[nasional_list] [ppiindia] khilafah absolut (buat mbak aris)

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 09 Feb 2006 23:54:21 +0700

> [...]
> melakukan penyimpangan, bukan karena tidak dibaiat. Mirip juga pemilihan
> Presiden Suharto yang selama 32 tahun berkuasa. Tentu memahami, scenario
> cantik Bapak Suharto kenapa jadi presiden RI selama itu. Meski banyak
> juga yang kurang setuju, semua itu menjadidi syah karena dirancang secara
> sistemik demi kepentingan tertentu. Bila Khualafaur rasyidin diangkat
> langsung oleh umat melalui musyawarah dan perkawilan tokoh-tokoh sahabat
> yang representastif. maka Pada masa Abbasiyah Pengangkatan dilakukan oleh
> Ahlu Hadlli wal Aqdi, kemudian di akhir kemunduran Usmaniyah, Khalifah

============

mbak aris,

anda tak memahami arti baiat.

baiat bukan pengambilan sumpah, seperti dalam
pengangkatan presiden di indonesia (atau amerika).

baiat dalam bahasa arab berarti "penepukan tangan
ke tangan seseorang sebagai pengukuhan (ijab) penjualan."

biasanya dilakukan dengan cara menjulurkan tangan kanan
ke depan dengan tapak tangan menghadap ke atas dan
pembaiat menepuk dan menjabatnya, tetap dalam posisi
demikian.

saling membaiat dilakukan dengan saling menepuk tangan
(tashafaqu) atau saling menjual (tabaya'u). berasal dari
kata menjual (ba'a, yabi'u, bai', baiah).

dalam islam, baiat artinya menepuk tangan sebagai tanda
kewajiban penjualan, sebagai tanda membuat kontrak
jual beli atau sebagai tanda ketaatan atas kesepakatan
yang telah diputuskan. seseorang membaiat seseorang
artinya ia berjanji kepada seseorang.

di zaman nabi, baiat merupakan lembaga pengukuhan.

dalam peristiwa pengangkatan abu bakar sebagai kalifah,
lembaga baiat untuk pertamakali digunakan sebagai
lembaga pemilihan.

umar bin khatab juga diangkat melalui baiat (pemilihan/
persetujuan). kemudian usman bin affan diangkat melalui
dewan yang disebut ahlul hali wal aqdi atau syura yang
terdiri atas 6 sahabat. ali bin abi talib kembali diangkat
melalui baiat.

setelah itu kepemimpinan yang demokratis mati dalam
usia muda.

dinasti umayah dan dinasti-dinasti selanjutnya adalah
kerajaan berdasar keturunan sedarah. mereka mengangkat
dirinya sendiri. mereka meneruskan kembali tradisi arab
jahiliyah yang mengutamakan suku dan keluarga. karena
itu dinasti mereka disebut juga bani (ibn = anak keturunan).

> [...]
> hukum Islam. Selain itu Mu'awiyah adalah sahabat rasul, hafidz Al Quran
> dll, beliau banyak menyertai Rasul manusia. terpilihnya belaiu sebagai
> wali (gubernur) di Damaskus pun atas pengangkatan Umar bi Khatattab.
> Sahabat Rasul juga manusia. Hanya Rasul manusia sempurna yang tak dijamin
> tak melakukan dosa.  Sebelum mengangkat Yazid, Mua'awiyah telah
> berulangkali istikharah hasilnya : Yazid. Kesalahan terbesar Yazid adalah
> dia mengangkat Hajjaj sebagai tangan kanannya. Selain itu, Yazid tak
> pernah memerintahkan untuk membunuh Husein. Bawahannyalah yang melakukan

=============

fuad hashem dalam "sirah muhammad rasulullah" penerbit mizan,
1989, mengatakan --dengan mengutip ahmad amin yang mengutip
lagi dari ibnu urafah-- "kebanyakan hadis yang mengutamakan para
sahabat dan mutu sahabat rasul dipalsukan selama periode
dinasti umayah."

di masa itu (dan juga di masa sekarang), penguasa politik yang
absolut lazim memaksa para penulis sejarah untuk menulis sesuai
selera mereka. dan para penulis sedikit banyak harus memperhatikan
pesanan istana, kalau masih mau tetap menulis.

selanjutnya sebuah laporan yang diriwayatkan dalam buku sejarah
dikutip kedalam buku-buku dakwah, kemudian dikotbahkan di
mesjid-mesjid tanpa membandingkannya dengan laporan-laporan
serupa yang lain. dan tak juga diteliti dengan dasar-dasar metode
sejarah.

sebagai anggota hizbut tahrir yang beraliran wahabi, saya tak
heran bila anda mengutip ibnu taimiyyah.

muawiyah beristikharah dan hasilnya adalah yazid yang tak lain
putranya sendiri? come on.

terlepas dari kelebihannya, muawiyah adalah orang yang
memerintahkan membunuh muhammad bin abu bakar, anak
almarhum abu bakar ra. sebelum tewas, muhammad
dipermainkan dengan keji. mula-mula ia disiksa, tak diberi
minum, kemudian dimasukkan ke dalam perut keledai dan
dibakar.

musuh muawiyah yang lain dipenggal kepalanya setelah kedua
tangannya diikat ke belakang. tentaranya menyayat mayat dan
mengarak kepala-kepala mereka berkeliling kota. bahkan
membawa dari kota ke kota dan akhirnya mengirim ke muawiyah
di damaskus dengan menempuh jarak beratus-ratus kilometer.

inilah untuk pertamakali dalam sejarah islam, penguasa
mempermainkan jenazah orang yang mereka bunuh. dan mereka
adalah sesama muslim.

hajjaj? siapakah hajjaj? kalifah umar bin abdul aziz yang berhati
mulia (beliau hanya memerintah 2,5 tahun dari 92 tahun
pemerintahan bani umayah) pernah berkata: "bila ada pertandingan
kekejaman pemimpin, maka kita kaum muslimin pasti akan
jadi juara bila kita kirim hajjaj bin yusuf."

selama 20 tahun menjadi gubernur irak di masa kalifah abdul
malik bin marwan (dari dinasti umayah), hajjaj dengan darah
dingin telah membunuh 120 ribu muslim.

ia pernah menembaki ka'bah dengan katapel raksasa pada
musim haji ketika memerangi ibnu zubair.

hafizh ibnu 'asakir pernah berkata: hajjaj berkotbah di kufah
dan setelah menyebut orang-orang yang berziarah ke kubur
nabi di madinah, ia berkata: "mengapa mereka tak mengunjungi
dan bertawaf di istana amirul mukminin abdul malik? apakah
mereka tidak tahu bahwa kalifah abdul malik adalah orang yang
lebih baik dari rasul-Nya?"

semua terjadi karena kekuasaan begitu absolut. penguasa
menjadi sewenang-wenang. tak ada orang yang berani
mengkritik, apalagi beroposisi. karena tanggapan penguasa
adalah pedang.

masih mau bikin khilafah?

> [...]
> aturan Negara. Indikasi kedua bila khalifah itu telah meninggalkan
> shalat. Memang ada khalifah yang berbuat maksiat dan zalim, tapi dia
> tetap shalat tuh mas. Jadi nggak ada tuh. Dan sekali lagi aris tekankan
> mas Nugroho, aris menggambarkan sejarah kekhalifahan itu semata-mata
> untuk mencoba menggambarkan dulu itu benar-benar ada, selama 13 abad
> Islam menguasai 2/3 dunia. Khalifah adalah metode satu-satunya dan sebuah
> sistem pemerintahan Islam yang didalamnya syariat Islam diterapkan.
> Menginginkan khilafah berdiri didasari keinginan untuk berislam kaffah,
=========

ya, tak ada kalifah yang pernah diturunkan dari singgasananya
oleh rakyat. yang ada, ia dijungkalkan oleh lawan politiknya
yang punya tentara lebih banyak dan senjata lebih kuat.

dinasti umayah ditumbangkan oleh dinasti abbasiyah yang
merupakan musuh politik bebuyutannya.

kalau soal ibadah, ya kedua-duanya tetap sholat, puasa,
haji dan seterusnya.

ini memang bukan soal agama, tapi soal kekuasaan politik.

agama cuma diseret-seret untuk mengabsahkan. kalau
perlu dengan menyuruh membuat hadis-hadis palsu supaya
lebih meyakinkan.

>Sedang yang menjalankan syariat Islam itu manusia juga yang sering ada
>khilaf dan dosa. Namun aris dulu pernah menyinggung orang yang baik adalah
>orang yang mudah disadarkan, taubat, insyaf dan memperbaiki kesalahannya.
=========

di zaman dahulu ada segolongan orang yang disebut "pembohong
zuhud." mereka sembahyang, mengaji dan berdoa semalaman.
tapi mulai pagi hari mengajar dan berbohong seharian.

bila ditanyakan kepada mereka, mengapa membuat hadis
palsu terhadap rasul Allah? mereka menjawab tak membuat
hadis terhadap ('ala) rasul, melainkan untuk (li) rasul. maksudnya
mereka ingin membuat agama islam terlihat lebih bagus.

> [...]
> terbatas, ini aja ya Mas. Capek nih mas nulis terus). Inilah dia :
>   " Peletak dasar kerajaan Aceh adalah Sultan Alauddin Riayat Syah yang
> bergelar al Qahar. Dalam menghadapi bala tentara Portugis, ia menjalin
> hubungan persahabatan dengan kerajaan Usmaniyah di Turki dan
> kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Dengan bantuan Turki Usmani
> tersebut, Aceh dapat membangun angkatan perangnya dengan baik. Aceh
> ketika itu nampaknya mengakui kerajaan Turki sebagai pemegang kedaulatan
> tertinggi dan kekhalifahan dalam Islam."

cuma "NAMPAKNYA." kok kurang meyakinkan. coba cari
sumber lain yang lebih sahih.

salam,