[list_indonesia] [ppiindia] Re: Gara-gara BBM, Harga Semen Menjadi Naik

  • From: "antonhartomo" <antonhartomo@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Thu, 17 Mar 2005 17:08:49 -0000

hehe
kok sekadar semen
apalagi bahan kimia ya menggila
yang tak naik padi
maka membunuh rakyat
para otong pada menari
hi
pks pd pada sembunyi ni ye

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Ambon" <sea@xxxx> wrote:
>       REPUBLIKA
>
> Kamis, 17 Maret 2005  17:50:00
>
> Gara-gara BBM, Harga Semen Menjadi Naik
> Laporan: Riffa Anggi
>

> Bandung-RoL -- Penetapan kenaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh
pemerintah beberapa waktu lalu berimbas pada kenaikkan harga semen.

> Kenaikkan harga semen ini masih bervariasi, antara RP 500 sampai
Rp 1000.Menurut salah seorang distributor Semen Padang, Herman
Muchtar, kenaikkan semen ini ditetapkan pada Senin (14/3). ''Saya
mendapatkan surat dari pabrik (semen padang,red), yang menetapkan
kalau harga semen naik sebesar Rp 1000,''kata Herman kepada
Republika, Kamis (17/3).

> Tapi, kata Herman, dirinya menolak untuk melaksanakan instruksi
tersebut. Pasalnya, kata dia, pihaknya masih akan melihat kondisi
pasar terlebih dahulu. Herman mengaku lebih memilih resiko
kehilangan untung ketimbang kehilangan pelanggan. ''Tapi supaya
tidak terlalu rugi, saya menaikkan harga semen hanya Rp 500,''ujar
dia.

> Saat ditanya mengenai waktu yang tepat untuk melaksanakan
penetapan kenaikkan harga semen, Herman mengaku tidak bisa
memastikan.Dari hasil pemantauan di lapangan, harga semen memang
bervariasi, terdapat kenaikkan antara Rp 500 hingga Rp 2000. Tapi,
jika dirata-ratakan, kenaikkan ini mencapai 10 persen.

> Harga semen Padang misalnya, mengalami kenaikkan Rp 500, dari Rp
27 ribu per sak, menjadi Rp 27.500 per sak (40 Kg). Sedangkan semen
cap tiga roda mengalami kenaikkan hingga Rp 2000. Dari harga semula
Rp 27.000 per sak, semen cap tiga roda di jual dipasaran naik
menjadi Rp 29 ribu.Menurut Agus, pemilik salah satu toko material di
Jl Pecinan Lama, kenaikkan ini terjadi dua hari setelah penetapan
kenaikkan BBM. ''Kenaikkan ini kayaknya disebabkan adanya kenaikkan
ongkos kirim,''kata Agus.

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM