[list_indonesia] [ppiindia] Jawab utk Radityo & RM Danardono soal Strategi Busuk BBM

  • From: Satrio Arismunandar <satrioarismunandar@xxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 2 Mar 2005 07:37:55 -0800 (PST)

Jawaban saya:

--- radityo djadjoeri <radityo_dj@xxxxxxxxx> wrote:

> Mas Satrio,
> Info ini saya rasa sudah basi.

*** Ingatan sejarah rakyat kita sangat lemah. Maka tak
ada kata basi. Kita harus selalu mengingatkan,
berulangkali!

Mungkin sekitar 5
> tahun lalu, memang sudah ada rencana bisnis-bisnis
> Pertamina akan 'dipreteli', artinya swasta (baik
> nasional maupun MNC) boleh 'jualan bensin dll'
> disini. Contohnya Malaysia. Kalau ke KL, pompa
> bensin tuh yang punya macem-macem, ada Shell, Conoco
> dll. Harganya nya tak seragam. Mungkin juga di
> negara lain. Kalau di Indonesia? yang punya
> mitra-mitra Pertamina, swasta tapi ya tetep berlabel
> Pertamina. Pemerintah tak lagi cawe-cawe ngurusin
> harga bensin, minyak tanah dll. Soal subsidi itu
> warisan 'bom waktu' dari Soeharto......

*** Bom waktu atau bukan, segala upaya untuk membela
kepentingan rakyat harus dilakukan.

> Pertamina juga memang sudah saatnya 'dipangkas'
> karena cuma jadi ajang KKN. Kalah sama Petronas yang
> sudah mendunia. Pertamina? Cuma jalan di tempat!

*** Tugas kita untuk menyelamatkan BUMN seperti
Pertamina untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat.
Bukan malah menyerahkannya bulat-bulat kepada penguasa
asing!

> RM Danardono HADINOTO <rm_danardono@xxxxxxxx> wrote:
>
> Pertanyaan, mas Satrio:
>
> a) Pernahkah kita tidak dijajah?

*** Penjajahan adalah juga soal sikap mental. Marilah
kita renungkan bersama, apakah bangsa ini betul-betul
bersikap mental sebagai ORANG YANG MERDEKA????

> b) Mungkinkah kita tidak dijajah?

*** Mengapa tidak? Kalau Anda percaya bahwa Anda tidak
bisa lepas dari penjajahan, ini merupakan bukti
terkuat bahwa sikap mental Anda betul-betul sudah
terjajah. Anda bukan orang yang berjiwa merdeka!

> c) kalau mungkin, siapa yang memerintah kita (tanpa
> menjajah)?

*** KITA SENDIRI yang menentukan. BUKAN dipilihkan
atau ditunjuk oleh pihak lain untuk kita. Itu artinya,
kita tidak terjajah bukan?

> Mengikuti mas Thukul:
>
> a) pernahkah kita melawan? Siapakah yang kita lawan?

*** Minimal Mas Wiji Thukul sudah melawan rezim
Suharto, sehingga sampai sekarang mayatnya hilang tak
ditemukan (saya menduga dia sudah dibunuh!)

> b) siapakah yang kita akan lawan?

> c) siapakah lawan kita?

*** Kita melawan kebodohan, kemiskinan, ketertindasan,
ketidakadilan, dll...dll... serta mereka yang
membiarkan (bahkan menyebabkan secara
sengaja)kondisi-kondisi tsb...

> Mohon pencerahan
>
> Danardono

*** Saya belum pantas memberi pencerahan...

Rio

Celebrate Yahoo!'s 10th Birthday!
Yahoo! Netrospective: 100 Moments of the Web
http://birthday.yahoo.com/netrospective/

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM