[list_indonesia] [ppiindia] Silogisme Ngaco & Yesus itu Monyet Re: Sistem Bagus Re: Sistem berbahaya ...........

  • From: Robertus Budiarto <budiartobobby@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 25 Mar 2005 05:05:33 -0800 (PST)

Kekacauan Logika yg ditunjukkan Nugroho Dewanto di bawah sungguh tepat dan
sayang sekali kok ya sering kali terjadi.

Kesalahan logika lainnya adalah Generalisasi (pukul rata) dan Ad Hominem
(nyerang pribadi bukan argumen). Kedua kesalahan ini sering muncul kalau kita
diskusi masalah sensitif spt agama, atau simbol identitas manusia lainnya.

Sering kali kita menjelekkan agama lain. Generalisasi bahwa Islam jelek atau
Kristen jelek sebaiknya dihindarkan, kalau di milis ini kita mau memang mau
memperluas wawasan dan belajar. Menyerang lawan diskusi dengan menyatakan dia
Kristen atau Islam jg sebaiknya dihindari.

Misalnya mengenai Haram dan tidak Haram, ada yg melarang saya ikut campur
karena saya bukan Islam. Larangan ini tidak fair, karena bagaimana larangan itu
telah masuk wilayah publik dan "mengganggu" warga negara lain yg bukan muslim.
Bukan rahasia lagi MUI, lembaga bentukan penjahat kemanusiaan Suharto itu,
telah memonopoli label haram halal seenak udelnya sehingga mengganggu usaha
orang lain.

Selain itu saya pribadi perlu menyatakan bahwa kita-kita ini pemakai tehnologi
canggih, sudah saatnya belajar untuk berdiskusi secara canggih. Jadi bagi saya
tiap orang boleh omong apa saja asal mencoba menggunakan argumentasi dgn tulus,
mencoba mendasari pendapatnya tanpa silogisme yg kacau. Sebagai orang yg
dibesarkan secara Katolik, bagi saya silakan saja kalau ada orang yg
berpendapat Yesus itu hanya Nabi. Bahkan kalau ada yang mengatakan bahwa Nabi
Isa itu monyet, ya silakan saja tapi lebih baik kalau argumentasinya jelas dan
tidak melanggar silogisme. Extremnya : Lah siapa tahu kalau emang Nabi Isa itu
monyet??? Kan aku harus terima kasih kalau ada yg ngasi tahu dgn argumentasi
dan logika yg valid, jadi aku terselamatkan dari mengikuti jalan Monyet. So
kenapa aku harus marah??? Aku rasa kita semua harus belajar untuk menghargai
kritik. Nabi Muhammad telah memberi contoh sejuk, bagaimana beliau dimaki-maki
dan dilempari kotoran oleh seorang wanita, bahkan ketika wanita i
 tu
 sakit, beliau malah menjenguknya.

OK, pada akhirnya. Aku akan mengatakan mengenai sistem negara terbaik
Indonesia. Sudah terbukti 2 kali bahwa sistem diktator menjerumuskan tanah air
tercinta ini pada kenistapaan, hingga tetangga serumpun kita akhirnya berani
melecehkan bangsa besar ini. Mau gagal berapa kali lagi Mbak Lina? Mungkin yang
dimaui Mbak Lina itu bukan sistem diktator tetapi LEADERSHIP. Kalau ini memang
setuju. Ini masalah utama negeri tercinta ini: TAK ADA LEADERSHIP.

Kemudian hubungan Demokrasi dgn Islam. Saya termasuk yg percaya bahwa Islam itu
KOMPATIBEL dengan demokrasi. Karena wajah Islam itu BUKAN hanya yg berjanggut
dan teror (spt wajah Kristen itu bukan saja wajah Ibu Theresa, tetapi jg wajah
kejam dan bodoh si Bush) tetapi juga berwajah kasih seperti Nabi Muhammad, Cak
Nur, Gus Dur, Emha, Prof Asymardi Azra. Tapi kalau wajah Islam spt Din
Syamsuddin yg sedikit-sedikit maki haram, murtad dan sangat sektarian maka ...
ya sorry saja kalau anda-anda mengikuti wajah Islam yg sektarian dan
merendahkan umat lain. Yang ini udah pasti tidak pas dgn demokrasi.

Pertanyaan Dasarnya sebenarnya mudah: Anda memilih rahmatan 'lil alamin atau
sektarianisme?

Wassalam
Bobby Budiarto

Nugroho Dewanto <ndewanto@xxxxxxxxxxxxxxxx> wrote:

At 12:46 AM 3/23/05 -0800, you wrote:

>Khilafah Islam itu dipilih secara musyawarah.
>Yang jadi sumber aturan adalah qur'an dan hadits.
>Proses keputusan diambil secara musyawarah.
>Jika pemimpin melanggar aturan, dia wajib diganti.
>
>Kalau saya sih daripada harga bbm naik terus dan
>pengangguran serta kemiskinan merajalela, lebih
>memilih khilafah islam.
>
>+++++

maaf saya kok gak paham logika pernyataan anda.

apa hubungannya harga bbm naik terus dan pengangguran
serta kemiskinan merajalela dengan khilafah islam?

silogismenya aneh.

ini sama dengan pernyataan:
daripada harga bbm naik terus dan pengangguran serta
kemiskinan merajalela, saya lebih memilih bermain pingpong.

atau ini:
daripada harga bbm naik terus dan pengangguran serta
kemiskinan merajalela, saya lebih memilih dengerin bang
rhoma nyanyi.

Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT