[list_indonesia] Pengalihan Isyu (Was: Re: [ppiindia] Re: Panglima Ambil Alih Komando)

  • From: "irwank2k2" <irwank@xxxxxxxxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Wed, 09 Mar 2005 11:32:28 -0000

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, ANDREAS MIHARDJA <mihardja@xxxx> wrote:
> [...]
> yg lebih penting lagi muka. Indonesia dpt hilang kredibility-nya
> kalau Ambalat jadi Malaysia dan demikian pun Malaysia kalau ini
> jadi Indonesia. Pulau yg dekat Sibatik ini adalah batu peloncat
> untuk ekonomie masa depan.
>
> Yang saya ingin tahu apakah diantara kalian ada yg memiliki
> peta daerah tsb dgn nama2 pulau2nya. Yg ingin saya tahu apakah
> Pulau Ambalat ada dibagian Utara atau Timur dari Sibatik.
> Kalau dibagian Utara  - Indonesia sulit menang di international
> court - tetapi kalau dibagian Timur saya kira tidak ada persoalan.

Deja vu, huh.. :D
Sayangnya, gw bukan pengamat kaya' di bawah..

Wassalam,

Irwan.K

=======
http://jkt1.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/03/tgl/09/time/182033/idnews/314046/idkanal/10

MT Arifin: Isu Ambalat Sengaja Dibesar-besarkan
Reporter: Muchus Budi R.

detikcom - Solo, Pengamat politik dan militer MT Arifin menilai
sengketa blok Ambalat bukan sebuah persoalan besar, namun telah
dibesar-besarkan. Mobilisasi opini itu sengaja dibuat untuk menutupi
potensi kerawanan yang dapat berdampak lebih besar, seperti kenaikan
harga BBM karena berdampak langsung bagi kehidupan rakyat.

"Sebetulnya kerawanan di Ambalat hanya pada tingkat patroli, belum
pada tingkatan state. Tapi ada pihak yang sengaja melakukan mobilisasi
opini dengan memanfaatkan sentimen nasionalisme dan hubungan dua
bangsa yang memang sedang memburuk. Tujuannya untuk menutupi potensi
kerawanan lain yang lebih besar, seperti dampak kenaikan harga BBM,"
ujarnya kepada detikcom, Rabu (9/3/2005).
..