[list_indonesia] [ppiindia] Re: tentang Da Vinci Code

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 23 Feb 2005 05:11:18 -0000

Oh betul begitukah maksudnya dengan "ditendang"? Kalau betul begitu,
ya mohon maaf karena saya belum lagi selesai membaca novelnya.

Namun kalau membaca komentarnya Muna Panggabean itu, bukan konsep
gendernya yang ditendang...tapi soal kehidupan Yesus yang
bla..bla...saya copy pastekan lagi.

alkitab dan alquran memang ditendang
> dengan cara yang sangat kuat oleh da vinci code. walau tak mengakui
> kristus sebagai tuhan, sekurang-kurangnya alquran menyatakan bahwa
> yesus lahir bukan dari hasil pembuahan manusia, tidak kawin, tidak
> memilik anak, tidak mati, dan naik ke surga

Soal posisi gender, apa sih yang menyebabkan kita, manusia,
terperangkap pada istilah posisi nomor satu dan dua dalam gender?
Seolah-olah ada kelas atas dan kelas rendah. Apa iya begitu? Saya
kok melihat posisi gender itu sebagai perbedaan gender saja, yang
memang berbeda dan mengakibatkan perbedaan fungsi, tidak ada
perbedaan kelas toh? Islam hanya menempatkan fungsi-fungsi itu
sebagaimana adanya yang memang berbeda. Itu fitrah laki dan
perempuan toh? so why, gitu llhoo...he..he...jangan ikut2an
terperangkap ah.

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Ari Condro" <masarcon@xxxx> wrote:

> Islam "ditendang" untuk masalah gendernya.
> Wanita memang dapat posisi nomer dua dalam agama kita,
> tapi posisi wanita lebih parah lagi dalam konsep Katolik.
> Wanita tidak bisa jadi Imam (lihat Kodrat yang Bergerak,
> Penerbit Kanisius, 2004), sejarahnya wanita gak bisa ikut
> pemilihan umum kan karena mereka dianggap bukan manusia
> (red. tidak setara lelaki - konsep dosa asal).
>
> Bagi yang tidak sensitif gender, tentu tidak tahu
> ditendangnya di mana.
>
> salam,
> Ari Condro

'Thanks & Giving.'