[list_indonesia] [ppiindia] spirituality & knowledge management ... :)

  • From: "imuchtarom" <imuchtarom@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 23 Mar 2005 13:52:15 -0000

di sebuah mailing list,

barusan mengirim posting artikel, yang isinya
merupakan kekhawatiran terhadap lemahnya
sistem * knowledge management (KM) * di dalam
organisasi-2 di amerika, baik lembaga pemerintah
maupun perusahaan, sehingga setelah generasi
para senior nanti pada pensiun, pengetahuan
mereka dikhawatirkan tidak tertransfer secara
efektif kepada generasi berikutnya.

( tercantum di bawah ini ).

Lalu topik ini saya perluas, yang dikelola
bukan hanya * knowledge *, tapi tentunya juga
aspek-2 lain, yang secara gampangan saya
sebut * spirituality *.

Now, our concern covers both
* spirituality & knowledge management *  ... :)

- ihm -

=================================
f r o m : m-b-d@xxxx
d a te  : march 22 2005
t  o    : ppi-du
subject : brain drain di USA
=================================

m-b-d:
-----
http://www.fortune.com/fortune/fortune75/
\articles/0,15114,1034771,00.html

i-h-m:
-----
... artikel yang sangat bagus kang eMDe, ..

d-n-o:
-----
Menarik juga mas, cuma apa memang pola semacam
'penularan' ilmu ini bisa membendung 'brain drain'?

i-h-m:
-----
Juga, bagaimana kalo dibandingkan dengan pola
"mentoring" dari senior -> junior ala jepang?
( bagaimana dengan kultur eropa? ).

Masalah yang dipaparkan pd. artikel tsb. mungkin
juga ada hubungannya dengan kultur amerika yang
mungkin terlalu liberal. Di sana hirarki senior
-junior biasanya tipis. Sebagai contoh, dalam
organisasi faculty members di kampus, hanya
dikenal 3 tingkatan profesor. Tidak ada keharusan
"menghargai" senior secara khusus, kecuali jika
si senior ini benar-2 menunjukkan "what he can"
secara nyata.

d-n-o:
-----
Jika tidak diinginkan knowledge management hanya
'sekedar' dokumentasi teknis but not expertise.

i-h-m:
-----
a very good comment. Jadi artinya, meskipun
sudah ada dokumentasi teknis yang sangat memadai-
pun (sudah "berbasis IT" pun :) ), ada
kemungkinan belum cukup untuk mencapai tujuan
dari sistem pengelolaan pengetahuan tersebut.

Kalau untuk tindakan praktisnya, misalnya
untuk sebuah laboratorium, saya menyarankan
diadakannya semacam seminar/informal rutin,
minimum sekali 1 bulan sekali untuk pertukaran
informasi, termasuk antara senior-junior.

kalau boleh *switch* sedikit, tetapi ngambil
contoh yang *drastis :)* di dalam bidang
pewarisan pengetahuan mengenai ajaran agama
( menurut pendapat saya ini bisa terjadi pada
semua agama ), saya juga melihat fenomena
yang bisa dikatakan sebagai semacam
* brain-drain * atau malah * spirituality
-drain * dari generasi ke generasi. And
in religion(s) realm, there has been some kind of
* knowledge management problems * as well ... :-)

- i.h.m -