[nasional_list] Re: [ppiindia] "Das Kapital", Islam dan Ideologi Perlawanan

  • From: Satrio Arismunandar <satrioarismunandar@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 3 Feb 2005 00:01:38 -0800 (PST)

1. Bung Karno itu seorang nasionalis. Namun, ia
mengembangkan ajaran Nasakom (nasionalis, agama,
komunis). Dengan Nasakom, ia mencoba menggalang
kesatuan dari aliran-aliran ideologi besar, sebagai
kekuatan untuk menghadapi Nekolim (neo-kolonialisme
dan imperialisme).
Repotnya, meski sama-sama nasionalis, tokoh Islam tak
suka komunis. Tokoh komunis tak mau ideologi Islam.
Ditambah lagi: Tentara tak suka PKI. Maka habislah
riwayat Nasakom!
Soal Aceh? Kalau Aceh mau menerima Nasakom, ya sudah
dari dulu diterapkan.

Dekrit 5 Juli 1959 diterapkan Bung Karno, untuk
menembus kebuntuan perdebatan di parlemen soal
ideologi negara (kubu Islam vs. kubu yang menolak
ideologi Islam). Dengan langkah itu, tentu Bung Karno
tidak demokratis, karena membubarkan parlemen hasil
Pemilu 1955 (pemilu paling demokratis sejak RI
merdeka).

Soal pemaksaan azas Pancasila, itu zamannya Suharto.
Bukan Bung Karno. Bung Karno memang pernah memberangus
Masyumi. Tapi ketika Sukarno jatuh dan masuk ke zaman
Suharto, Soeharto juga tidak mengizinkan dihidupkannya
lagi Masyumi. Jadi, tak ada satu pun Presiden RI yang
mendukung ideologi Islam..... sampai sekarang.

--- aris solikhah <fm_solihah@xxxxxxxxx> wrote:

> Sosialime memang terbilang lebih empuk dan fleksible
> dibanding komunisme meski satu ibu.Sehingga lebih
> mudah masuk kemanapun. Namun begitu tetap saja dia
> tak pernah memberikan peluang kebangkitan islam,
> bahkan cenderung memburamkan islam betul kan mas Ari
> dan   Rio. Kalau tidak kenapa bung Karno tak sejak
> dulu memperkenankan masyakat Aceh menerapkan
> syariat.  Atau kisah tarik menariknya pelaksanaan
> piagam jakarta dan kasus dekrit presiden 5 juli
> 1959. Yah sampai kini pun saya ndak tahu versi mana
> yang benar, pelajaran sejarah dulu di SMA, atau isu
> [...]

http://mail.yahoo.com

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM