[nasional_list] [ppiindia] Fw: [PasarBuku] sajak yambe: Da Vinci Code

  • From: "Ari Condro" <masarcon@xxxxxxx>
  • To: <WAnita-muslimah@xxxxxxxxxxxxxxx>
  • Date: Wed, 23 Feb 2005 08:52:43 +0700

From: "muna_panggabean" <muna_panggabean@xxxxxxxxx>
saya sungguh berbahagia memiliki 50an sahabat baru yang menjapri saya
sehubungan dengan berbagai tulisan di millis @pasarbuku tentang da
vinci code. mereka mengaku dari berbagai agama, bahkan, kalau tak tak
salah, 5 dari antaranya adalah penganut agama budha. saya akan
mencoba menjawab semua. namun, jika ada satu topik yang menjadi
pertanyaan dari banyak orang, ijinkan saya menjawabnya lewat millis
@pasarbuku.

ada banyak email yang masuk pada saya mempertanyakan sajak bersuku
lima yang digunakan sauniere untuk menyampaikan pesan rahasianya. apa
sesungguhnya yang dimaksud sajak bersuku lima, sementara jumlah suku
kata per barisnya rata-rata hampir mencapai 10 suku-kata? demikian,
kira-kira bunyi pertanyaan serupa yang mampir ke kotak surat saya.

terjemahan yang digunakan dalam edisi bahasa indonesia the da vinci
code memang lumayan menyesatkan. hampir semua penanya menyimpulkan
=bersuku lima= sebagai baris yang memiliki 5 suku kata. harusnya
istilah yang digunakan adalah bersuku-tekan lima. mengapa? karena
yang dimaksud dengan sajak yambe adalah di setiap barisnya hanya
terdapat 5 tekanan pengucapan, atau disebut juga sebagai aksen. maka,
dua sajak yambe dalam da vinci code harus dibaca dengan intonasi
berikut ini (yang mendapat aksen/tekanan saya beri huruf kapital):

an ANcient WORDS of WIS dom FREES this SCROLL
and HELP us KEEP her SCAtter'd FAMily WHOLE
a HEADstone PRAISed by TEMPlars IS the KEY
and ATbash WILL reVEAL the TRUTH to THEE

dan sajak yambe berikutnya:

in LONdon LIES a KNIGHT a POPE inTERRED
his LAbour's FRUIT a HOly WRATH inCURRED
you SEEK the ORB that OUGHT be ON his TOMB
it SPEAKS of ROsy FLESH and SEEDed WOMB

pola sajak yambe kerap dipergunakan juga dalam menyusun doa anak
kecil yang biasanya diucapkan menjelang tidur. pada sejumlah buku
dongeng di inggris, kita akan menemukan mantra penyihir juga disusun
dalam pola sajak yambe. perhatikan pula kata-kata mantra yang
diucapkan sandra bullock dan nicole kidman dalam film practical magic.

salam,
muna

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM