[nasional_list] [ppiindia] Korban

  • From: Eko Bambang Subiyantoro <eko@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: staff@xxxxxxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 24 Feb 2005 16:40:40 +0700

http://www.jurnalperempuan.com/yjp.jpo/?act=artikel%7C-30%7CX
Kamis, 24 Februari 2005
Korban

Oleh Maria Hartiningsih

Siapakah korban?
Pengalaman dan perjumpaan dengan keluarga korban membawa saya terus menerus
diganggu pertanyaan itu: siapakah korban?

Sebagai jurnalis yang selama beberapa tahun terakhir ini memberikan perhatian
yang cukup intensif pada persoalan keadilan dan pelanggaran HAM, saya
memberikan keyakinan pada diri saya bahwa korban adalah mereka yang meninggal
atau hilang, tanpa penjelasan. Korban ? langsung dari suatu peristiwa politik
-- selalu berada di masa lalu, namun seluruh dampak yang mengikutinya berada di
lintas waktu. Ia terus membayangi agar kita sadar bahwa kebenaran dari suatu
peristiwa yang menyebabkan mereka menjadi korban didominasi oleh suatu
kepentingan tertentu oleh mereka yang berada di pusat-pusat kekuasaan.

Berbagai pemahaman menyangkut korban dalam kaitannya antara masa lalu, masa
kini dan masa depan, banyak saya dapatkan dari perbincangan saya dengan
almarhum Munir. Dia lah yang mengantarkan saya untuk mendalami masalah korban
tidak hanya dari sisi hukum ? walau pun ia seorang ahli hukum ? tetapi lebih
luas dari itu karena keadilan, dalam banyak hal, memiliki definisi yang
beragam. Tentu keadilan secara hukum sangat penting, tetapi itu saja tidak
cukup.

Ironisnya, Munir adalah satu dari korban itu. Satu dari banyak hal berharga
yang ia tinggalkan adalah semangat untuk mengungkapkan kebenaran dan menggapai
keadilan dari perspektif korban.

Munir tahu, perjuangan itu akan sangat panjang dan hasilnya tak akan dirasakan
saat ini. Mungkin jauh 50 tahun ke depan. Kata Munir, seperti yang saya kutip
dari Bu Sumarsih ? peraih Yap Thiam Hien Award tahun 2004, Ibunda dari wawan,
korban tragedi Semanggi I ? perjuangan menggapai keadilan di tanah air tercinta
ini ibarat mengejar gumpalan awan yang terus bergerak.

Kita semua adalah pewaris-pewarisnya, dan kita masing-masing membawa tugas
untuk menggedor-gedor kesadaran mereka yang masih terlelap di balik kesenyapan
ingatan akan pengalaman mereka bersama anak-anak, dan anggota keluarga yang
telah meninggal tanpa penjelasan.

(Maaf Artikel ini cukup panjang, untuk bisa membacanya lebih lengkap,
silahkan klik di:
http://www.jurnalperempuan.com/yjp.jpo/?act=artikel%7C-30%7CX)

Salam,
Eko Bambang S