[nasional_list] [ppiindia] [Dok. Tercecer 1965/1966]: REVOLUSI ADALAH MENDJEBOL DAN MEMBANGUN

  • From: Mira Wijaya Kusuma <la_luta@xxxxxxxxx>
  • To: sastra pembebasan <sastra-pembebasan@xxxxxxxxxxxxxxx>, perpeni <perpeni_indonesia@xxxxxxxxx>, Perhimpunan Dokumentasi Indonesia <perdoi@xxxxxxxx>
  • Date: Thu, 1 Jan 2009 09:22:16 -0800 (PST)

=======================================
Situs Lowongan kerja dan Beasiswa - Free Job Vacancy and Scholarship Info

1. Job Vacancy Indonesia
http://lowongankerjas.blogs.ie/

2. Situs Info Lowongan Kerja Indonesia
http://kerja.blogs.ie/

3. Free Scholarship info for international students
http://beasiswa.blogsome.com/

4. Scholarship info for Indonesian and international students
http://beasiswa.blogs.ie/

5. Informasi Beasiswa Indonesia dalam negeri dan luar negeri
http://www.beasiswas.com/

6. Cara Membuat blog - Tutorial blog
http://afatih.wordpress.com/
=======================================

REVOLUSI ADALAH
MENDJEBOL DAN MEMBANGUN
PIDATO BUNG KARNO DI DEPAN GMNI, 3
DESEMBER 1966

Saudara-saudara,
Di kalanganmu itu aku
melihat tadi Pak Mukarto. Tapi kok sekarang
nyisih ya. Aku
melihat Pak Adam Malik, belakang. Aku melihat Pak
Tjokro. Dan di
hadapanmu, engkau melihat aku.

Baik Pak Mukarto, maupun Pak
Tjokro, maupun Pak Adam Malik, maupun
aku, dulu, muda, dulu
ikut-ikut muda. Sekarang saja sudah ada yang
sudah ubanan
rambutnya seperti Pak Mukarto. Yang tadi aku ceritakan
waktu
physical revolution mulai, beliau adalah, kita, penyeludup,

smokkelaar untuk mendapatkan senjata. Physical revolution untuk

mendapat pembiayaan, uang buat perwakilan kita di luar negeri.

Kemudian pula bapak-bapak itu di waktu muda ikut-ikut giat di
dalam
pergerakan nasional ataupun di dalam physical
revolution.

Demikian pula aku.

Engkau telah sering
mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak
umur 16 tahun, 16
tahun, telah mencemplungkan diri dalam gerakan
untuk tanah air,
bangsa, cita-cita. Pada waktu aku umur 16 tahun,
aku adalah siswa
daripada sekolah menengah Belanda di Surabaya HBS,
Hogere Burger
School. Siswa. Pada waktu itu aku karena telah ikut
bercita-cita,
menjadi anggota daripada satu organisasi pemuda Jawa,
pemuda dan
pemudi Jawa. Namanya Trikoro Darmo. Trikoro Darmo.

Demikian
pula bapak-bapak tua sekarang ini dulu semuanya, pada waktu
masih
muda telah ikut berkecimpung di dalam gerakan-gerakan. Ada
yang
seperti Bapak menjadi anggota Trikoro Darmo. Pak Leimena yang
duduk
di sana, dedengkot tua Pak Leimena, dulu pun menjadi anggota

daripada satu gerakan pemuda Ambon.

Bung Hatta juga pada
waktu masih muda menjadi anggota daripada satu
serikat siswa
Sumatera, Jong Sumatranen Bond.

Pak Leimena punya organisasi
namanya Jong Ambon.

Nah, kita sekarang dedengkot-dedengkot
tua. Sejak dari muda kita
telah bukan saja ikut, ya nak, jangan
lihat itu, lihat hidungnya
Bapak. Bapak itu kalau pidato dilihat
mata anak anggota GMNI itu
lantas Bapak ikut menyala-nyala.

Ha,
dedengkot-dedengkot itu sekarang ada, ada lo, di kalangan
mahasiswa
yang waduh, memaki-maki kepada kami, mencerca kami. Sampai
tempo
hari itu, sampai Bapak itu setengah menangis.

Pak Leimena yang
sejak dari mudanya telah berkecimpung
mencemplungkan diri dalam
gerakan untuk kepentingan bangsa dan tanah
air, cita-cita.
Sekarang di kalangan mahasiswa ada yang waduh,
bahkan mengucapkan
kata-kata yang tidak baik: Kami tidak sudi
orang "cap",
atau "cap Leimena", "semacam Leimena". Masya
Allah,
pemuda-pemuda zaman sekarang ini bagaimana. Dan engkau
tahu Bapak
sendiri sekarang ini ada yang waduh sudah
habis-habisan lah, habis-
habisan.

Padahal, padahal, Bapak,
Pak Leimena, Pak Mukarto, Pak Adam Malik,
Pak Tjokro, dan
macam-macam banyak sekali Pak, Pak, Pak itu, sedari
mudanya boleh
dikatakan menyerahkan diri, bahkan mengorbankan
kebahagiaan hidup
untuk kepentingan tanah air, bangsa dan cita-cita.

Nah,
sekarang engkau pemuda-pemuda. Bukan saja engkau jangan ikut

pemuda-pemuda yang begitu itu tadi, yang mencerca kepada Pak

Leimena, Pak Mukarto, dan lain-lain sebagainya, tetapi aku

menghendaki supaya engkau pun mengetahui tugas dan kewajiban
sebagai
pemuda. Tugas kewajibanmu sebagai mahasiswa.

Pernah
kukatakan, menjadi mahasiswa zaman sekarang ini tugasnya
adalah
dua, tugasnya dua. Satu, untuk terus ikut menjadi pelopor
daripada
revolusi kita sekarang ini. Kan menjadi pelopor itu
berarti,
bukan saja berjalan di muka, tetapi yaitu sebagai kukatakan

berulang-ulang, jangan meninggalkan sumber daripada revolusi,
jangan
menyeleweng daripada riilnya revolusi. itu satu.

Kedua,
untuk menjadi unsur mutlak di dalam pembinaan. Sebab,
revolusi
kataku, kemarin pun diterangkan panjang lebar dihadapan
anggota
MPP PNI, revolusi adalah di satu pihak menjebol, di lain
pihak
membina. Menjebol kepada imperialisme, menjebol kepada sistem
yang
tidak sesuai dengan revolusi, sistem sosial yang tidak sesuai
dengan
revolusi. Tegasnya menjebol sistem feodalisme, menjebol
sistem
kapitalisme. Di samping itu membina, membina, membangun satu
barang
baru yang memberi kebahagiaan kepada rakyat Indonesia
seluruhnya.
Dus di satu pihak menjebol, di lain pihak membina.
Karena itu
aku, sejak daripada pecahnya revolusi fisik kita, telah
kuterangkan,
revolusi adalah satu simfoni. Simfoni itu adalah lagu
yang merdu
dikeluarkan oleh rombongan bersama. Ada yang memegang
biola, ada
yang memegang gitar, ada yang memegang drek, dek, dek,
dek, dek,
tambur, ada yang memegang macam-macam pesawat. Tetapi
bersama-sama
mengeluarkan satu simfoni yang merdu. Dan aku berkata,
revolusi
adalah simfoni daripada destructie dan constructie.
Destructie
yaitu menghancurkan, atau dengan perkataan yang baru tadi
kuucapkan
menjebol. Constructie, membangun, membina, mencipta, to
create,
scheppen, kata orang Belanda.

Nah, ini untuk to create, kamu
orang semuanya mahasiswa mengerti
perkataan create. Scheppen, itu
tidak semua kamu mengerti, yaitu
bahasa Belanda, tapi artinya
sama dengan create, membina, membangun,
mencipta. Created itu
kita memerlukan pengetahuan, memerlukan skill.
Sebab, tujuan
revolusi adalah, sebagai kukatakan berulang-ulang dan
engkau
katakan berulang-ulang, satu masyarakat adil dan makmur tanpa

exploitaion de l'homme par l'homme, tanpa exploitation de nation
par
nation. Pendek kata, tujuan revolusi adalah Ampera. Ampera di
dalam
arti aksi Ampera, arti aksi Ampera. Jangan Ampera sebagai

diterangkan atau dikatakan oleh satu golongan mahasiswa zaman

sekarang. Nanti aku terangkan.

Dan aku mengucap syukur
terhadap kepada Tuhan bahwa akulah
fabrikant. Fabrikant, pembuat
kata Ampera itu, Amanat Penderitaan
Rakyat, bersama-sama dengan
yang kau katakan pada waktu melantik
Akabri, Akademi Angkatan
Bersenjata, bersama-sama dengan Bapak
Sukarni. Kita ciptakan satu
perkataan untuk menjadi slogan daripada
perjuangan kami berdua,
Soekarno-Soekarni membuat kata baru Ampera,
Amanat Penderitaan
Rakyat. Bagaimana? Nah, inilah yang aku akan
terangkan kepadaku
lebih dahulu. Umur 16 tahun, aku menjadi anggota
Trikoro Dharmo.
Itu kumpulan mahasiswa Jawa. Perkataannya saja sudah
Jawa,
Trikoro Dharmo.

Aku pada waktu itu diindekoskan. Apa perkataan
indekos zaman
sekarang di pondokkan, ditumpangkan. Diindekoskan,
ditumpangkan atau
di pondokkan, diindekoskan kepada rumahnya
pemimpin ulung Umar Said
Tjokroaminoto, yang kemudian menjadi
haji, Haji Oemar Said
Tjokroaminoto. Aku diindekoskan di
situ.

Nah, ini belakangan, Saudara-saudara, syukur aku
mengucapkan kepada
Tuhan, kok aku diindekoskan di situ oleh orang
tuaku. Tidak
diindekoskan ke rumah orang lain, kok diindekoskan
di rumahnya
seorang pemimpin.

Apa sebab? Bukan saja aku di
rumah Tjokroaminoto itu sering bicara
dan mendapat pengajaran
dari Tjokroaminoto almarhum. Tetapi di rumah
Pak Tjokro itu aku
berjumpa dan bercakap-cakap lama, kadang jauh
malam, sampai
kadang hampir fajar pagi, dengan pemimpin-pemimpin
lain yang
bertamu kepada Pak Tjokro atau yang beberapa hari logger-
kan di
rumahnya Pak Tjokro itu. Antara lain siapa? Antara lain
almarhum
Haji Agus Salim. Antara lain siapa? Almarhum Soerjopranoto.
Antara
lain siapa? Sosrokardono. Andara lain siapa? Semaoen. Antara
lain
siapa? Tjipto Mangoenkoesoemo. Antara lain siapa? Douwes
Dekker.
Yang kemudian ganti nama Setiabudi. Aku dus bicara dengan
politisi,
politikus dari segala aliran. Bahkan aku bicara dengan
pendiri
daripada gerakan agama yang bernama Kiai Haji Dahlan. Bukan
saja
bicara sebentar, tidak. Wong mereka itu logger di rumahnya

Tjokroaminoto. Itu rupanya sudah jamak, kebiasaan. Lumrah.

Dulu
itu kalau pemimpin pergerakan datang di suatu tempat, ya logger-
nya
di tempat seseorang pemimpin gerakan lain, meskipun bukan dari

partainya.

Nah, rumah Pak Tjokro itu seperti hotel,
Saudara-saudara, sering
kedatangan pemimpin-pemimpin itu. Dan aku
sebagai orang yang indekos
di situ, waduh, sebentar bicara dengan
Pak Haji Agus Salim, sebentar
bicara dengan Pak Soerjopranoto.
Kamu barangkali sudah tidak tahu
lagi Pak Soerjopranoto itu.
Soerjopranoto itu adalah dulu pemimpin
kaum buruh pabrik gula.
Tanah Jawa dulu banyak sekali pabrik gula.
Oleh karena memang
imperialisme Belanda di tanah Jawa itu terutama
sekali mengambil
hasil banyak dari gula, pabrik gula. Pemimpin
daripada kaum buruh
pabrik-pabrik gula ini adalah Soerjopranoto. PFB
morat-marit,
sebetulnya namanya PFB ini ialah Personeel Fabriek
Bond. Kalau
bahasa Belanda yang betul mustinya ya Bond van Fabriek
Personeel
begitu. PFB, Personeel Fabriek Bond. PFB. Malahan kaum
buruh gula
ini pernah mengadakan mogok besar. Mogok untuk
mendapatkan gaji
lebih tinggi, jam kerja kurang. Dan Pak
Soerjopranoto dinobatkan
oleh kongres daripada PFB ini menjadi,
pakai bahasa Belanda lagi
Staking Koning, Raja Pemogokan. Hebat itu,
hebatnya perjuangan,
Saudara-saudara, pada waktu itu menentang
imperialisme. Mogok!
Seluruh kaum buruh pabrik-pabrik gula mogok.
Disusul oleh
Semaoen, komunis. Dulunya yaitu Sarekat Islam.

Kemudian
Sarekat Islam dengan kepalanya bernama PKI, Partai Komunis

Indonesia. Semaoen, dia pun sering datang di rumahnya Pak Tjokro.

Saya pun sering bicara dengan Semaoen. Sebagaimana, saya tanya,

sebagaimana orang muda lo, banyak maguru, aguru itu bahasa Kawi

Sansekerta, maguru, berguru, belajar menjadi murid daripada Pak

Tjokro. Maguru kepada Semaoen. Bagaimana, bagaimana, bagaimana?
Dia
kasih pengajaran.

Demikian pula aku maguru kepada
Tjipto Mangoenkoesoemo, yang namanya
kita agungkan sampai
sekarang. Misalnya, barangkali ada mahasiswa
sekolah dokter, tahu
rumah sakit yang di sini kita namakan Rumah
Sakit Tjipto
Mangoenkoesoemo. Aku maguru kepada Douwes Dekker,
Setiabudi. Aku
maguru kepada Soeryaningrat, yang kemudian ganti nama
menjadi Ki
Hadjar Dewantara. Maguru. Dengan perkataan yang sering
kukatakan,
aku ini nglésot di bawah kakinya Ki Hadjar, di bawah
kakinya
Tjokroaminoto, di bawah kakinya Tjipto, di bawah kakinya
Douwes
Dekker, di bawah kakinya Semaoen, di bawah kakinya
Soerjopranoto,
di bawah kakinya Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiah.
Jadi aku
dapat, dari semua pikiran dan aliran, aku dapat bahan. Nah,
ini
semua menjadi satu simfoni bagiku, Saudara-saudara. Aku tidak
hanya
maguru kepada viool, aku tidak hanya maguru kepada piano, aku
tidak
hanya maguru kepada gitar, aku tidak hanya maguru kepada
saksofon,
aku tidak hanya maguru kepada tromp, yaitu tambur, tidak.
Aku
maguru dari masing-masing itu dan aku maguru kepada simfoni
daripada
ini semua.

Karena itu kalau aku sekarang ini berjumpa dengan
pemimpin-pemimpin
yang sekarang oo, oo, oo. Ada lo,
pemimpin-pemimpin yang petita-
petiti. Hh, aku ini dulu maguru
kepada waduh pemimpin-pemimpin
Indonesia dari golongan Islam,
maupun golongan nasionalis, maupun
dari golongan komunis. Bahkan
aku maguru juga daripada pemimpin-
pemimpin Belanda yang dulu ada
di sini, pemimpin sosialis.

Ini semua menjadi bahan
bagiku.

Nah, oleh karena itulah maka sesudah aku menjadi
anggota daripada
Trikoro Dharmo, aku meluaskan gerakan pemudaku
menjadi Jong Java.
Lebih jelas lagi Jong Java daripada Trikoro
Dharmo. Sebab, Trikoro
Dharmo itu dulu maksudnya ya studie tok.
Kalau Jong Java sudah tegas
dengan cita-cita, lebih tinggi
daripada Trikoro Dharmo.

Tidak lama di Jong Java saya jelaskan
dan saya lebarkan lagi menjadi
Jong Indonesia. Indonesia Muda.
Bukan sendiri, bersama-sama dengan
pemimpin-pemimpin,
dedengkot-dedengkot yang lain. Indonesia Muda
tahun 1923,
Saudara-saudara, 1923 lo, lima tahun sebelum Sumpah
Pemuda. Lima
tahun sebelum ada sumpah yang berbunyi: satu tanah air,
satu
bahasa, satu bangsa. Dedengkot itu bernama Soekarno, dedengkot
tua
yang bernama Soediono, dedengkot tua yang bernama Mohammad
Hatta,
dedengkot tua yang bernama Soebardjo, dedengkot tua yang
bernama
Adam Malik, dan lain-lain sebagainya. Dedengkot tua-
dedengkot tua
ini telah mengumandangkan ide persatuan Indonesia.

Dan aku
mengumandangkan itu. Aku, Saudara-saudara, karena itu tadi
aku
dapat bahan dari macam-macam aliran. Bahanku bukan hanya

nasionalisme, bukan hanya agama yang aku dapat dari Pak Tjokro,
dari
Pak Dahlan. Bahanku juga dari marxisme, yang aku dapat dari
Semaoen,
yang aku dapat daripada pemimpin-pemimpin Belanda
sebagai Hartoh,
Sneevliet. Pak Leimena kenal sama Sneevliet itu?
Sneevliet itu elek-
elek dia menulis satu buku tebal tentang
Indonesia lo, Saudara-
saudara. Kalau engkau masih suka,
betul-betul suka membaca, mbok
cari buku Sneevliet itu bibliotek
museum. Sneevliet menulis buku
perjuangan rakyat Indonesia, dan
bagaimana seharusnya kita
menghancur-leburkan imperialisme di
Indonesia ini. Sneevliet itu
orang Belanda. Barangkali Pak
Leimena punya itu buku?

Lo, pinjamkan.

Aku punya buku
sudah diserobot orang lain. Sneevliet. Aku dapat juga
daripada
guru sekolahku yang bernama Hertog. Belanda, tapi dia
adalah
sosialis, memberi tahu kepadaku sosialisme itu apa. Karena
aku
dapat banyak, banyak, banyak bahan, karena aku mendapat simfoni
itu
tadi lantas aku juga sebagai mahasiswa, wah, aku lantas gemar
sekali
belajar, gemar membaca. Sampai, boleh dikatakan, aku kadang-
kadang
meninggalkan pelajaran-pelajaran di sekolah untuk, waktunya
aku
pakai untuk, membaca buku-buku politik, yang tidak diajarkan di

sekolah kepada saya.

Aku membaca sejarah dunia, aku
membaca sejarah bangsa-bangsa, aku
membaca kitab-kitab tentang
gerakan kaum buruh, aku membaca tentang
gerakan Islam.
Sampai-sampai aku tahun yang lalu, tahun yang lalu,
jadi 1965
ini, aku perintahkan untuk menyalin misalnya kitabnya
Lothrop
Stoddard, Lothrop Stoddrad, The New World of Islam. Sekarang
sedang
diterjemahkan. Tempo hari sudah sampai tercetak.

Jadi, aku ini
gemar membaca, oleh karena aku anggap perlu untuk
mengisi otakku,
mengisi pikiranku, mengisi semangatku selebar-lebar
mungkin.
Jendela terbuka, ide-ide itu masuk di dalam ingatanku,
pikiranku
itu.

Ini aku ajarkan kepadamu. Jangan kamu itu ya mahasiswa,
mahasiswa,
mahasiswa, mahasiswa, tetapi cuma diam, tidak.
Apalagi, nah ini,
engkau ini berjuang di atas front dua macam,
destructie,
constructie, menjebol, membina. Dalam hal pembina
ini, tidak bisa
kita membina tanpa orang yang tahu, tidak bisa
kita membina tanpa
apa yang kukatakan, kader. Dengan gampangnya
saja, sosialisme,
Saudara-saudara, yang harus kita bina itu.
Sosialisme itu, aku
katakan berulang-ulang, tidak seperti air
embun jatuh pada waktu
malam, tes. Tidak. Sosialisme harus
dibina, didirikan,
diperjuangkan, dengan segala keuletan. Dan di
dalam pembangunan
pembinaan sosialisme itu, saya tidak cukup
hanya dengan semangat.
Bahkan sumber semangat sebetulnya haruslah
pikiran. Sumber semangat
adalah pengetahuan. Orang yang kurang
pengetahuan, semangatnya ya
semangat yang sekedar he put? mati
lagi. Oo kobar-kobar? put? mati
lagi. Tetapi semangat yang
timbul daripada pengetahuan yang betul-
betul lantas paku di otak.
Semangat yang demikian itu tidak bisa
mati, Saudara-saudara.

Semangat yang demikian itu adalah semangat sebagai yang
dikatakan
oleh Thomas Carlyle; orang bisa dikerangkeng, orangnya
bisa
dikerangkeng, dimasukkan kerangkeng, tetapi semangatnya
keluar dari
kerangkeng. Semangat yang demikian itu adalah apa
yang dimaksud oleh
Mahatma Gandhi, yang dia berkata, semangat
yang bisa brake prisson
wall, memecahkan tembok-temboknya
penjara. Ia tidak bisa semangatnya
dikurung. Semangat yang
betul-betul sudah timbul daripada alam
pikiran yang yakin,
semangat yang demikian itu brake prisson wall,
memecahkan
tembok-temboknya penjara. Sebagaimana aku boleh memakai
contohku,
apa hasil Belanda memasukkan aku di dalam sel. Umpamanya
aku mati
di dalam sel, toh semangatku diambil oper oleh orang lain,

diteruskan oleh orang lain.

Maka, Saudara-saudara, benar
pula ucapan seorang pemimpin yang
berkata idea have lage. Idea
have lage, ide mempunyai kaki. Ide
mempunyai kaki. Orangnya
dimasukkan bui di dalam penjara, diikat,
dikerangkeng, dirantai,
tetapi dia punya ide berjalan terus. Idea
have lage. Idea brake
prisson wall.

Nah, Saudara-saudara, karena itu maka aku
anjurkan engkau membaca
banyak, supaya semangat. Tapi semangat
saja didalam pembinaan
sosialisme juga tidaklah cukup.
Pengetahuan, bolak-baliknya itu.
Pengetahuan membangunkan
semangat. Semangat harus didasarkan atas
pengetahuan. Pembinaan
sosialisme harus dijalankan dengan semangat
dan dengan
pengetahuan. Karena itu di dalam pembinaan sosialisme
diperlukan
lebih daripada pembinaan lain-lain, kader, kader, kader.
Dan
engkau pemuda-pemuda, mahasiswa-mahasiswa, kita harapkan menjadi

kader di dalam dua front ini; kader di dalam desctructie,

menghantam, hancur leburkan kepada imperialisme, kapitalisme,

feodalisme, dan lain-lain, kader di dalam constructie, membangun

masyarakat baru. Karena cita-cita kita tentang masyarakat baru
itu
cita-cita tinggi, bukan sebagai cita-cita yang dikemukakan,

katakanlah Mahatma Gandhi.

Gandhi itu sebetulnya,
Saudara-saudara, orang pemimpin besar sekali,
tetapi dia punya
cita-cita lain daripada kita. Gandhi tidak
mempunyai cita-cita
politik. Sebab, aku tanya sama Gandhi, Gandhi
atau Mahatma,
Mahatmadji, dji itu yaitu ucapan tambahan
menggambarkan
kecintaan: Mahatmadji, apakah cita-cita politik kita.
Mustinya
Gandhi menjawab, India lepas sama sekali daripada Inggris.
India
disusun sebagai republik. En toh barangkali dia senang kepada

monarki. Atau kalau republik, apakah republik federal, ataukah

republik unitaristis. Gandhi tidak pernah menjawab pertanyaan
ini.
Tidak pernah. Saya belum pernah menjumpai satu kalimat yang
Gandhi
ini nyata republiken, atau Gandhi ini nyata India merdeka
penuh
lepas daripada Inggris, India federalistis atau India
unitaristis.
Tidak. Gandhi paling-paling berkata home rule, home
rule. Home rule
itu artinya pemerintah sendiri, self government.
Yang self
government itu apa? Apakah bebas dari 100% daripada
dominition
imperialisme. Ataukah ya masih terkungkung di dalam
ikatan daripada
imperialisme itu. Gandhi tidak pernah. Dia selalu
self government,
seft government, home rule, home rule. Dus
Gandhi sebenarnya tidak
mempunyai cita-cita politik.

Kita
sebenarnya telah mempunyai cita-cita politik: Indonesia bebas

merdeka, 100% merdeka daripada imperialisme. Indonesia republik.

Tidak raja-rajaan. Indonesia sama dengan unitaristis, republik

kesatuan. Bukan republik federal. Jelas kita punya cita-cita. Di

kalangan pemimpin-pemimpin kita sekarang ini sebetulnya ya,
Saudara-
saudara, ada yang federalis. Ya asal tahu saja. Kita
tidak,
unitaris, tidak federal-federalan.

Gandhi mempunyai
cita-cita sosial. Tetapi cita-cita sosialnya lain
lagi daripada
cita-cita sosial kita. Sosial itu dari perkataan
societas.
Societas artinya masyarakat. Cita-cita sosial adalah cita-
cita
mengenai susunan masyarakat. Bagaimana masyarakat ini
susunannya?
Ada exploitation de l'homme par l'homme apa tidak? Ada
sistem
penghisapan oleh gerombolan manusia pada manusia lain apa
tidak?
Apakah cita-citanya itu adalah yaitu sama rasa sama rata tiap-
tiap
manusia. Itu adalah cita-cita sosial.

Aku berkata, Gandhi
mempunyai cita-cita sosial, tapi lain lagi dari
kita. Coba kau
baca tulisan Gandhi, are you not tired sending there?
Please take
a chair. Hh, take a chair, please. Ada kursi? Ha. Where
are you
come? Ha! Australia. Kadang-kadang kalau bicara sama
Australia
itu susah. Artinya begini, kita bilang Austrélier. Kalau
orang
Australia tulen bilang Austrélier. I come, I come here today.
What
you say, todeé or today.

Nah, Gandhi mempunyai cita-cita
sosial. Tetapi cita-cita sosial yang
kolot sekali. Cita-cita
sosial yang retrogesif. Baca dia punya
kitab. Kitab yang
termasyur. Misalnya dia punya kitab My
Autobiography. Itu Gandhi,
dia menerangkan, dia punya cita-cita
sosial, yaitu masyarakat
supaya sederhana, sederhana. Tiap-tiap
orang mempunyai rumah
sendiri. Tiap-tiap orang menenun sendiri ia
punya bahan pakaian.
Tiap-tiap orang mempunyai, ia punya sapi
sendiri untuk ambil
susu. Gandhi paling benci sama mesin-mesin.
Bahkan benci sama
pabrik-pabrik. Gandhi berkata, kalau dia dengar
kapal udara itu,
dia punya jiwa seperti waduh, tidak bisa tidur dia,
tidak senang.
Malahan dia berkata, pabrik-pabrik, mesin-mesin, di
dalam dia
punya buku lo, ditulisnya this all devil work. All devil
work,
semua bikinan setan: pabrik-pabrik, mesin-mesin. Dia bilang
tentrem,
adem, tentrem. Kalau Pak Mardanus di dalam pedalangan
bilangnya,
adem tentrem kadio siniram banju waju sewindu lawase.
Dingin adem
tentrem seperti disiram air waju, air yang sudah lama
dalam
gentong, air disimpan di dalam gentong satu windu lamanya,
delapan
tahun. Nah, itu air itu sejuk sekali. Nah, kalau disiramkan
di
atas dirimu, sejuk sekali, adem tentrem kadio siniram banju waju

sewindu lawase.

Kita punya cita-cita sosial lain daripada
itu. Kita malahan
menghendaki supaya Indonesia ini mempunyai
kapal udara yang banyak,
kapal udara untuk rakyat. Mempunyai
jalan aspal yang banyak, jalan
aspal untuk rakyat. Mempunyai
kereta api yang banyak, kereta api
untuk rakyat. Pabrik-pabrik
yang hebat yang membuat segala apa yang
kita perlukan, untuk
rakyat. Itu kita punya cita-cita sosial,
modern. Bukan cita-cita
kolot seperti Gandhi.

Nah, untuk mengadakan masyarakat yang
banyak pabriknya, again, lagi,
pabrik untuk rakyat lo, bukan
pabrik untuk kapitalisme. Mesin adalah
memang jahat kalau
digunakan untuk bikin gendutnya kantong kapitalis
saja. Tapi
mesin adalah satu rahmat, nikmat dari Tuhan, kalau
dipergunakan
untuk kepentingan rakyat. Membuat tekstil misalnya,
Saudara-saudara,
untuk rakyat. Nah, itu mesin lantas menjadi satu.
Wah, nikmat,
rahmat. Jangan kita sebagai Gandhi. Kita memerlukan
tekstil, nah
sudahlah, tiap orang harus ada mesin pintal di rumah.
Tanam kapas
sendiri, petik kapasnya, giling kapasnya dengan mesin
pintal itu
menjadi tali dan benang. Kemudian tenun, jeglek, jeglek,
jeglek,
jeglek. Wah, itu bukan cita-cita kita.

Kita punya cita-cita
ialah bahwa kita itu mempunyai pabrik-pabrik
tekstil yang besar,
yang hasilnya tekstil jutaan meter untuk rakyat,
untuk
kepentingan rakyat seluruhnya. Bukan untuk membikin gendutnya
sang
kapitalis tekstil saja.

Kita menghendaki, kita pergi ke Bogor,
kemana-mana naik auto. Kalau
Gandhi tidak. Naik gerobak, teklik,
teklik, teklik, naik gerobak.
Kita menghendaki kapal udara untuk
rakyat. Dus cita-cita sosial kita
tinggi. Dan ingin yang aku mau
peringatkan kepadamu, penyelenggaraan
daripada cita-cita sosial
yang tinggi itu tidak bisa, tidak mungkin
tanpa kader. Kader
perlu sekali. Kita menghendaki air sungai kita
semuanya menjadi
air irigasi, untuk memberi kesuburan kepada tanah
kita yang sudah
subur. Tapi untuk mengadakan irigasi, Saudara-
saudara, perlu
insinyur-insinyur irigasi, perlu arsitek-arsitek
irigasi.

Kader
untuk membikin tekstil, seperti tadi itu, kader. Untuk
membikin
jalan-jalan aspal yang beribu-ribu kilometer, kader.

Masak,
Saudara-saudara, saya datang di lain negeri, misalnya
Afghanistan,
negeri kecil Afghanistan itu, adih saya melongo.
Afghanistan itu
satu negeri ya, tapi negeri seperti terbelah dua.
Sini satu
bagian, sini pegunungan, sini bagian nomor dua. Jadi, dua
bagian
yang terpisah satu sama lain oleh gunung. Hh, coba, hampir-
hampir
seperti kita terpisah, mana ada gunung yang memisah.
Afghanistan,
Saudara-saudara, berkata, tidak jadi apa. Kita bikin
tunnel
menembus gunung itu. Tunnel berkilo-kilo meter. Biar ada
gunung,
?

Kader untuk membuat hal yang demikian itu. Kan aku sering
berkata,
jadilah kader, karena kader mutlak perlu. Jangan seperti
dulu. Mula-
mula, di dalam revolusi Soviet. Mula-mula,
pemimpin-pemimpin Soviet,
mula-mula mengira, oo untuk membangun
sosialisme kita perlu banyak
mesin, banyak lokomotif, banyak
pabrik, dan perkara uang untuk
membeli itu bukan soal. Kita beli
saja lokomotif sebanyak-banyaknya
di Jerman. Sebab, kata pemimpin
Soviet itu, yang saya baca dalam
salinan bahasa Inggris, machines
devide everything. Machines devide
everything, mesin lah yang
menentukan segala hal. Tapi apa jadinya,
Saudara-saudara, sekadar
hanya ada mesin saja, sosialisme tidak bisa
terbina, bahkan
mesin-mesin itu banyak menjadi rusak dan bobrok.

Sama saja
dengan kita, Saudara-saudara, kita beli traktor banyak-
banyak.
Darimana Pak Leimena? Ha? Cekoslovakia. Ha, traktornya itu
banyak
yang terlantar, banyak yang rusak. Karena apa? Kekurangan
kader
dan kekurangan kemauan untuk menggerakkan traktor-traktor.

Karena
itu Soviet Uni, sesudah pengalaman yang pahit dengan mesin-
mesin
ini saja, lantas sadar, nomor satu penting, kader. Kemudian
diadakan
slogan baru untuk, terutama sekali, gerakan pemuda. Gerakan
pemuda
yang di Soviet dinamakan Komsomol. Pernah dengar itu?
Komsomol.
Wanitanya, Komsomolka. Slogan yang dulu berbunyi, machines
devide
everything diganti dengan kader devide everything. Kader lah
yang
menentukan segala hal. Kalau ada kader, lo mbok mesinnya itu
sudah
bobrok, sekrupnya sudah dol semua, bisa sang kader membuat
sekrup
baru, jalan.

Nah, kader devide everything.

Karena itu
aku mengharap kepadamu untuk menjadi kader. Belajar,
membaca
sebanyaknya. Belajar dengan tekun menjadi mahasiswa untuk
menjadi
kader, kader daripada revolusi kita.

Saya tahu kamu orang
banyak yang tidak bisa masuk kuliah karena, ada
hal-hal, tidak
boleh, tidak boleh, GMNI tidak boleh kuliah.

Nah, ketawa itu.
Ya, apa tidak?

Asal tahu aja.

Ini memang yang
menghalangi kamu masuk universitas ini, menghalang-
halangi kamu
berkuliah ini, mereka itu semuanya, semuanya ngladrah.
Ia, itu
yang ngladrah itu, artinya sudah tidak benar mereka punya
pikiran.
Bagaimana mau membentuk satu negara, bagaimana mau
membentuk satu
masyarakat sosialis tanpa kader, tanpa pemuda-pemudi
masuk
kuliah. Hh, mereka itu ngladrah. Apa bahasa Indonesia
ngladrah?
Ha, tidak benar itu lo.

Ha, Bu Hardi, apa ngladra itu?

Tidak
beres. Ngawur.

Tapi toh aku minta kepadamu, tekun engkau cari
pengetahuan.
Sebagaimana bapak-bapak Saudara telah berbuat,
dengan diriku
sendiri, dulu itu cari pengetahuan. Bisa di
sekolahku, ya
disekolahku, tidak bisa, aku cari sendiri, agar
supaya kita bisa
menjadi kader daripada revolusi ini.

Memang
revolusi itu ya tentu, sebagai Saudara-saudara kemarin
kuterangkan
panjang lebar, kalau revolusi benar-benar revolusi, dan
bukan
sekadar insurectie. Ada beda antara revolusi dengan
insurectie.
Revolution and insurection. Insurection itu apa? Ya,
sekadar ada
semacam pemberontakan bersenjata daripada suatu
golongan. Angkat
senjata mengadakan pemberontakan dengan senjata,
itu adalah
insurectie. Kalau golongan yang kecil-kecilan itu namanya
coup.
Coup de ta. Coup de ta itu bukan revolusi. Insurectie bukan

revolusi. Itu gendeng-gendengan.

Revolusi sejati ialah
sebagai kukatakan tadi, suatu proses, satu
proses masyarakat yang
berisikan, berintikan penjebolan dan
penanaman, satu proses
masyarakat untuk membongkar sistem masyarakat
itu sampai ke
akar-akarnya. Sistem masyarakat, sistemnya, Saudara-
saudara.

Karena
itu aku selalu berkata, orde, dalam pengertianku, orde itu
adalah
satu social political system. Itu orde. Ada orde kapitalis.
Ada
orde feodalis. Itu orde. Nah, ini revolusi adalah satu proses

masyarakat untuk mengubah sama sekali social political system
yang
berjalan di masyarakat itu. Bukan sekadar mengubah mental
thinking,
neen, neen, neen. Social political system, susunan
masyarakat,
susunan politik masyarakat. Masyarakat. Susunan ini
harus kita ubah.
Sebagai kukatakan tadi, ada orde kapitalis, ada
orde sosialis. Nah,
kita berjuang untuk orde sosialis ini. Dan
jikalau kita membongkar
orde kapitalis untuk menjadi orde
sosialis, itulah revolusi.

Revolusi menurut ucapan yang aku
citeer dalam pidatoku Indonesia
Mengugat. He pemuda-pemudi
baca-o, baca-o, baca, baca Indonesia
Mengugat. Baca Sarinah. Hh,
mahasiswa-mahasiswi baca Di Bawah
Bendera Revolusi dan lain-lain.
di situ aku citeer ucapan seorang
profesor, Blunschli. Kamu di
dalam kuliah barangkali pernah
mendengar nama Prof Dr Blunschli,
yang dia berkata, revolution ist
apa? Eine Ungestaltung von Grund
aus, revolusi adalah satu
perubahan. Ungestaltung, bukan
supervisel, bukan di kulit, tetapi
von Grund aus. Eine
Ungestaltung von Grund aus.

Nah, jikalau engkau tidak
mengadakan Ungestaltung von Grund aus,
engkau bukan revolusioner.
Revolution ist eine, Revolution ist eine
Ungestaltung von Grund
aus[1]. Dan kita ini revolusioner, oleh
karena kita mau
mengadakan social political system yang
imperialistis, yang
feodalistis, yang kapitalistis. Yang tidak
sosialistis menjadi
satu social political system yang sosialistis.
Itu sebabnya kita
ini bernama revolusioner dan menamakan diri kita
revolusioner,
dan hanya jikalau mengejar political system yang
sosialistis itu,
baru kita mempunyai hak untuk berkata, kita ini
progresif
revolusioner.

Yang tidak menghendaki satu social political
system sosialistis,
yang tidak menghendaki hancurnya kapitalisme
dari luar maupun
kapitalisme di dalam negeri sendiri, yang tidak
menghendaki hancur-
leburnya kapitalisme luar dan dalam itu, yang
tidak menuju kepada
sosialisme itu, dia tidak mempunyai hak untuk
berkata bahwa dia
adalah progresif. Perkataan progresif itu kan
sekarang dikecapkan.

Semua orang berkata progresif
revolusioner, progresif revolusioner,
progresif revolusioner.
Tanpa sebetulnya mengetahui apa arti
perkataan progresif
revolusioner. Kita menamakan diri progresif
revolusioner oleh
karena kita anti kapitalisme, anti imperialisme,
anti feodalisme,
pro sosialisme, mati-matian berjuang untuk
sosialisme. Itulah
sebabnya kita namakan diri kita progresif.
Siapa yang menentang
datangnya sosialisme, menghalang-halangi
datangnya sosialisme, oo
lo mbok dia itu lari-lari tiap hari dengan
bom dan dinamit, dia
tidak progresif. Malahan aku berkata, dia itu
sebetulnya
retrogresif.

Progresif adalah yang menurut progresnya
masyarakat. Retrogresif
yaitu yang menentang, bahkan beraliran
anti daripada aliran
masyarakat ini.

Jadi kalau kau
betul-betul progresif revolusioner, engkau harus
diehartenieren
engkau punya pikiran, engkau punya hati, engkau punya
rambut,
engkau punya urat syaraf, semuanya sosialistis. Kalau engkau
tidak
sosialistis sampai engkau punya pucuk rambut, sampai engkau
punya
pucuk urat syaraf, engkau tidak progresif. Apakah ada di
kalanganmu
yang tidak demikian, artinya revolusioner, revolusioner,
tetapi
tidak berjuang untuk datangnya sosialisme. Memberi
pengetahuan
saya, GMNI berdiri di atas dasar ini; menjalankan
revolusi,
membantu kepada revolusi, riilnya revolusi yang benar,
yaitu di
atas riil Ampera.

Aku tadi berkata bahwa perkataan Ampera itu,
ciptaan perkataannya
lo, the word itself, the word Ampera itself,
ciptaanku bersama-sama
dengan Pak Karni. Aku menyaksikan
lahirnya, bukan the word sekarang
ini, lahirnya penderitaan
rakyat untuk, untuk, untuk ini. Sebab aku
ini dari umur 16 tahun,
kataku tadi, telah berkecimpung di kalangan
pergerakan. Mula
gerakan pemuda, Trikoro Dharmo, Jong Java, kemudian
dijadikan
Jong Indonesia bersama-sama dengan pemuda-pemuda lain. dan
aku
menyaksikan dan ikut-ikut pertumbuhan daripada gerakan itu.

Dulu
tatkala aku umur 16 tahun, aku hanya mendengar dan mempelajari

gerakan tahun 1908, yaitu Pak Soedirohoesodo. Soedirohoesodo,
tahun
1908, mengadakan pergerakan, gerakan, rintis, rintisan,
perintis
daripada gerakan nasional kita. Soedirohoesodo punya
pergerakan
belum nasional. Kalau nasional itu sudah meliputi
seluruh natie, itu
asal perkataan nasional. Soedirohoesodo tidak.
Gerakannya boleh
dikatakan gerakan kejawaan. Aku
menyaksikan.

Kemudian waktu itu aku belum menyaksikan oleh
karena aku ya, baru
umur 7 tahun. Tidak tahu bagaimana. Kau umur
berapa? Setidak-
tidaknya bukan 7 tahun. Saya umur 7 tahun, belum
mengerti apa-apa?
Tapi pada waktu aku masuk rumah Tjokroaminoto,
aku sudah berumur 16
tahun, aku sudah tahu gerakan kaum 1908 dari
Pak Soedirohoesodo. Dan
aku menyaksikan satu pertumbuhan baru
daripada gerakan ini. Dulu
gerakan Pak Soedirohoesodo, kecuali
kejawaan, hanya dijalankan kaum
terpelajar. Satu gerakan daripada
kaum inteligensia, kaum
terpelajar, yang dulu itu dinamakan
ndoro, ndoro, dokter. Dokternya
pun dokter Jawa, yaitu belum
dokter seperti keluaran sekarang,
tidak. Dokter Jawa. Pak
Soedirohoesodo sendiri ialah dokter Jawa.
Gerakan kanjeng bupati,
anggota daripada Budi Utomo. Ada bupati yang
anggota Budi Utomo.
Bupati mana Pak Mardanus? Hayo, hh? Bupati
Karanganyar, anggota
Budi Utomo. Gerakan daripada ndoro-ndoro.

Tapi waktu aku masuk
rumahnya Tjokroaminoto, aku menyaksikan satu
fase baru. Bahwa
bukan lagi itu ndoro-ndoro, kaum terpelajar, tapi
gerakan rakyat,
rakyat jelata, yaitu Sarikat Islam. Sarikat Islam
adalah gerakan
pertama yang bersifat gerakan rakyat. Ya dasarnya
lain daripada
kita. Dasarnya dulu itu yaitu mula-mula Sarikat Dagang
Islam,
hanya terdiri daripada pedagang-pedagang Islam saja. Kemudian

bertumbuh menjadi gerakan rakyat dengan tujuan Islam. Itu aku

saksikan. Malah aku baca, Tjokroaminoto itu saking pengikutnya
bukan
puluhan, bukan ratusan, bukan ribuan, tapi jutaan,
Tjokroaminoto
dinamakan di surat kabar Belanda de ongekroonde
Koning van Java. De
ongekroonde Koning van Java, raja daripada
tanah Jawa yang tidak
bermahkota, saking banyak pengikut. Hanya,
ha hanya bedanya dengan
kita ialah bahwa gerakan rakyat
Tjokroaminoto itu berdiri di atas
asas yang salah, untuk
tanggapan saja. Yaitu dengan gerakan rakyat
ini Sarikat Islam Pak
Tjokro selalu mencari kerjasama dengan
pemerintah Hindia Belanda,
kerjasama. Yang belakangan menjadi
perkataan kooperasi.

Sedang
kita waktu itu pemuda, belakangan, pemuda ini sadar, tidak
bisa,
tidak bisa kita mengadakan perbaikan hanya degan kooperasi.
Benar
kita harus mengadakan massa aksi ini bukan lagi harus meminta,
bukan
lagi harus kerjasama degan pihak Belanda, tapi harus
menentang,
bertempur di dalam arti yang luas terhadap kepada
kolonial
Belanda. Perbedaan.

Nah, itu Saudara-saudara, saya formuleer
di dalam tahun 1925-an.
Sesudah aku bersama-sama dengan pemuda
lain mengadakan Indonesia
Muda, aku formuleer dengan perkataan
pertentangan kebutuhan membuat
kita harus bertentangan di dalam
kita punya perjuangan.

Tidak bisa kok kita dengan pertentangan
kebutuhan ini berdiri di
satu platform kerjasama dengan pihak
Belanda. Pertentangan
kebutuhan. Kita mau merdeka, situ mau
meneruskan kolonialisme. Kita
mau hidup cukup, situ mau menghisap
kita. Kita mau anak-anak kita
semuanya masuk sekolah, situ mau
memberi sekolah hanya kepada anak-
anak orang dari golongan atas.
Kita mau mengadakan satu sistem
perwakilan, situ mau mengadakan
sistem yang hanya terdiri daripada
orang-orang terkemuka
saja.

Pendek, selalu pertentangan kebutuhan. Dan di dalam
seluruh sejarah
dunia, Saudara-saudara, seluruh sejarah dunia
adalah satu cerita
daripada pertentangan kebutuhan. Seluruh
sejarah dunia. Di dalam
tiap golongan, tiap-tiap bangsa, umat
manusia itu selalu ada dua
golongan yang bertentangan
kebutuhan.

Nah, maka oleh karena itu, Saudara-saudara, kita
harus sadar bahwa
kita ini bertentangan kebutuhan dengan, apalagi
sekarang lo, dengan
sistem yang kita menjebol luar-dalam, maupun
di dalam hal lain-lain
banyak pertentangan kebutuhan. Nah, kita
harus sadar pertentangan
kebutuhan. Berjuang terus. Kita harus
berjuang menghancur-leburkan
golongan yang mau mempertahankan