiaya, melecehkan Nabi Muhammad atau umat
>Islam seperti saat ini. Kesejahteraan ekonomi umat Islam nya jauh lebih
>baik dibanding sekarang, termasuk teknologi, pendidikan dan peradabannya
>dll. Diakui, ada para khalifah yang menyimpang, namun  mereka tetap dengan
>bait (persetujuan warganegara) bukan penunjukkan layaknya putra mahkota
>yang selintas ditimbang banyak orang, butuh kerincian memahaminya.

mbak aris,

jangan salah memahami kausalitas dalam bernalar.

kerajaan orang islam disegani kerajaan lain. orang islam
lebih sejahtera ketimbang warga negara lain. apakah semua itu
karena sistem khilafah?

monarki islam absolut tapi masih cukup membuka pintu
pada kebebasan berpikir. karena itu ada kemajuan
dalam kehidupan. orang cukup bebas bereksperimen untuk
perkembangan ilmu pengetahuan.

dengan kondisi itu monarki islam masih bisa bersaing
dengan monarki lain yang sama-sama absolut tapi menutup
kebebasan berpikir karena alasan-alasan agama.

tapi begitu negara lain meninggalkan sistem monarki
absolut. menggantinya dengan sistem demokratis atau
monarki konstitusional. membuka pintu bagi kebebasan
berpikirdan menyuruh mundur peran pemuka agama yang
gemar membatasi kebebasan, maka monarki islam
tak mampu lagi bersaing.

sistem (politik) demokratis terbukti lebih unggul ketimbang
sistem (politik) kerajaan absolut. karena menyediakan
kebebasan lebih banyak bagi warga untuk mengaktualisasikan
diri.

mbak aris, beri saya contoh satu saja nama kalifah
setelah masa khulafaur rasyidin, yang berkuasa dengan
cara dibaiat (artinya: disetujui) warganegara.

kalaupun dibaiat mungkin seperti cara-cara soeharto
di masa orde baru dulu. atau seperti di negara-negara
arab dengan sistem demokrasi semu seperti di suriah,
mesir, dll.

>Aris: Mas Nugaroho
>   Sebagian ada benarnya. I Agree with U, Cuma Khilafah itu nggak Absolute
> ko mas, kelihatan selintas aja absolutenya. Ada control dari umat ko mas.
> Khilafah akan diturunkan kalau dia telah melakukan tindakan kufur yang
> nyata.  Butuh penjelasan panjang lebar sekali untuk case ini. Terus
> bagian Khilafah Islamiyah itu, mas kurang mencantumkan adanya konpirasi
> yang menghancurkan Khilafah Islam.^-^
>
>=========

mbak aris,

beri saya contoh satu saja kalifah yang berhasil diturunkan
umat karena menyimpang.

>Aris :
>   mas Nugroho ada buktinya. Coba mas Tanya mbak Helvi Tiana Rosa mengenai
> kehebatan pelaut Aceh (Laksamana Kemala Hayati). Ada rahasia yang belum
> terungkap bahwa kenapa Aceh paling sulit di taklukkan. Selain ruh jihad
> mereka untuk mempertahankan wilayah Aceh yang begitu dasyat juga adanya
> bantuan militer laut dari daulah Usmaniyah.
>Tahun 1901, Perang Aceh bisa dilibas Belanda. Saat itu kekhilafahan
>Usmaniyah sudah lemah nggak bisa membantu lagi secara militer.
==========

aduh dilempar lagi ke orang lain.

saya percaya helvi membaca traktat kerjasama militer
kesultanan iskandar muda dan kerajaan usmaniyah.

traktat seperti ini dalam masa modern namanya
pakta pertahanan. bisa melibatkan dua negara atau lebih.

memang ada negara yang lebih menonjol, tapi dasar
kerjasamanya selalu kesetaraan.

dalam pakta pertahanan atlantik utara (nato), bukan berarti
negara inggris, belanda, dll, menjadi bagian wilayah
amerika yang lebih dominan kekuatannya.

begitu pula dalam pakta warsawa dulu, bukan berarti
negara hungaria, polandia,dll menjadi bagian wilayah
uni soviet.

>Aris :
>   Okey kita  tunggu bersama perkembangan Turki iya mas. Iya mas, Aris
> sudah mengasihi diri aris yang penuh dosa, hidup dengan banyak
> kemaksiatan, terhimpit oleh kesusahan, banyak mengurut dada terhadap
> kekhilafah yang sering aris lakukan dan kehidupan binatangisme di sekitar
> kita (pemerkosaan, kriminalitas dll),  akibat sistem aturan yang jauh
> dari Tuhan Kita. Biarlah orang berkata mimpi, anomie, nggak rasional?atau
> apalah? asal bukan Allah yang mengatakan itu.

mbak aris,

saya percaya secara individual anda seorang yang salehah
seperti nama anda.

tapi kesalehan saja tak cukup untuk memperbaiki
keadaan. diperlukan wawasan ilmu dan pengetahuan. bukankah
ajaran agama sering menyuruh kita untuk membaca dan berpikir?