[nasional_list] [ppiindia] Peluncuran "Perjalanan Hidup Saya" di Jakarta

  • From: "Umar Said" <kontak@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: "PPI INdia" <ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Proletar" <proletar@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Satu perlawanan" <satu-perlawanan@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Serikat Kaum Terkutuk" <Serikat-Kaum-Terkutuk@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Sidang Rakyat" <sidang_rakyat@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Temu Raya TANAPOL" <temu-raya-tanapol-2002@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Underground Network" <underground_network@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Wahana News" <wahana-news@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Wargakota" <wargakota@xxxxxxxxxxxxxxx>, "Wartawan Indonesia" <wartawanindonesia@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 9 Feb 2005 07:40:16 +0100

                    PELUNCURAN BUKU « PERJALANAN

                    HIDUP SAYA » DI  JAKARTA

Pada tanggal 1 Februari 2005 yl di Teater Utan Kayu (Jakarta) telah
dilangsungkan peluncuran dan bedah buku « Perjalanan Hidup Saya »
(otobiografi A. Umar Said).

Peluncuran buku ini, yang telah diselenggarakan oleh Institut Studi Arus
Informasi (ISAI), bisa dianggap sebagai salah satu di antara peristiwa yang
termasuk « unik » kalau dilihat dari berbagai segi.

Di tengah-tengah hadirin yang memadati Teater Utan Kayu ini terdapat antara
lain wartawan senior Rosihan Anwar dan Joesoef Isak (penulis kata pengantar
buku dan epilognya), dan banyak tokoh-tokoh masyarakat dari berbagai
kalangan atau organisasi, termasuk para ex-tapol yang tergabung dalam
Pakorba, LPKP, YPKP, LPR-KROB dll. Yang menarik perhatian banyak orang ialah
bahwa Ketua Umum PWI-Pusat, Tarman Azzam, bersama seorang teman sejawatnya,
juga menghadiri peristiwa ini.

Kehadirannya di peluncuran buku ini adalah atas undangan A. Umar Said,  yang
mulai tahun 1963 menjabat sebagai Bendahara PWI-Pusat  sampai terjadinya
G-30S. Persetujuan Tarman  Azzam untuk hadir dalam peristiwa ini merupakan
« surprise » mengingat PWI-Pusat selama 32 tahun Orde Baru bersikap sangat
negatif terhadap para anggotanya yang dituduh atau dianggap sebagai
pendukung politik Bung Karno atau pro-PKI. Seperti banyak
organisasi-organisasi lainnya di masa Orde Baru PWI juga telah, dalam jangka
lama sekali, merupakan pendukung utama rezim militer Suharto. Jadi, ikut
sertanya Ketua Umum PWI-Pusat dalam peluncuran « Perjalanan Hidup Saya »
karya A. Umar Said ini bisa dikatakan merupakan hal baru.

Dalam peluncuran buku yang dimoderatori Stanley dan dibantu Tejobayu (dari
ISAI) ini telah berbicara panjang lebar Joesoef Isak, Dr Asvi Warman Adam
(sejarawan dari LIPI), Hasudungan Sirait  (deklarator AJI), di samping
sejumlah orang yang mengadakan sambutan-sambutan (antara lain : mantan
jenderal Suharyo, mantan perwira AURI Heru Atmodjo, Cahya Sentosa, wartawan
Kompas Bambang Wisudo, Amarzan Lubis).

Pada kesempatan ini A. Umar Said telah menyerahkan secara simbolik buku-buku
kepada wartawan senior Rosihan Anwar, Ketua PWI-Pusat, Hasudungan Sirait,
wakil AJI, wartawan pelopor RRI (jaman revolusi) Jusuf Ronodipuro, dan
seorang wartawan dari Malaysia.

(Keterangan : Buku « Perjalanan Hidup Saya » ini sekarang bisa didapat di
berbagai toko buku Gramedia. Untuk informasi tambahan bisa berhubungan
dengan penerbitnya Pancur Siwah/Suara Bebas, yang beralamat di jalan Gelong
Baru Utara II D/11 Tomang, Jakarta 11440. Telepon 021 7090 9223 atau 0812
9659 511. E-mail : psbebas@xxxxxxxxx )

--

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM