[nasional_list] Re: [ppiindia] Re: (gak pake judul..)

  • From: adika ranggala <si_abin@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 17 Feb 2005 05:20:49 -0800 (PST)

--- irwank2k2 <irwank@xxxxxxxxxxxxxx> wrote:
> Ok deh.. (kali ini) saya terima pendapat anda..
> sorry telanjur (cepet) nulis anti islam..
> But I think you should get the point.. not only literally written..

Kalau saya sich kalau berani tulis ya berani mempertanggungjawabkannya.
Kalau saya gak setuju ya saya akan bilang gak setuju.
Kalau saya setuju ya saya akan bilang setuju.
Kalau saya gak setuju dengan sebuah posting, maka saya tidak akan
ikut-ikutan menyebarkan artikel tersebut walau artikel tersebut akan
menguntungkan diri saya atau ideologi saya.

Apakah saya anti islam?
Kalau dipikir-pikir, apa untungnya saya anti islam? Saya hanya anti orang
yang menggunakan agama untuk tujuan yang gak benar.
Saya setuju robin hood melakukan kebaikan dengan membantu orang miskin,
yang saya gak setuju robin hood mendapatkannya dari cara mencuri.
Mencuri adalah mencuri apapun alasannya (review kasus Farid Faqih).

> Emang sulit ya untuk demokratis.. meskipun itu tidak mustahil..
> Deterministis.. saling mempengaruhi satu sama lain..
> (kebanyakan) mengikuti hukum alam/causalitas atau sunnatullah
> dalam term Islam..

Ya sulit menjadi demokratis, dan seperti sebuah penelitian, lebih sulit
lagi menjadi protoleransi.
Pro demokrasi atau pro toleransi bukan berarti kita manut saja atas
sesuatu yang kita tidak setuju, karenanya berusaha saling mempengaruhi
adalah sesuatu yang baik, sema juga dengan diskusi dalam milis ini.
Dalam diskusi, kita kadang bisa menjadi tahu atas sesuatu yang kita tidak
tahu dan menjadi mengerti sesuatu yang selama ini kita salah mengerti.
Bahkan, kita kadang bisa menjadi sadar apa yang kita pegang selama ini
bisa salah, dan kita jadi berkesempatan merubahnya.
Misalkan saya menganggap agama X jahat, agama Y jahat, tapi itu kan semua
semata ada dalam anggapan saya, dan dalam diskusi kita bisa melihat sisi
lain atau melihat sesuatu lebih dalam.

=====
Berani hidup tidak takut mati,
Takut mati jangan hidup,
Takut hidup mati saja.

Yahoo! Mail - now with 250MB free storage. Learn more.
http://info.mail.yahoo.com/mail_250

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM