[nasional_list] [ppiindia] Re: Ketua MPR di Washington DC

  • From: "irwank2k2" <irwank@xxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 04 Feb 2005 15:17:58 -0000

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Ikranagara" <ikra@xxxx> wrote:

> [...]
> siang Rabu 2 Februari waktu setempat yang menghadirkan Ketua MPR
> Hidayat Nur Wahid sebagai keynote speaker itu.
>
> Dalam uraiannya Bung Nur Wahid memaparkan tentang pencapaian yang
> telah dilakukan oleh legislatif kita (MPR) sejak bergulirnya
> Reformasi setelah lengsernya Suharto, yang intinya adalah
> keberhasilan MPR melakukan amandemen atas UUD 45, secara detil
> dan fasih. Juga menekankan bahwa di negara kita dengan mayoritas
> mutlak Ummat Islam telah membuktikan bahwa demokrasi dan
> Islam tidak bertentangan, bahkan berjalan dengan harmonis

Jadi singkatnya, ada yang bisa kasih gambaran/tambahan,
kira" apa saja (bakal) produk MPR periode sekarang ya? :)

Kalau periode yang lalu (minimal) berhasil mengamandemen UUD 45
serta 'mendorong' pelaksanaan pemilu pemilihan presiden langsung
(1 human 1 vote - bukan 1 man 1 vote.. ntar Mbak Listy bisa 'unhappy'
lagi.. Hallo Mbak :D).. bahkan amrik sendiri belum sampai pada
tahap itu..

> Malah dengan pasrah dia menyatakan, waktu lima tahun itu tidak akan
> cukup. Rincian dari masalah sosialisasi ini, termasuk dampaknya dan
> juga penghalangnya di lapangan, tidak sempat diuraikannya.

Kalau bicara waktunya cukup/gak cukup.. jarang yang mau bilang ini
waktunya cukup.. Apalagi kalau udah ditanya apa targetnya dan
berapa lama.. akan lebih banyak jawaban a.s.a.p.. Hehehe..

> [...]
> ini terhadap langkah prolog (100 hari) yang dilakukan oleh
> pemerintah baru di bawah presiden SBY, apakah ada harapan langkah
> berikutnya akan berbuah sebagai mana yang menjadi tuntutan rakyat
> yang menderita berkepanjangan akibat krisis multidimentsi sekarang
> ini. Misalnya, bagaimana nasib sila "Keadilan Sosial" kita itu,
> yang jelas-jelas menjadi jiwa dalam UUD kita yang membahas masalah
> ekonomi? Saya mengharapkan hal ini diungkapkannya sebagai anggota
> legislatif yang bertugas mengontrol ekskutif. Dan, masyarakat luas

Ada yang bahas kenaikan harga BBM gak bos?
Harga BBM dunia yang besar kan (yang jadi alasan besarnya
subsidi BBM - itu juga kalau benar dan disampaikan dengan jujur)
karena rate dollar atas dollar yang gak bisa turun..
katanya (dulu) diterima pasar.. pasar mana? :-p

> Ada yang bertanya dari kalangan audiens tentang UU yang mengatur
> masalah impeachment, ketika dia mengutarakan adanya perbedaan
> antara yang berlaku pada masa Gus Dur dan masa sekarang.
> HNW membuka jawabannya dengan nada guyon: "Anda tidak bermaksud
> memprovok saya untuk mengimpeach SBY, kan" Dan tentu saja audiens
> menyambutnya dengan grrrr. Selanjutnya HNW menjawabanya dengan
> jelas masalah prosedurnya, dan tidak lagi mengaitkannya dengan SBY.
> Jawabannya hanya sebatas yang bersifat normatif saja.

Ngeles emang langkah paling aman.. :-)
Memberikan jawaban yang jelas dan terukur memang tidak mudah..
Mau bukti? Lihat saja jawaban para capres dalam debat capres
tempo hari.. Pada nyimak kan? Nyaris tidak ada yang mampu memberikan
acuan program kerja-nya (bila menjadi Presiden kelak) yang jelas
dan terukur.. Kecuali.. hanya mereka dengan hati nurani yang tulus
dan berdasarkan etika-lah yang akan mampu melihatnya..

> Yang tidak diutarakannya juga adalah program MPR pada periodenya
> sekarang ini, apa saja targetnya dalam jangka pendek dan target
> jangka panjangnya.

Ada yang punya link/artikel rencana/program kerja MPR periode
sekarang?

> Jadi, memang benyak sebenarnya yang bisa ditanyakan, tetapi waktu
> terlalu singkat yang tersedia kemarin siang setelah makan siang
> dalam acara yang diselenggarakan oleh USINDO itu.

Biasanya yang disampaikan di forum adalah.. jangan lihat besaran
waktunya.. tapi lihatlah 'good will'-nya.. oh really? :)

> [...]
> daerah yang diberlakukan sekarang ini. Paparan data dan analisisnya
> lumayan bagus. Tapi tidak cukup mendalam, karena tidak melakukan
> penalaran genealogi lewat budaya politik di masing-masng lembaga
> yang menggodog para pemimpin yang dimunculkan itu. Tiap-tiap partai
> politik atau organisasi massa yang menjadi sumber lahirnya pemimpin
> di daerah (juga di Pusat) itu punya budaya politik yang berbeda-
> beda, dan hal ini sangat menentukan siapa yang bisa muncul dan
> siapa yang tidak bisa muncul sebagai pemimpin di Daerah maupun

Bang Ikra, apakah penentuan pemunculan (dan kesempatan untuk
berhasil) para tokoh politik nasional kita sudah benar" dalam
kerangka kompetisi yang sehat? Atau masih ada pola 'restu'
dari 'invisible hands'.. Pokoknya asal jangan si itu..
yang itu tuh.. :-p

*jadiingatceritasoalcaknurdipanggilkeistananegaratempohariitu*

CMIIW..

> Ikra.-

Wassalam,

Irwan.K