[nasional_list] Re: [ppiindia] Re: [perempuan] *the "great!!" Amina Wadud (2)*

  • From: abu abdurrahman <scientist_moslem@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Sun, 3 Apr 2005 19:53:19 -0700 (PDT)

ok mbak lina, bererti kita sudah berada hampir dekat pada kesepakatan. yang
tentunya kita (kalo gw ga salah menafsirkan tulisan mbak lina yah) memang sama2
membutuhkan teks dan konteks itu (kadang2 mikir juga sih knapa harus dibagi2
teks dan konteks). teks melalui alquran dan penjelasan (tekstual) melalui
hadist (yang cenderung teks juga) kemudian dijelaskan oleh rasul melalui
shahabat (knapa harus shahabat??? karena mereka yang mengerti maksud rasul
mengatakan ini dan itu seperti apa). jadi kesimpulannya, ntar gw cari dolo
dalil2 yang kata mbak lina cuma satu doang itu. perasaan gw pernah baca
pembahasan ini panjang deh. banyak dalilnya gitu.

trus begini. bukan berarti ketika rasul mengatakan sesuatu (yang kemudian di
jadikan hadist) itu langsung menjadikan kita menganggap bahwa itu hanya sesuai
dengan waktu dan tempat beliau aja. karena apa, banyak dalil2 yang beliau
kemukakan tidak berbicara dalam ruang arab waktu itu saja melainkan banyak yang
umum2/global. bahkan ada hadist yang sifatnya mengingatkan kita pada sesuatu
hal, yang memberitahukan akan terjadi sesuatu di masa depan (setelah masa2
rasul), berarti bukan sesuai dengan waktu saja. kayaknya segini dolo. mau
kuliah nih.

Lina Dahlan <linadahlan@xxxxxxxxx> wrote:

Mas Abu,
Soal tekstual dan kontekstual, saya pendukung keduanya. Saya ini
tipe orang yang gak mau di-dikotomiin dalam mempelajari
ilmu:Tekstual-Kontekstual, Isfun-Islib, etc..etc...Semua ada
proporsinya.

Soal hadist sebagai penjelasan AlQur'an itu memang dibutuhkan,
terutama dalam hal2 muamalah.

Tapi kembali ke soal wanita menjadi pemimpin dalam negara dan dalam
sholat, kewajiban dan keharamannya, gak dijelaskan dalam AlQur'an
sebagaimana diwajibkannya sholat, kan?

Lalu kita mencari dalam hadist, dalam hadist hanya ditemukan satu
hadist saja (tidak ada hadist2 pendukung lainnya). Terus terang
sayapun belum tau kedudukan hadist yang satu-satunya ini.

Nah kalau hadist tsb ternyata lemah, buat apa diikuti? Sudah lemah,
tak ada hadist pendukung, tak disinggung pula di AlQur'an?....

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, abu abdurrahman
<scientist_moslem@xxxx> wrote:
> gini mas/mbak. pendapat para shahabat itu, terutama yang khalifah
memang bisa dijadikan rujukan, selama tidak bertentangan dengan al-
quran dan sunnah. kalo bener2 quran doang ama hadist doang ntar
bakalan tekstual dung. padahal hadist menjelaskan quran (kebanyakan
yah) quran itu lebih membutuhkan hadist dibanding hadist membutuhkan
quran. gmn gak,  di quran cuman dikasih tau kewajiban shalat, tapi
caranya ga ada. makanya lewat hadist itu kita tau tata cara shalat.
lha......trus gmn tata cara shalat yang bener??? kan shalatlah
seperti aku shalat (rasul bilang gitu). lah beliau ngomong gitu kan
langsung ke sahabat, jadi sahabat yang tau gmn shalat yang bener.
itu kaitannya quran, sunnah (shahih) ama shahabat.

> kalo quran doang?? wahhhhhh bakalan banyak hal yang terjadi, yang
dikarenakan penjelasan mengenai sesuatu blom jelas. yang ngasih
fatwa berarti ga tau (misalkan kasih fatwa hadist haram) kalo quran
itu di jelaskan melalui hadist. kan masih "ngawang tuh bahasa2
alquran -sebagian yah- jadi aplikasinya ya.........melalui hadist.
kan hadist adalah perbuatan, ucapan, persetujuan terhadap sahabat
(yang dilakukan rasul).

******
> Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju
Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-
india.org

******

_____
> Mohon Perhatian:
>
> 1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg
otokritik)
> 2. Pesan yg akan direply harap dihapus, kecuali yg akan
dikomentari.

>    Your use of Yahoo! Groups is subject to the Yahoo! Terms of
Service.

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM