[nasional_list] [ppiindia] Pertemuan [6]

  • From: "huttaqi" <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: <atas_nama_seni@xxxxxxxxxxxxxxx>, <gedongpuisi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <lepakbersamamawar@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastra-melayu@xxxxxxxxxxxxxxx>, "huttaqi" <huttaqi@xxxxxxxxxxxx>, "Mi'roj of Mind" <Miroj@xxxxxxxxxxx>, <thoriqoh@xxxxxxxxxxxxxxx>, "thoriqoh" <thoriqoh@xxxxxxxxxxxx>, <yisc_al-azhar@xxxxxxxxxxxxxxx>, <CyberDakwah@xxxxxxxxxxxxxxx>, <keluarga-islami@xxxxxxxxxxxxxxx>, <mencintai-islam@xxxxxxxxxxxxxxx>, <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastrasufi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <komunitas-ilalang@xxxxxxxxxxxxxxx>, <sastra-pembebasan@xxxxxxxxxxxxxxx>, <pengarang@xxxxxxxxxxxxxxx>, <penyair@xxxxxxxxxxxxxxx>, <iman-yakin@xxxxxxxxxxxxxxx>, <politikmahasiswa@xxxxxxxxxxxxxxx>, <fundamentalis@xxxxxxxxxxxxxxx>, <salafi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <wanita-muslimah@xxxxxxxxxxxxxxx>, <hikmah-islam@xxxxxxxxxxxxxxx>, <islahnet@xxxxxxxxxxxxxxx>, <ummat@xxxxxxxxxxxxxxx>, <tasawuf@xxxxxxxxx>, <masyarakat-muslim@xxxxxxxxxxxxxxx>, <PANatik@xxxxxxxxxxxxxxx>, <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxx>, <huttaqi@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Tue, 22 Feb 2005 08:33:10 +0700

Pertemuan [6]

Belajar agama Umum [6]

Berpikir serius,

mengantarkanku pada beberapa pertanyaan.

Kalau memang aku jadi terus dengan dia,

bagaimanakah tentang masalah keyakinan masing-masing ??

Kalau memang aku jadi dengan dia,

bagaimanakah tentang anak-anakku nantinya ??

Apakah akan mengikuti ibunya ??

Ataukah akan mengikuti ayahnya ??

Bagi aku dan dia,

tak ada masalah untuk berjalan bersama,

dengan memunculkan persamaan,

dan meniadakan perbedaan.

Tetapi bagaimanakah tentang anak ??

Siapa orang tua yang tidak kepingin memiliki buah hati ??

Tetapi aku tidak rela bila anakku berseberangan denganku ??

Diapun berkata,"bukankah aku juga memerlukan teman ??"

Mungkin, seandainya jadi ................

maka hari-hariku akan dipenuhi dengan pendaman-pendaman problema agama

Mungkin, seandainya jadi...........

maka aku akan menjadi orang yang sensitif terhadap masalah agama,

di dapur bertemu, di ruang tamu bertemu, dimana-mana bertemu,

dengan orang yang berbeda agama...........

Pertemanan masih bisa ditoleransi...

Persahabatan masih bisa saling menghormati...

Persaudaraan masih dapat saling memuliakan...

tetapi........

hidup bersama seperti menyimpan api di dalam sekam.

menyimpan bara di balik dinding-dinding diam.

menyimpan pedang api di dalam gudang kulkas yang terpendam.

he..he..he.....

Beberapa perilaku yang menyertaiku kuperhatikan.

wah..wah.....

seandainya aku wanita yang tidak berjilbab,

aku akan memakai jilbab untuk menegaskan bahwa aku Islam.

aku butuh hal dan penampakan bagi pasanganku,

bahwa aku adalah beragama Islam.

Ini kulihat sangat tampak sebagai perubahanku seandainya aku jadi berpasangan
dengan orang yang beragama lain.

Tetapi akan menjadi hal yang sulit wahai saudaraku,

seandainya bener-bener jadi terus,

dan seandainya aku memakai ajaran Katolik,

maka tidak ada kata cerai di dalam ajaran Katolik.

"Cerai" merupakan pantangan bagi agama Katolik.

Maka bayangkan saja,

bagaimanakah bentuk kehidupan seperti itu.

Ingin punya anak,

tapi bagaimana agamanya nanti ??.

ingin merubah isteri supaya beragama sama,

tidaklah mungkin,

malahan proteksi keyakinan akan semakin menguat.

sudah terlanjur kawin misalnya....

problema banyak, cerai tidaklah mungkin...

wah..wah..wah....sungguh kasihan nasibku nanti,

dan juga sungguh kasihan nasibnya dia nanti,

kalau begini adanya.

yang ada adalah pendaman problem...

kumpulan problem...

yang satu waktu akan meledak tak keruan......

meski mungkin segala cara akan kutempuh agar dia berubah.

tapi problem yang belum muncul sudah jelas kelihatan.

Dihati kecil masing-masing,

tentulah ingin agar pasangannya berubah.

Yang Islam mengharap pasangan Kristennya berubah agama.

Yang Kristen berharap pasangannya yang Islam berubah agama.

Nasib..............nasib.................

tahunan akan kujalani seperti itu...

dorongan apakah yang selama ini menuntunku ???

Dorongan hawa nafsu manusia yang dibungkus dengan semangat dakwah
ataukah................???

tiba-tiba aku tersentak....

semua itu tidak terjadi padaku.

semua itu tidak terjadi padaku.

semua itu tidak terjadi padaku.

kuucapkan Syukur pada Tuhan.

moga-moga tidak terjadi pula pada kehidupan orang lain.

semoga.........

lebih baik saling toleransi sebagai teman sesama umat beragama,

lebih baik saling menghormati sebagai sahabat sesama umat beragama,

lebih baik saling memuliakan sebagai saudara sesama umat beragama.

bersambung

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM