[list_indonesia] Re: [ppiindia] Re: ilmu dan agama (was: Kejayaan Negara Islam)

  • From: Yustam@xxxxxxxxx
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 7 Apr 2005 15:45:57 +0700

mbak Lina,  hubungan ilmu dan agama bisa seperti yang disebutkan
oleh Einstein,  yakni "ilmu tanpa agama lumpuh dan agama tanpa ilmu buta"
ini menunjukkan relasi yang sangat bertautan, mengembangkan ilmu
pengetahuan tanpa landasan agama, manusia bisa melakukan apa saja,
kesadaran eistein setelah teorinya tentang atom telah menciptakan
malapetaka di dunia ini dengan di jatuhkannya bom atom di hiroshima
dan nagasaki.

nalar atau logika dan hasilnya yang berupa ilmu pengetahuan
memang bisa berkembang dan liar tapi  untuk menerapkannya perlu
moralitas atau tanggung jawab terhadap kehidupan alam semesta
serta isi alam itu sendiri.  karena  fungsi kemajuan ilmu pengetahuan bukan
untuk tujuan destructive tapi constructive  di sinilah peran agama harus
benar-benar sejalan dengan ilmu pengetahuan.

contoh yang sederhana adalah penggunaan kondom itu,  tujuan
utama adalah untuk menurunkan angka kelahiran agar pertumbuhan
umat manusia dapat terkendali sehingga dapat menyeimbangkan
antara kebutuhan dan priduksi pangan dunia.  tapi bagi orang-orang
yang tidak bermoral (tidak bertanggung jawab) di salah gunakan
untuk couple yang belum sah dalam perkawinan ...

jadi ilmu pengetahuan dalam perkembangannya harus di tuntun
oleh agama agar tidak terjadi kehancuran,  karena ilmu pengetahuan
bagaikan pisau beda yang dapat dipergunakan untuk membunuh
atau memperpanjang kehidupan seseorang   ....   tergantung
pemakai pisau tersebut ...  bermoralkah atau tidak    ?  .....
sehingga dokter yang tidak bermoral (bertanggung jawab) akan
menggunakan pisau bedah untuk menggugurkan kandungan dan
membunuh janin di dalamnya  ...  tanpa belas kasihan  ...

salam, ilmu pengetahuan dan agama demi kejayaan ummat manusia

Betul mbah. Tentu saja yang dimaksud dgn "ilmu dan agama" disini
adalah bagian2 dari agama yang berhubungan dengan ilmu itu sendiri.
Agama itu cakupannya memang sangat luas. Seorang ahli Biologi, ahli
fisika, ahli kelautan, ahli perbintangan (dgn masing2 kapasitasnya)
akan menyatukan ilmunya dengan agama yg haq. Agama yang menyinggung
biologi, fisika, laut, bintang, bumi..etc...

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "RM Danardono HADINOTO"
<rm_danardono@xxxx> wrote:

> Saya juga yakin, bila perkembangan bathiniah manusia sudah sangat
> jauh, akan ada pertemuan antara ilmu dan spiritualitas (bukan agama,
> karena agama adalah mengandung aturan aturan, kisah kisah metaphora,
> pendapat pendapat manusia). Inilah yang dicapai Spinoza,
Schopenhauer
> dll. Juga pujangga kesayangan saya, Hermann Hesse.

Disclaimer :
- This email and any file transmitted with it are confidential and
are intended solely for the use of the individual or entity whom
they are addressed, if you are not the original recipient, please
delete it from your system.
- Any views or opinions expressed in this email are those of the
author only.