[nasional_list] [ppiindia] Re: Menhut: Banjir Jawa Dipastikan karena Kerusakan Hutan

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 01 Feb 2006 03:13:05 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Kesan saya sih Menhut ini gak mau
disalahkan. Mungkin memang bukan
salahnya MS Kaban beserta jajaran Dephut sekarang. Salahnya masa
lalu deh...kenapa bisa di tebang seenak-e dewe.

Ya..ya..ya...masa Presiden or kita..mo nyalahin Departemen Kesehatan
karena ada kerusakan hutan ini?...:-(

Memang yang penting sekarang ini gimana rekonstruksi ulang
penggunaan lahan, rehabilitas lahan, reforestrasi dan reboisasi
hutan. Itu perlu duit dan keberanian. Kalau di Dephut sendiri masih
banyak korupsi, gimana duit bisa ngumpul?.

Mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, tapi kok gak dilakukan.
Gitu lho! he..he..repot kali ya terkait banyak hal...
Coba deh minimize korupsi di Dephut dulu..kalo gak bisa..coba deh MS
Kabannya juga jangan korupsi dulu. Saya betul2 gak tau dan gak kenal
MS Kaban lho! moga2 beliau emang gak korup...
Saya cuma yakin bhw di Dephut itu masih banyak maling.

wassalam,

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Ambon" <sea@xxxx> wrote:

> REFLEKSI: Bagaimana kalau Menhut bilang bahwa banjir adalah takdir
dari Atas?

> HARIAN ANALISA
> Edisi Rabu, 1 Februari 2006
>
> Menhut: Banjir Jawa Dipastikan karena Kerusakan Hutan
>
> Padang, (Analisa)
>
> Menteri Kehutanan MS Kaban memastikan bencana banjir yang melanda
sejumlah daerah di Pulau Jawa saat ini dipastikan karena kerusakan
hutan sehingga tidak mampu lagi menangkap dan menyimpan air saat
curah hujan sangat tinggi.

> "Sudah pasti penyebab banjir di Jawa karena kerusakan hutan yang
diperkuat penelitian dan keilmuan," ujar Kaban di Padang, Selasa.

> Ia menyebutkan, tutupan hutan di Pulau Jawa saat ini tinggal 28
persen dan kerusakan ini telah terjadi sejak 30 tahun
lalu. "Bagaimana mungkin, kondisi hutan Jawa seperti saat ini bisa
menangkap curah hujan yang begitu tinggi," katanya.

> Menurutnya, kerusakan hutan di Jawa karena faktor jumlah penduduk
sehingga dilakukan pembukaan lahan dalam waktu cukup panjang 30
hingga 50 tahun sebelumnya.

> Untuk perbaiki kondisi hutan Jawa harus dilakukan rekonstruksi
ulang penggunaan lahan di pulau ini, tambahnya.

> Ditanya tanggung jawab Departemen Kehutanan RI terkait kerusakan
hutan dan bencana banjir di Jawa, Kaban mengatakan, "Lho..lho...,
kenapa Dephut yang disalahkan, orang kehutanan menjadi korban kok".

> Lebih lanjut, tambahnya, kondisi kerusakan hutan di Jawa adalah
bagian dari hancurnya hutan Indonesia yang sudah mencapai 59,3 juta
hektare dengan laju penyusutan 2,8 juta hektare per tahun. Akibat
kerusakan ini, negara dirugikan mencapai Rp41 triliun per tahun.

> Kerusakan hutan tersebut disebabkan perambahan, pencurian dan
perubahan status kawasan yang ada, sedangkan langkah kongkrit
memperbaikinya adalah rehabilitas lahan, reforestrasi dan reboisasi
hutan.

> "Hal penting lainnya untuk memperbaiki hutan adalah, keinginan
bersama melakukan rekonstruksi ulang penataan tata ruang di setiap
daerah," ujar MS Kaban. (Ant)