[fogri] Re: S wave -seismic multicomponent plus density

  • From: Franciscus_Sinartio@xxxxxxxxxxxxxxx
  • To: fogri@xxxxxxxxxxxxx
  • Date: Tue, 11 Dec 2001 17:07:45 +0700

lanjutan lagi:
saya ada pdf format nya papernya Pat Connolly, yang di terbitkan di SEG 1999,
kalau ada yang mau bisa saya kirim melalui japri.  sekaligus untuk meralat
banyak formula yang salah yang saya tulis di email yang lalu.
rasanya dulu pernah di bahas di fogri, tetapi saya lagi mikirin yang lain pada
saat itu jadi tidak ikutan.
jangan lupa density cube/section yang dihasilkan dari proses inversion ini.
karena bisa dipakai untuk reservoir monitoring pakai 4D seismic dan gas
detection.  dengan mengabungkan dengan rumus wiley dari perhitungan porosity
dari density, maka bisa di solve density fluid kalau kita bisa dapatkan nilai
density rock-matriks nya dan porosity nya (bisa di derive dari A.I.)  jadi cube
yang di hasilkan adalah fluid density cube (well tentu saja harus ada limitation
hanya sekitar daerah reservoirnya saja yang benar/mendekati kebenaran).
selanjutnya kalau percaya dengan fluid density cube, maka bisa dicoba cari lagi
rumus yang memisahkan density dari macam-macam fluid, misalnya antara oil dengan
CH4, C4H10,  atau dengan CO2, atau dengan gas inert.
sekian dulu sebelum tambah kacau email nya
fbs