[list_indonesia] [ppiindia] Re: [ekonomi-nasional] Analisa : kenapa BBM naek, jumlah rakyat miskin turun

  • From: A Nizami <nizaminz@xxxxxxxxx>
  • To: ekonomi-nasional@xxxxxxxxxxxxxxx, ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, lisi@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 2 Mar 2005 21:48:09 -0800 (PST)

Yang dapat kompensasi cuma 10 juta (kalau tak
dikorup), sementara 110 juta rakyat Indonesia yang
masih miskin jadi lebih miskin lagi, karena
penghasilan mereka tetap, sementara harga barang2
melesak naik. Contohnya, saya yang biasa makan hanya
Rp 5.000, sekarang jadi Rp 6.000 dgn menu sama (naik
20%). Sidak SBY ke berbagai terminal dan pasar juga
ternyata menunjukkan harga2 barang mau pun angkutan
jadi naik.

Yang kena impact, ternyata justru para supir angkutan
umum dan juga para penumpangnya. Sopir mikrolet yang
biasa beli bensin Rp 60 ribu, sekarang harus keluar Rp
90 ribu per hari. Kalau bis, lebih besar lagi. Biasa
pulang dgn uang Rp 40 ribu, sekarang hanya Rp 10 ribu.

Kalau pengendara Mercy, BMW, mungkin hanya naik mobil
ke kantor. Tapi kalau supir angkutan umum, tiap hari
harus keliling mencari penumpang, sehingga kenaikan
BBM betul2 memukul mereka.

Nah, bagaimana ini dgn ilmuwan Neoliberalis bayaran
yang bilang harga barang tidak akan naik atau kenaikan
harga BBM tidak akan menyengsarakan rakyat miskin?

Nampaknya kenaikan harga BBM ini hanya memperkaya
segelintir orang.

Salut untuk para "Intelektual" di Freedom Institute
yang sanggup pasang iklan besar2 di media massa,
sementara mayoritas rakyat Indonesia justru kesulitan
menghadapi kenaikan harga2 barang.

--- ANDRU SANTOSO <andru_santoso@xxxxxxxxx> wrote:

> Subject: Analisa : kenapa BBM naek, jumlah rakyat
> miskin turun
>

>               Ada yang punya analisa: Harga BBM Naek, Jumlah
> rakyat
> miskin turun.?
>               kayak yang dibilang LPEM bahkan sampe 14%
>
>               kalo menurut gw, Analisanya sbb :
>               Harga bbm naek
>               -------------------
>               - tadinya rakyat miskin yang naek bis, sekarang
> jadi
> jalan kaki.. trus dijalan ketabrak metromini yg
> ngebut karena nguber
> setoran
> [...]

=====
Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

Celebrate Yahoo!'s 10th Birthday!
Yahoo! Netrospective: 100 Moments of the Web
http://birthday.yahoo.com/netrospective/