[list_indonesia] [ppiindia] Re: --DISINI (juga) ADA SETAN-->Pertemuan [12]

  • From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 08 Mar 2005 01:18:47 -0000

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "huttaqi" <huttaqi@xxxx> wrote:
> Pertemuan [12]
>

> SULITNYA MENERIMA KEBENARAN
>

> Saya ingat pertanyaan seorang guru agama saya diwaktu sekolah dulu,
>
> "Kalau Qur'an mengatakan A, sedangkan seluruh orang di dunia ini
mengatakan B, manakah yang akan kita ikuti ???"

> Serempak kami menjawab, "AAAAAAAAAAAAA..........................."
>

> he..he..he... itu teorinya.
>

> Di dalam prakteknya, ternyata sungguh-sungguh sulit menerima apa
yang dikatakan Qur'an, dan meniadakan pendapat mayoritas manusia
(umat).

> [...]
pohon Khuldi.

> Dan kalau ditanya, dasar mereka apa ?
>
> Mereka akan menjawab,
>
> "Qur'an"
>

> Maka perhatikanlah keterangan di dalam Qur'an,
>
> Bacalah sekali lagi dan telitilah dengan jeli.
>
> Bacalah dan periksa dengan seksama.
>
> Bacalah dan amati dengan hati-hati.
>

> Siapakah yang mengatakan bahwa pohon itu adalah pohon KHULDI ???
>

> Apakah Alloh yang menyampaikan nama pohon itu KHULDI ??
>
> Ataukah Iblis yang mengatakan bahwa nama pohon itu KHULDI ??
>

> Padahal jelas perintah Alloh itu,"Jangan ikuti Iblis sebab Iblis
itu adalah musuhmu yang nyata".

> Lalu mengapakah kita mengikuti Iblis dengan memakai istilah yang
sama dengan Iblis ?

> Pohon KHULDI ??
>

> Alloh hanya mengatakan pada Adam,"Jangan dekati pohon ini".
>

> Dan bukannya menyebutkan nama pohon itu adalah KHULDI.
>

> Lalu, sekarang manakah yang anda ikuti ?
>

> Ikut orang banyak ??
>
> Ataukah ikut Qur'an dan perintah Alloh untuk tidak mengikuti
Iblis ??

> itulah jawaban anda...he..he...he...
>

> Tapi beranikah kita berbeda dengan orang kebanyakan,
>
> Apalagi berbeda dengan Ulama-ulama ?
>
> Apalagi berbeda dengan buku-buku agama yang ada ?
>

> dan ternyata memang sulit, seandainya QUR"AN mengatakan A,
sedangkan mayoritas orang mengatakan B, ternyata kita sulit untuk
melepaskan diri dari pendapat mayoritas ini.

> Benarlah dawuh Nabi,"Para penghuni surga adalah orang-orang yang
sedikit".

> Saya masih punya banyak contoh yang mayoritas orang berpendapat,
tetapi berbeda dengan apa yang disampaikan di Qur'an. Cukuplah satu
contoh di atas itu saja.

> Maka perhatikanlah kisah Iblis ketika diperintahkan Alloh untuk
sujud pada Adam.

> Dapatkah ia menerima kebenaran ??
>

> Sama saja sebenarnya,
>
> ketika di dalam proses menerima satu ajaran thoriqoh, atau ketika
kita menerima ajakan untuk memasuki suatu thoriqoh, maka yang
pertama kali kita pasang adalah sikap curiga, su'udzon dan yang
berakhir pada sulitnya kita menerima ajakan tersebut, dengan
berbagai macam dalih.

> Perhatikan dalih-dalih yang seringkali digunakan IBLIS (melalui
akal pikir dan perasaan kita) untuk menghentikan langkah kita disaat
kita akan mendekatkan diri pada Alloh melalui thoriqoh.

> 1. Umur saya belum mencukupi, nanti saja kalau sudah umur 40
tahun, saya akan belajar thoriqoh.

> 2. Saya belum menguasai syariat, lebih baik saya menguasai syariat
dulu, baru mendalami melalui thoriqoh.

> 3. Jangan masuk thoriqoh, nanti bisa gila atau nganeh-nganehi.
>
> 4. Jangan masuk thoriqoh, thoriqoh itu berat pelaksanaannya, belum
tentu kita mampu.

> 5. Thoriqoh itu mengada-ada ajarannya, bid'ah, sesat dan
menyesatkan, dholalah, dll.

> 6, Ajaran thoriqoh atau tasawuf itu bukan berasal dari Islam,
melainkan dari filsafat Yunani, hindu dan serapan dari ajaran budha,
maka lebih baik kita kerjakan saja yang sesuai Islam yang murni,
yaitu yang begini-begini saja. Cukup sholat 5 waktu, tiap hari,
kalau Romadhon puasa, cukup itu saja.

> 7. Jangan masuk thoriqoh, di thoriqoh yang ada adalah kultus
individu.

> Masakan kopi yang diminum sang mursyid dibuat rebutan, bukankah
itu syirik ??

> Masakan berdoa memakai wasilah, bukankah itu syirik ??
>
> Bukankah kita dapat berkomunikasi langsung dengan Alloh tanpa
melalui wasilah ??

> Cukuplah tujuh hal itu yang saya sampaikan sebagai alasan yang
paling sering dipakai oleh Iblis agar kita TIDAK MEMULAI untuk
belajar mendalami Islam melalui tasawuf atau thoriqoh.

> Mengapakah hal itu dilakukan oleh Iblis ??
>

> Perhatikan dawuh Nabi,
>
> "Iblis akan kesakitan, akan kurus kering, jika ada orang yang
dzikir LAA ILAAHAA ILLALLOH dan membaca ASTAGHFIRULLOH".

> Nah, karena di dalam ajaran thoriqoh itu yang diajarkan adalah
Dzikir LAA ILAAHAA ILLALLOH dan diajarkan untuk bertaubat dengan
ASTAGHFIRULLOH,

> maka tentu saja BENCANA BESAR bagi Iblis jika kita masuk ke dalam
thoriqoh.

> Demikian pula yang saya alami ketika di awal-awal proses saya akan
memasuki sebuah thoriqoh.

> Begitu sulitnya bagi saya untuk menerima sebuah kebenaran.
>

> Maka saya jadi teringat proses Imam Ghozali, tiga hari tiga malam
beliau nggak bisa tidur demi sulitnya menerima kebenaran. (al-Munqid
minadzdlolal),

> saya juga teringat prosesnya Abdul Qodir jailani, yang juga butuh
waktu untuk dapat menerima suatu kebenaran.

> Wahai ingatlah,
>
> Jatuhnya Iblis yang sebelumnya adalah makhluk yang KUAT IBADAH,
selama 80.000 tahun ibadah, hanya karena satu hal saja, jatuhlah
dari ketaatan menjadi kemurtadan.