[list_indonesia] Re: [ppiindia] Digest Number 1664

  • From: "Supriadi (IDN)" <supriadi@xxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 9 Mar 2005 15:36:36 +0700

Sip,,kebenaran memang terasa pahit,, seperti obat

Message: 25
   Date: Wed, 09 Mar 2005 04:08:11 -0000
   From: "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxxxxxxx>
Subject: Re: kitab Qumran-->Untuk Lina: Membandingkan Kitab Suci? (Untuk
Lina dan Arriko)

Halo Uly,

Saya membaca perdebatan kalian berdua. Saya merasa
> sudah waktunya kalian mengakhiri perdebatan ini,
> karena tidak akan menghasilkan apa-apa kecuali
> kebencian.

No..no...saya tak benci, saya hanya kasihan. Masalah ada yang
tersinggung saya mohon maaf.

> Lina dan segala "pengetahuan"-nya yang dahsyat dan
> gayanya yang beringas. Pemahamannya yang
> setengah-setengah soal Injil, namun kesemberonoan
> memilih kata-kata yang 'menghujat', sungguh menganggu.
>

> Dan Arriko, yang juga saya yakin tidak sepenuhnya
> paham tentang Quran, mengapa harus memaksakan diri
> menyerang balik, dan bertahan mati-matian untuk
> membela keyakinannya soal Injil?

Kalau saya kemudian menjadi beringas, karena saya bertanya apa kok
dijawab apa. Saya minta ditunjukkan suatu rujukan lah kok dijawab
ngono...

Adakah yang mengetahui AlQur'an dan Injil secara keseluruhan?
No..no one, lalu tak bolehkan saya berbagi apa yang saya ketahui
dari pengetahuan saya yang setengah-setengah? Mudah2an dengan begini
ilmu kita bertambah.

> Tak ada yang ilmiah dari kitab suci (please, Lina,
> saya tak perlu argumentasi Anda tentang betapa
> akuratnya ayat-ayat Quran atau betapa aplikatifnya
> ayat-ayat tersebut dan bisa menjawab berbagai
> pertanyaan umat manusia). Bagi orang yang tidak
> meyakininya, kitab suci apapun hanyalah sebuah kitab
> yang tidak kelewat istimewa.

Saya sudah pernah katakan, saya pernah menganggap kitab suci hanya
sebuah kitab...makanya saya hanya menelusuri sejarah penulisannya.
Disini saya berusaha menerapkan disiplin ilmu (ilmiah) dalam memilih
kitab/buku. Sama saja kalau kita mau memilih dan mengerti sebuah
buku , tentu kita harus tau siapa penulisnya (latar belakang
penulis).
Memang saya tidak pernah membaca secara intens tentang isi Injil
karena saya hanya harus memilih mana yang harus saya baca secara
intens dikemudian agar saya tak membuang waktu. Namun sambil membaca
yang satu kitab saya membandingkannya dengan kitab yang lain, adakah
kitab ini menceritakan hal ini pula. Bila mereka mengisahkan hal
sama namun berbeda saya sangat ingin tahu mengapanya, makanya saya
tanya kepada kedua ahli (atau memabaca buku) dan membandingkannnya
lagi. Itulah cara saya belajar.

Soal ilmiah tidaknya (isi) kitab suci, belum ada pembicaraan ke arah
situ. Saya pikir cukup sulit bicara soal "ilmiah" karena keilmiahan
itu sendiri selalu mengalami perubahan.

Lalu pertanyaan saya, apa seluruh netters ini orang yang gak yakin
sama kitab suci dan menganggap kitab suci hanyalah sebuah kitab yang
tidak kelewat istimewa. Bagi yang tak meyakini kitab suci(nya
sendiri), ya..mbok gak usah dibaca posting2an begini.

wassalam,