[nasional_list] [ppiindia] Re: Yahudi versi Mbak Lina Dahlan (LD)

  • From: "RM Danardono HADINOTO" <rm_danardono@xxxxxxxx>
  • To: ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx
  • Date: Fri, 25 Nov 2005 09:09:07 -0000

http://informasi-beasiswa.blogspot.com **Mbak mbak yang budiman, memang sulit,
menarik garis merah, antara
kejadian kontemporer, seperti konflikt tanah di Timur tengah, dan
Kitab Suci, yang tak exist dalam kehidupan realitas secara politis
(wilayah iman). Kitab Suci tak pernah dipakai dalam melakukan
Perjanjian bilateral atau multilateral dalam mengatur garis
perbatasan. Lebih mudah memakai peta.

Untuk masalah ini, kita hanya dapat merujuk pada Perjanjian
Internasional dan konvensi konvensi yang berlaku. Dua atau tiga Kitab
Suci tidak membahas suatu hal yang sama secara sama, seperti yang
kita biasa lakukan dalam ilmu pengetahuan. Kalau kita katakan H2O ya
H2O. karena itu, mungkin sulit kita membahas suatu perbedaan dari dua
Kitab Suci.

Kalau kita berangkat dari dogma, bahwa setiap Kitab Suci diwahyukan
oleh Tuhan (yang sama), maka kebenaran tiap Kitab Suci sulit
diperdebatkan. Umat Yahudi juga claim, seperti umat Muslim, bukan
mereka yang menulis Kitab Suci, namun "tangan Tuhan". Jadi, juga
bukan umat Yahudi yang mengarang apoa yang terulis, namun wahyu.

Kalau kita menolak dogma ini, maka, in general, manusia akan menolak,
bahwa ada satu Kitab Suci yang benar benar ditulis Tuhan.

Percaya bahwa Adam adalah manusia pertama adalah soal iman, bukan
soal nalar, seperti juga, bangsa lain percaya, asal muasal mereka
adalah siapa (Amaterasu, Brahma, Ra, atau siapapun).

Kalau kita membahas, siapa yang berhak menghuni tanah Amerika, maka
kita juga akan tak berakhir bicara sampai akhir zaman. Misalnya.

--- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, "Lina Dahlan" <linadahlan@xxxx>
wrote:

> --- In ppiindia@xxxxxxxxxxxxxxx, Carla Annamarie

> yang ada> didalam Injil Perjanjian Lama, Abraham punya satu anak
> dari Sarah which is> Ishak, sebelum Ishak lahir Abraham punya satu
> anak dengan hagar> (pembantunya sarah) which is Ismail, gak ada
> catatannya klo Abraham menikah> dengan Hagar, yang artinya Ismail
> anak haramnya Abraham.
>
> LD: Ada gak catatan kalo Abraham menikah dengan Sarah?
> Toh di Kejadian 22:2 itu juga gak disebut anakmu yang gak haram.
> Siapa yang memberikan gelar haram dan tidak pada seorang anak?
> [...]

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM