[nasional_list] Re: NIZAMI BUKTIKAN sendiri dirinya MALING teriak MALING Re: [ppiindia] Pope Benedict: From Rotten Soul out that Rotten Words

  • From: Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 20 Sep 2006 20:25:55 +0700

bung yohanis,

sayang saya tak bisa membaca belanda.

soal demokrasi, saya kira banyak orang telah semakin paham
bahwa demokrasi sebagai nilai-nilai hidup bermasyarakat yang menjunjung
hukum dan ketertiban sosial adalah mulia dan universal.

sejauh ini peradaban umat manusia telah membuktikan bahwa
negara-negara yang demokratis dan menjamin kebebasan warganya
dalam koridor hukum, merupakan negara-negara yang mampu
mendatangkan kesejahteraan bagi penduduknya.

tapi, justeru karena keluhurannya, nilai-nilai demokrasi tak bisa
diajarkan secara paksa. demokrasi harus didakwahkan dengan
cara-cara yang baik. dakwah bil hal, kata ustadz saya di kampung
dulu. bukan dengan kekerasan dan senjata seperti yang sekarang
dipraktekkan rezim neo konservatif bush di afganistan dan timur tengah.

paus benediktus xvi yang pada dasarnya memang seorang
konservatif saya harap tak meniru langkah bush yang alih-alih membuat
orang bersimpati, malah jadi membenci demokrasi.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)