[nasional_list] [ppiindia] Yudhoyono Merasa Terpukul Soal Rumor Jaguar

  • From: "Ambon" <sea@xxxxxxxxxx>
  • To: <"Undisclosed-Recipient:;"@freelists.org>
  • Date: Thu, 7 Sep 2006 21:44:49 +0200

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **REFLEKSI:

http://www.gatra.com/artikel.php?id=97682

Kasus Penghinaan Presiden
Yudhoyono Merasa Terpukul Soal Rumor Jaguar

Jakarta, 7 September 2006 18:16
Juru bicara Kepresidenan, Andi Mallarangeng, saat memberi kesaksian dalam
sidang penghinaan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan terdakwa
Eggi Sudjana mengatakan, Presiden merasa terpukul dengan pernyataan Eggi soal
rumor mobil Jaguar.

"Beliau keberatan dengan pernyataan terdakwa dan sangat terpukul serta gundah
gulana. Ini terlihat dari beberapa kali pertemuan antara saya dan beliau," kata
Andi saat memberi keterangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (7/9).

Andi mengatakan, pernyataan Eggi soal rumor penerimaan mobil Jaguar dari
pengusaha Harry Tanoesoedibjo (Harry Tanoe) kepada Presiden dan beberapa orang
di lingkungan Istana, termasuk dirinya, sempat menjadi pembicaraan di
lingkungan Istana.

Namun, Andi menambahkan, rumor soal Jaguar itu tidak menjadi agenda pembicaraan
khusus dan dalam beberapa hari keadaan sudah kembali normal.

Dalam persidangan, Andi juga menuturkan dampak yang dialami dirinya soal
pernyataan Eggi bahwa ia turut menerima mobil Jaguar dari Hary Tanoe. "Ada
beberapa teman yang meski sambil bergurau berkata pada saya minta diajak
keliling kota naik mobil Jaguar. Ada lagi yang mengatakan disimpan di mana
mobil jaguarnya. Ini secara sosial cukup merepotkan dan membuat saya merasa
nelangsa," tuturnya.

Juru bicara kepresidenan Dino Patti Djalal yang juga memberi kesaksian seusai
Andi, juga menuturkan dampak pernyataan Eggi terhadap dirinya. "Keluarga saya
menangis. Istri saya menangis. Ibu saya tidak bisa tidur semalaman. Saya bukan
orang kaya, gaji saya pas-pasan. Yang saya punya hanya harga diri dan
kepercayaan keluarga kepada saya," tutur Dino.

Ia menambahkan, apa yang telah dikatakan Eggi dan kemudian dimuat oleh berbagai
media massa sangat melukai hati keluarganya.

Dino dalam persidangan mengakui bahwa dirinya kenal dengan Hary Tanoe semasa
sekolah. Namun, ia membantah pernah menerima pemberian dalam bentuk apa pun
dari pengusaha itu. "Hary Tanoe itu pemilik media, dan memang tugas saya untuk
menjaga hubungan dengan media. Namun, untuk Harry Tanoe tidak ada kekhususan
dan saya justru harus menjaga jarak dari dia untuk menghindari kesan memberi
kekhususan kepada Hary Tanoe," ujarnya.

Andi saat memberi keterangan mengatakan ia sudah mengenal Eggi sejak lama. Dan
karena itu, setelah Eggi mengeluarkan pernyataan soal rumor mobil Jaguar, ia
berharap Eggi meminta maaf kepadanya.

Sebelum Eggi datang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Andi juga mengakui
Eggi mengirimkan pesan singkat ke telepon genggamnya untuk menanyakan kebenaran
rumor Jaguar itu. "Sudah saya jawab kepada Eggi bahwa itu tidak benar. Maka
saya kaget ketika Eggi mengeluarkan pernyataan soal itu kepada media massa,"
ujarnya.

Eggi mengatakan ia sudah membuat surat permintaan maaf kepada Presiden dan
lingkungan Istana soal rumor Jaguar. Surat itu, menurut Eggi, dititipkan kepada
Ketua DPR Agung Laksono yang saat itu hendak menemui Presiden.

Namun, baik Andi maupun Dino mengaku tidak pernah mengetahui atau melihat surat
itu.

Eggi didakwa melakukan penghinaan terhadap Presiden terkait pernyataannya di
depan wartawan bahwa Presiden dan beberapa pejabat menerima mobil mewah dari
seorang pengusaha.

Menurut dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), pada 3 Januari 2006 di lobi Gedung
KPK, Jalan Veteran, Jakarta, Eggi di depan wartawan media cetak dan elektronik
memberikan pernyataan kepada wartawan bahwa ia ingin mengklarifikasi kepada
Ketua KPK atau jajaran KPK tentang adanya pengusaha yang memberikan mobil yang
mungkin bermerk Jaguar kepada Kementerian Sekretaris Kabinet (sekab) dan
Jurubicara Presiden, juga kepada Presiden yang kemudian dipakai oleh anaknya.

Majelis hakim yang diketuai Andriani Nurdin menunda persidangan hingga Kamis,
14 September 2006 dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan
oleh JPU.

Kamis depan (14/9), JPU kemungkinan akan menghadirkan Menteri Sekretaris
Kabinet Sudi Silalahi. [EL, Ant]