[nasional_list] Re: [ppiindia] jilbab -- perketat Aturan Berjilbab:::: Berbagi dengan He-man

  • From: aris solikhah <fm_solihah@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 15 Feb 2005 07:20:03 -0800 (PST)

Mas He Man,
Salah satu kelemahan saya dan kebanyakan umat islam saat ini adalah penguasaan
bahasa arab.(tentu bukan yang muhadasah tapi nahwu shorof kali ya).
 Yah, anggap misalnya saja saya ingin membaca novelnya ernest hemingway
berbahasa inggris tapi saya belum begitu tahu lekak lekuknya dari sisi sastra
dan gaya bahasanya. Saya mungkin kurang bisa merasakan atau memaknai isinya.
(ini hanya contoh lho). Kebanyakan dari kita, sayangnya membaca Alquran dan
ingin mengetahui kandungannya melalui artinya dalam bahasa indonesia. dan
berusaha menyimpulkan sendiri hukumnya. Ah mas ini nggak lucu ah.
Untuk kata min saja itu bisa mempunyai dua makna min tabi'in (sebagian) dan min
bayan  . Dimana hukum keduanya akan jauh berbeda, meski artinya sama.

Lebih dari semua itu butuh kerendahan hati dan tidak mengedepankan nafsu
pribadi untuk menginterpresentasikannya.Apakah itu debatable. Padahal hukum
berpakaian (jilbab) itu qathi tsubut (jelas ketetapannya) dan qathi dilalah
(jpasti penunjukkannya) lho. Saya sendiri ingin muslimah itu memakai jilbab
karena kesadaran dirinya sebagai makhluknya Allah yang mengakui aturannya itu
tiada cela. Tapi kadang orang butuh pembiasaan. Yang dilanjutkan
penyadaran.Seperti anak SMA pake baju seragam abu putih. Kalau maunya sih saya
dulu SMA itu pengennya pake baju suka-suka saya.MAsa bodho sekolah mewajibkan
dan orang mengganggap wajib. Kenapa dipaksa pake seragam segala sih ya. Apa ini
nggak memaksa kehendak tho? Tapi siapa yang protes. Tentu, apalagi sesuatu yang
berkaitan hal-hal yang dimintai pertanggungjawaban dihadapan Allah. (Eh nggak
hanya hal-hal,tapi semuanya)

He-Man <gorgious@xxxxxxxxxxxxxxxxxx> wrote:

Yang dipersoalkan disini bukan hukum jilbab, tapi pemaksaan jilbab yang
disertai sanksi-sanksi bagi yang tidak berjilbab yang notabene tidak pernah
ada aturannya dalam hukum islam maupun nash-nash yang shahih.

Masalah anda percaya jilbab itu wajib yah itu hak anda tapi anda tidak bisa
memaksakan keyakinan anda tersebut pada semua orang.Dalam dalil yang anda
sebut itu tidak ada satupun redaksi dari ayat itu yang menyatakan wajib
padahal untuk menyatakan sesuatu itu wajib secara mutlak harus ada redaksi
yang secara tegas dan jelas dalam nash tersebut yang menyatakannya
wajib.Jadi perkara ini jelas debatable.