[nasional_list] [ppiindia] Re: Peace in Harmony beragama

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 25 Jul 2006 11:01:14 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Banyak sekali. Tafsirkan sendiri saja
ya...:-). Beberapa diantaranya
spt dibawah ini. Lebih jelas lagi kalau bisa ditampilkan bahasa
arabnya, karena akan terlihat jelas antara Islam (agama) dan
Muslimun (org Islam). Lebih jelas pada QS3: 85. Ada lagi ayat (saya
belum sempat kutipkan) ketika Allah bersabda,"telah kusempurnakan
Islam sebagai agamamu..." disaat nabi hendak meninggal dunia (di
peristiwa haji wada'). Itu artinya Allah sendiri yang memberi nama
Islam sebagai agama karena AlQur'an diyakini sebagai sabda Allah
yang dijadikan petunjuk umat. Sedang Bible, campuran sabda Allah dan
perkataan serta kisah hidup Yesus, etc. dan Allah tidak pernah
berkata soal 'Kristen sbg agama'. Jadi, hanya manusia kemudian saja
yang memberi nama tsb.

Enjoy it. I wana go home.

wassalam,
Lina

NB: Mungkin bisa kita ganti kata Islam dengan "berserah diri" atau
Muslim "dengan orang yang berserah diri" pada bbrp konteks.???
karena begitu arti dalam kamus bahasa arabnya.

*****************************

QS 3:20. Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran
Islam), maka katakanlah: "Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan
(demikian pula) orang-orang yang mengikutiku." Dan katakanlah kepada
orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang
ummi[190]: "Apakah kamu (mau) masuk Islam." Jika mereka masuk Islam,
sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka
berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat
Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

QS3: 85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-
kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di
akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

QS12:101. Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan
kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku
sebahagian ta'bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi.
Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam
keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.

QS9: 74. Mereka (orang-orang munafik itu) bersumpah dengan (nama)
Allah, bahwa mereka tidak mengatakan (sesuatu yang menyakitimu).
Sesungguhnya mereka telah mengucapkan perkataan kekafiran, dan telah
menjadi kafir sesudah Islam dan mengingini apa yang mereka tidak
dapat mencapainya[650], dan mereka tidak mencela (Allah dan Rasul-
Nya), kecuali karena Allah dan Rasul-Nya telah melimpahkan karunia-
Nya kepada mereka. Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik
bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab
mereka dengan azab yang pedih di dunia dan akhirat; dan mereka
sekali-kali tidaklah mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong
di muka bumi.

QS6: 125. Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan
kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk
agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya
[503], niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-
olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa
kepada orang-orang yang tidak beriman.

QS3: 102. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah
sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati
melainkan dalam keadaan beragama Islam.

QS3: 80. dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan
malaikat dan para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruhmu
berbuat kekafiran di waktu kamu sudah (menganut agama) Islam?."
*********

Dari nama saja sudah jelas, bukan?

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@...> wrote:

> tambahan pertanyaan,mbak Lina: bagaimanakah definisi yang
authentis
> dari kata Islam (bukan tafsir tafsiran) dalam Al Qur'an?
>
> Thanks ya
>
> salam
>
> danardono

Al