[nasional_list] [ppiindia] Re: mengapa khilafah runtuh? (buat mbak aris)

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 03 Feb 2006 05:46:04 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Tadinya saya hanya ingin tahu latar
belakang kehidupan Kemal Pasha
Atatturk ini (yang dipuja dan dihujat). Makanya saya coba-coba
googling, eh malah dapet yang ini:

quote:
Seperti yang telah anda uraikan dalam karya-karya anda, maka saya
percaya bahwa Islam adalah jalan hidup yang unggul dan merupakan
satu-satunya jalan menuju kebenaran. Tragisnya, ternyata banyak
orang Islam yang tidak setuju. Berkali-kali saya bertemu dengan
mahasiswa-mahasiswa Islam yang belajar pada universitas-universitas
di New York yang berusaha meyakinkan saya bahwa Kemal Ataturk adalah
orang Islam yang baik dan bahwa Islam harus menerima kriteria
filsafat kontemporer, sehingga bila ada akidah Islam dan
peribadatannya yang menyimpang dari kebudayaan Barat modern, maka
hal itu harus dicampakkan. Pemikiran demikian dipuji
sebagai "liberal", "berpandangan ke depan" dan "progresif". Sedang
orang-orang yang berpikiran seperti kita dicap sebagai "reaksioner
dan fanatik", yakni orang-orang yang menolak untuk menghadapi
kenyataan masa kini. Suatu hal di dalam buku kecil anda Nasionalisme
dan India yang perlu mendapatkan perhatian khusus ialah sikap
oposisi anda terhadap orang Islam yang memakai pakaian Barat. Banyak
orang memandang masalah ini sebagai sesuatu yang remeh, tetapi saya
memandangnya sebagai hal yang paling penting. Tidakkah Nabi Besar
Muhammad saw telah bersabda: "Barangsiapa yang meniru orang kafir,
maka ia termasuk salah seorang dari mereka!" Saya pikir, orang
muslim harus merasa bangga memperlihatkan kenyataan berupa kekhasan
penampilan fisiknya. Demikianlah, maka bila saya lihat pemimpin
Islam yang sama sekali berpakaian model barat dan bercukur licin,
tak bisa tidak saya anggap imannya bercacat, karena lewat
pakaiannya, dia permaklumkan kepada dunia bahwa ia malu akan
identitasnya yang sebenarnya. Pernahkah anda baca Islam di Simpang
Jalan karya Muhammad Asad yang membicarakan hal ini secara panjang
lebar?
unquote:

<Correspondence between Maulana Maudoodi and Maryam Jameelah; M.
Yusuf Khan, Lahore 1978>.

nb: Nama asli Maryam Jameelah adalah Margareth Marcus
[jadi surat menyurat antara MM dan MM...yg bukan Marylin Monroe:-)]
tapi bisa di lihat disini isi surat selengkapnya:
http://media.isnet.org/islam/Jamilah/NY31Jan1961.html

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, aris solikhah <fm_solihah@...>